Kamis, 19 Mei 2011

bab 2, dewi, sda

Siapa Idolamu? 19
Pelajaran
Siapa Idolamu?
2
A Menulis Kembali Berita
Tujuan pembelajaran:
Setelah mempelajari materi pada subbab ini, kamu diharapkan dapat:
1. membaca dan mengingat isi berita dengan baik,
2. menuliskan kembali berita yang telah diperoleh.
Setiap orang pasti pernah memperoleh berita. Berita atau informasi yang kita peroleh
tersebut dapat melalui indra pendengaran dan indra penglihatan. Berita yang kita peroleh
melalui indra pendengaran adalah berita yang disampaikan melalui media elektronik seperti
televisi dan radio. Berita yang kita peroleh melalui indra penglihatan adalah berita yang kita
baca melalui media cetak seperti koran, majalah, atau tabloid. Pada umumnya, berita-berita
tersebut disampaikan secara jelas, lengkap, dan komunikatif. Oleh karena itu, kita menjadi
tertarik untuk mendengar atau membacanya. Pernahkah kamu memperoleh berita? Berita
apakah yang menarik hatimu?
Di zaman modern dan era globalisasi ini, informasi dapat kita terima dengan sangat
cepat. Berita dari dalam dan luar negeri, berita dari kota hingga pelosok desa pun
selalu disampaikan dengan begitu cepat. Peristiwa yang baru beberapa menit terjadi
dapat kita ketahui melalui berita di televisi atau radio. Berita yang disampaikan dapat
meliputi berbagai macam bidang kehidupan. Bidang-bidang kehidupan tersebut, antara lain
pendidikan, politik, sosial, ekonomi, budaya, kesehatan, kesenian, dan olahraga.
Di antara bidang-bidang tersebut, bidang manakah yang beritanya sering kamu peroleh?
Dalam satu hari, sangat banyak berita yang kita dapatkan bahkan kadang kita tidak
dapat mengingat semua berita itu. Untuk mengingat saja kita kesulitan, lalu bagaimana kita
harus menyampaikan kembali berita tersebut kepada orang lain? Berita merupakan salah
satu sumber pengetahuan. Sayang, jika tidak kita manfaatkan dan menjadi hilang begitu saja.
Salah satu cara untuk mengingat berita yang kita peroleh adalah dengan menulis kembali
berita tersebut.
20 Aktif Berbahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs
Latihan 2.1
Apabila akan menulis kembali suatu berita, kamu tidak perlu menuliskannya sama persis
seperti yang kamu baca atau kamu dengar. Kamu cukup menulis hal-hal yang penting saja.
Hal-hal tersebut, antara lain:
a. pokok atau inti berita,
b. kronologi berita,
c. orang-orang atau tempat yang menjadi berita,
d. informasi yang ada di dalam berita.
1. Bacalah berita berikut dengan sungguh-sungguh kemudian tuliskan kembali
dengan menggunakan kata-katamu sendiri!
Hee Ah Lee
Pianis Berjari Empat yang Dahsyat
Sungguh luar biasa! Meskipun menderita cacat berat, Hee Ah Lee
sanggup terus berkarya. Ya, Hee Ah Lee adalah pianis hebat dari Korea
Selatan. Kini, dengan keahliannya bermain piano, Hee bisa keliling dunia,
termasuk Indonesia. Dahsyat!
Pianis berjari empat
Eh, ketahuilah, Hee bermain piano hanya dengan empat jari lho. Bukan
sepuluh jari. Meskipun hanya empat jari, Hee berhasil mengakrabi alat musik
piano.
Hee menderita penyakit lobster claw syndrome. Akibatnya, pada
masing-masing ujung tangannya hanya terdapat dua jari yang menyerupai
capit kepiting. Kakinya pun sebatas bawah lutut dan tentu tak mampu
menggapai pedal piano. Maka khusus untuk Hee, pedal piano sengaja
ditinggikan agar bisa diinjaknya.
"Terlahir cacat bagiku merupakan anugerah spesial dari Tuhan, " ujar
Hee yang dijuluki The Four Fingered Pianist.
Konser keliling dunia
Di samping hanya memiliki empat jari, Hee Ah Lee juga mengalami
keterbelakangan mental. Namun Hee tak pernah berkecil hati. Sejak usia 6
tahun, Hee berusaha belajar piano. Di bawah bimbingan guru piano pertama,
Cho Mi Kyong, Hee berlatih sangat keras. Bu Guru bahkan memperlakukan
Hee sebagai murid dengan sepuluh jari. Tanpa belas kasihan.
Pelan-pelan Hee yang belajar musik di National College of Rehabilitation
& Welfare mampu mengatasi segala keterbatasannya. Jarinya yang
hanya dua di setiap tangan ternyata mampu menekan tuts berurutan secara
cepat dan tepat. Dari hari ke hari, permainannya kian memikat.
Horee, Hee pun mulai berani menggelar konser di depan publik. Tak
hanya di negerinya sendiri, mulailah Hee terbang ke Jepang, China,
Singapura, Inggris, Amerika Serikat, Kanada, dan sebagainya. Tak
ketinggalan, Hee sempat pula datang ke Indonesia dan menggelar konser
Sharing the Strength of Love.
Siapa Idolamu? 21
Tugas 2.1
"Saya senang konser di Indonesia. Saya dengar keadaan Indonesia sedang
susah ya, tapi semua itu pasti bisa diatasi," ujar Hee di tengah konser di gedung
Balai Kartini, Jakarta, 31 Maret 2007 lalu. Wow, sukses besar.
Fantasie Impromptu
Ketika konser di Indonesia, Hee yang lahir di Seoul, 9 Juli 1985 memainkan
beberapa komposisi musik karya komponis dunia. Sebut saja, Ode to Joy
(Beethoven), Liebestraum (Liszt), Ave Maria (Schubert), O' Mio Babbi No
Cazo (Puccini), Fantasie Impromptu (Chopin)
Untuk bisa memainkan Fantasie Impromptu karya Chopin, Hee harus
berlatih keras selama lima tahun. Dan setiap harinya selama 10 jam. Bukan
main. Memang, Fantasie Impromptu merupakan komposisi yang sangat rumit,
namun indah bukan main.
Selain itu, Hee juga sangat suka membawakan lagu-lagu rakyat Korea, antara
lain Variation on the Arirang yang amat manis. Suara tepuk tangan penonton
membahana menyambutnya.
"Thank you so much. Terima kasih," seru Hee riang.
Peran sang ibunda
Sukses Hee Ah Lee tak lepas dari sang ibunda, yakni Bu Woo Kao Sun. Ya,
ibunya terus mendorong Hee untuk belajar piano. Ia juga selalu membantu
putrinya untuk bisa mandiri dan percaya diri. Adapun, ayah Hee, pensiunan
tentara, telah tiada ketika Hee masih kecil.
Meski Hee lahir cacat, Bu Woo Kap Sun sangat menyayangi buah hatinya.
Ia selalu memanjatkan doa agar Hee sukses dalam memainkan piano.
"Bagiku, Hee adalah segalanya, " ucap Bu Woo Kap Sun. Ah, mereka berdua
memang saling menyayangi sampai kapan pun.
Sumber: Bobo No. 2 Tahun XXXV, 19 April 2007.
2. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
a. Apa saja informasi yang ada dalam berita tersebut?
b. Siapa yang menjadi berita?
c. Apa yang menjadi pokok berita?
Bersama tiga orang teman, bentuklah kelompok dan carilah sebuah berita yang dimuat
dalam media cetak! Tulislah kembali berita tersebut dalam kertas folio dan tunjuk
salah satu anggota kelompokmu untuk membacanya di depan kelas!
22 Aktif Berbahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs
B Bercerita dengan Urutan yang Baik
Tujuan pembelajaran:
Setelah mempelajari materi pada subbab ini, kamu diharapkan dapat:
1. memahami cerita dengan baik,
2. bercerita dengan baik,
3. menceritakan tokoh idola dengan baik.
1. Bercerita dengan Baik
Apakah kamu senang bercerita? Apa saja yang sering kamu ceritakan? Banyak
sekali hal yang dapat dijadikan bahan cerita. Kamu dapat bercerita tentang
kegemaranmu, kegiatanmu sehari-hari, pengalamanmu, perasaanmu, atau seorang
yang menjadi idolamu. Segala sesuatu yang kamu alami atau ketahui dapat
dijadikan bahan cerita.
Kepada siapa kamu sering bercerita? Kepada siapa pun kamu bercerita, pasti
kamu ingin orang yang mendengarkan ceritamu menjadi tertarik dan memerhatikan
sampai selesai. Pernahkah kamu diacuhkan saat bercerita? Bagaimana rasanya?
Kamu pasti merasa sedih dan kecewa karena tidak diperhatikan. Lalu bagaimana
agar ceritamu terdengar menarik dan diperhatikan oleh orang lain? Hal-hal yang
harus diperhatikan dalam menyampaikan cerita adalah sebagai berikut.
a. Suara
Suara merupakan modal utama dalam bercerita. Usahakan suaramu
disesuaikan dengan pendengar dan ruangan yang ada.
b. Pelafalan dan artikulasi
Pelafalan setiap kata harus tepat dengan artikulasi yang sesuai sehingga
cerita dapat ditangkap dengan jelas oleh pendengar.
c. Intonasi
Gunakan intonasi yang menarik. Sesekali berikan penekanan pada katakata
tertentu saat ada pendengar yang terlihat bosan, gaduh, atau mengantuk.
d. Gerak dan mimik
Gerak dan ekspresi muka yang sesuai dengan apa yang diceritakan,
membuat cerita terasa lebih menarik dan dapat mendukung penyampaian
cerita.
Apabila kamu ingin berhasil dalam bercerita, maka lakukan hal-hal berikut.
a. Baca dan kuasai naskah asli cerita yang akan kamu ceritakan.
b. Berlatihlah menceritakan kembali cerita yang kamu baca.
c. Bersikaplah wajar dan tidak terlihat gugup saat bercerita.
d. Sikap yang tenang dapat mendukung kelancaran bercerita.
e. Gunakan pelafalan yang jelas.
f. Jangan tergesa-gesa.
Siapa Idolamu? 23
Latihan 2.2
1. Bacalah cerita berikut dengan baik dan pahami isi ceritanya! Kemudian ceritakan
kembali di depan kelas secara bergantian!
Botak
Oleh Aning Panca A
Hari ini vila megah itu dibersihkan. Sudah lama tidak ada penghuninya.
Ayahku bertugas mengurusi vila itu. Kata Ayah, villa itu milik seorang pengusaha
kaya di Jakarta. Minggu depan anak bungsu pemilik vila itu akan tinggal di
sana untuk beberapa saat. Itu sebabnya vila itu harus dibersihkan.
Sore ini ibu memintaku untuk membantu membawa barang-barang dari
warung. Setelah sampai rumah, kuletakkan barang bawaan ibu di dapur. Aku
pun segera mandi sebab aku ingin ikut ayah pergi ke kota. Ada beberapa barang
yang harus dibeli.
"Ayah, siapa nama anak pemilik vila itu?" tanyaku sepulang dari kota.
"Namanya Non Bunga. Dia nanti ditemani kakeknya," jelas Ayah. "Kalau
tidak salah, Non Bunga itu sebaya kamu," kata Ayah lagi.
"Jadi, sekarang dia kelas VII SMP juga?" tanyaku lagi. Ayah mengangguk.
Sabtu siang. Penghuni baru vila itu telah datang. Suasana di vila yang sunyi
itu tiba-tiba menjadi agak ramai. Namun, aku belum melihat anak perempuan
yang bernama Bunga.
"Wah, mobil itu mewah sekali," kataku sambil melihat-lihat ke dalam mobil.
"Kapan ya bisa naik mobil seperti ini?" seruku.
Karena terlalu asyik mengamati mobil itu, aku tidak tahu kalau ada mata
yang melihat aku dari tadi. Seorang kakek bermata ramah.
"Sekarang juga bisa. Kakek bisa mengantarmu jalan-jalan nanti sore. Kamu
Budi, kan?" tanya Kakek itu. Senyumnya ramah juga.
"Dari mana Kakek tahu?"
"Kakek kenal bapakmu sejak hari pertama dia bekerja di vila ini. Waktu itu
kamu masih kecil, lincah sekali. Kakek sampai kewalahan menggendongmu."
"Wah, berarti…berarti Kakek ini kakeknya Bunga ya?" tanyaku gembira.
"Benar. Kakek akan tinggal di sini menemani Bunga. Ayah Bunga sibuk
dengan urusan kantornya, jadi tidak bisa menemani Bunga di sini," jelasnya.
"Katanya Bunga sakit ya, Kek?" tanyaku penasaran.
"Iya. Sejak kecil Bunga memang sering jatuh sakit. Ia jarang bertemu orang.
Akibatnya, Bunga tidak punya banyak teman."
"Saya mau jadi temannya."
"Ayo, kenalan dengan Bunga sekarang," ajak Kakek bersemangat.
24 Aktif Berbahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs
Aku dan Kakek lalu masuk ke ruangan tengah vila. Di situ tampak seorang
anak dengan kepala plontos. Ia duduk di atas koper memunggungi kami. Tak
mungkin itu Bunga, pikirku, sebab Bunga anak perempuan, bukan laki-laki. Tidak
mungkin anak botak itu Bunga!
"Bunga….ada teman yang mau kenalan denganmu sayang," Kakek
memegang bahu anak botak itu. Astaga, ternyata dia memang Bunga!
"Waaah… botak!" celetukku tiba-tiba. Aku sendiri kaget dengan katakataku.
Seketika itu muka Bunga merah padam. Kakek juga kaget. Mata Bunga
berkaca-kaca. Boneka yang didekapnya dilempar ke arahku. Kena ke mukaku.
Aku hanya bisa berlari keluar ruangan. Malu sekali rasanya. Tak kusangka
aku telah berbuat yang tidak sopan. Bagaimana kalau kakek Bunga marah
padaku? Kalau Ayah dipecat gara-gara aku? Aku terus berlari.
Lalu sebuah tangan memegang bahuku dari belakang. Ternyata kakek
Bunga. Aku tidak mau dianggap anak yang tidak sopan. Aku segera minta maaf.
"Maafkan Budi, Kek! Budi tidak bermaksud untuk tidak sopan. Tadi betulbetul
tidak sengaja."
"Tenang saja…" kata Kakek. "Kakek tahu kamu tidak punya niat seperti
itu. Tapi bagaimanapun kamu harus minta maaf pada Bunga. Kamu sudah
menyinggung perasaannya."
"Saya akan minta maaf, Kek" kataku "Tapi, apa Bunga akan memaafkan
saya?
Saya khawatir dia tidak akan memaafkan saya,Kek."
"Kalau belum dicoba, kamu tidak bisa bilang seperti itu."
Tiba-tiba aku mendapat ide. Menurutku, Bunga akan memaafkan aku jika
aku melakukan suatu hal. Menurut Kakek, ideku itu bagus. Jadi, aku harus minta
izin orang tua.
Aku pun bergegas lari pulang. Kuceritakan ideku pada ibu. Menurut
ibu aku harus bertanggung jawab atas semua perbuatanku. Ibu mengizinkan
aku melaksanakan ideku.
Kakek lalu mengantarku ke kota. Aku dan Kakek baru tiba di vila
pada sore hari. Aku segera menemui Bunga.
"Bunga… aku mau minta maaf atas kejadian tadi siang, " kataku sambil
tertunduk. Aku bisa merasakan Bunga menatapku tajam. "Karena itu…
sebagai tanda permintaan maafku yang tulus… aku membotaki kepalaku…"
kataku sambil melepas topi. "Maafkan aku yaaa…" kataku memelas.
Tiba-tiba Bunga tertawa lepas sambil berkata, "Hahaha… lucu, kamu
lucu sekali…"
Aku lega. Ternyata Bunga memaafkan aku.
Siapa Idolamu? 25
Tugas 2.2
"Aku minta maaf ya, tadi melempar kamu dengan boneka," katanya sambil
mengulurkan tangan.
Sejak saat itu, kami bersahabat. Teman-teman sekelas sering bermain
bersama kami di vila Bunga. Kami pun membentuk kelompok yang disebut
"B" yang berarti Botak. Walaupun yang botak hanya aku dan Bunga.
Sumber: Bobo No. 46/XXXIV, 22 Februari 2007
2. Berilah penilaian terhadap penampilan teman sebangkumu dengan mengisi
kolom berikut!
No. Objek Penilaian Keterangan
1. Suara jelas/tidak jelas
2. Penyampaian cerita menarik/kurang menarik
3. Gerak dan mimik sesuai/tidak sesuai
4. Isi cerita mudah dipahami/membingungkan
Carilah sebuah cerita yang dimuat dalam salah satu majalah kemudian bacalah dan
pahami isinya! Ceritakan kepada teman-temanmu di depan kelas!
2. Menceritakan Tokoh Idola
Kamu pasti memiliki tokoh idola. Idola adalah tokoh yang dikagumi dan
menjadi objek pemujaan. Pemujaan tersebut terkadang dilakukan secara luar biasa,
berlebihan, cinta fanatik bahkan sering kali berubah menjadi obsesi. Seseorang
dapat dijadikan sebagai tokoh idola. Tokoh idola sangat dipuja pengagumnya. Ia bisa
siapa saja, misalnya, pahlawan nasional, pemain musik, sastrawan, olahragawan, penyiar
televisi, penyanyi, atau artis. Tokoh idola tidak selalu orang terkenal, orang biasa seperti
guru, saudara, orang tua, atau sahabat dapat juga menjadi idola kamu. Tidak jarang, ada
juga yang mempunyai idola tokoh imajinatif seperti Tweety, Donald Duck, Mickey Mouse,
Guffi, Hello Kitty atau tokoh imajinatif lain. Setiap orang bebas memilih dan menentukan
idolanya sendiri.
Pada umumnya, tokoh idola adalah orang yang dikenal banyak orang, mempunyai
keistimewaan, keunggulan, dan keunikan. Keistimewaan seseorang, misalnya, dapat
berupa hal tertentu yang tidak atau jarang dimiliki oleh orang pada umumnya.
26 Aktif Berbahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs
Keunggulan seorang dapat diartikan juga dengan keahlian atau prestasi yang dicapai.
Beberapa hal yang biasanya membedakan seorang idola dengan orang lain adalah
a. dikagumi oleh banyak orang,
b. ahli di bidang tertentu,
c. berprestasi di bidangnya,
d. dapat menjadi teladan.
Apabila mengidolakan seseorang, kamu pasti ingin mengetahui segala sesuatu
tentang orang tersebut. Seperti biodata pribadi yang meliputi nama, tanggal lahir,
dan alamat serta data-data lain yang berhubungan dengan dia. Kamu dapat
mengumpulkan dan mengoleksi artikel dan foto idola kamu tersebut. Artikel dan
foto idola yang kamu kumpulkan dan koleksi tersebut dapat juga dibuat menjadi
kliping. Bagaimana cara untuk mendapatkan informasi dan artikel seorang idola?
Setiap tokoh idola yang terkenal pasti mempunyai profil yang pernah ditayangkan
atau dimuat dalam media massa. Kamu dapat mencari informasi, artikel, dan foto
idola kamu dalam koran, majalah, tabloid, atau buku.
Apabila ada teman kamu yang mempunyai informasi tentang dia, kamu dapat
saling bertukar informasi, artikel, atau foto dengannya. Jika kamu kenal dengannya,
kamu dapat bertanya langsung kepadanya. Mencari informasi seorang idola
bukanlah pekerjaan mudah. Apalagi jika kamu berniat mengumpulkan, mengoleksi,
dan membuat kliping tentangnya. Dibutuhkan kesabaran, keuletan, ketelatenan,
kedisiplinan, dan kemungkinan juga biaya yang cukup mahal.
Siapakah tokoh idola kamu? Orang terkenal atau orang biasa? Apa saja yang
kamu ketahui tentang dia? Apakah kamu juga sering mencari, mengumpulkan,
dan mengoleksi informasi, artikel, atau fotonya? Seringkah kamu menceritakan
tokoh idolamu itu kepada teman-teman? Apakah yang membuat kamu
mengidolakan dia? Tokoh idola dapat memotivasi seseorang untuk menjadi lebih
baik.
Bacalah profil seorang tokoh idola berikut! Apakah dia merupakan idolamu?
Jika kamu suka olahraga basket dan mengikuti perkembangan basket
nasional, pasti kenal dan tidak asing dengan lelaki satu ini. Postur tubuh
dan wajah oke, kepribadian yang menarik serta segudang prestasi membuat
lelaki keren ini menjadi idola banyak orang.
Pemain yang mempunyai tinggi badan 188 cm ini bernama lengkap
Wahyu Widayat Jati atau biasa dipanggil Wahyu. Anak dari pasangan
Marwoto dan Winarti ini lahir di Sleman, 15 Juli 1977.
Wahyu mulai mengenal basket sejak masih SMP. Pada awalnya, dia
menyukai olahraga sepak bola. Akan tetapi, setiap kali pulang bermain sepak
bola seluruh tubuh dan bajunya selalu kotor, sehingga kedua orang tuanya
tidak membolehkan dia bermain sepak bola. Kemudian Wahyu beralih ke
olahraga basket dan bermain sampai sekarang.
Siapa Idolamu? 27
Saat ini, Wahyu tercatat sebagai pemain andalan dari salah satu tim
unggulan IBL, yaitu Satria Muda Britama Jakarta. Wahyu yang merupakan
salah satu power forward nasional terbaik, mulai bergabung dengan Satria
Muda sejak tahun 1996. Sebelum bergabung dengan Satria Muda, Wahyu
bermain di klub Mitra Guntur selama satu tahun, yaitu dari tahun 1995–
1996.
Selama bertahun-tahun bermain basket,
telah banyak kejuaraan yang diikuti oleh
Wahyu baik di tingkat nasional maupun
internasional. Kejuaraan dan prestasi yang
telah dicapai Wahyu, antara lain:
1. Timnas SEA GAMES XIX
2. kejuaraan Asia di Arab (1997)
3. kejuaraan Junior Asia U-22
4. kejuaraan SEABA (2006)
5. juara Kobatama
6. runner Up Kobatama
7. peringkat III Kobatama
8. juara IBL (2003, 2006)
9. runner Up SEABA (2007)
Meskipun sangat sibuk berlatih dan
mengikuti pertandingan-pertandingan, pemain
yang mempunyai idola Dennis Rodman ini tidak
melupakan pendidikan. Hal ini dibuktikan oleh Wahyu dengan
menyelesaikan studi di D-3 STIE Swadaya jurusan manajemen keuangan
perbankan dan melanjutkan S-1 di STIE Perbanas.
Pemain yang pernah cedera lutut dan harus menjalani operasi selama
dua kali (1998 dan 2005) ini membuktikan bahwa kesibukan apa pun yang
kita lakukan, pendidikan merupakan hal yang tidak boleh ditinggalkan.
Pendidikan adalah modal untuk masa depan kita.
Setelah kamu membaca profil tokoh idola tersebut, jawablah pertanyaanpertanyaan
berikut!
a. Siapakah tokoh yang diceritakan tersebut?
b. Prestasi apa saja yang telah dicapainya?
c. Pantaskah dia menjadi seorang idola? Berikan alasanmu!
d. Hal apa saja yang dapat kita teladani darinya?
28 Aktif Berbahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs
Tugas 2.3
Latihan 2.3
1. Ceritakan dengan baik tokoh idola kamu kepada teman-temanmu di depan
kelas dengan menggunakan gaya bahasa yang menarik!
2. Tulislah mengenai tokoh idola kamu pada kertas folio dan tempelkan pula
foto atau gambarnya serta berikan pula alasan mengapa kamu
mengidolakannya! Serahkan pekerjaan itu kepada gurumu!
Carilah profil seorang tokoh idola yang dimuat dalam media cetak! Ceritakan
profil yang kamu baca tersebut di depan kelas! Ceritakan pula apa yang
membuatnya menjadi tokoh idola!
C Membaca dan Menemukan Makna Kata dalam
Kamus
Tujuan pembelajaran:
Setelah mempelajari materi pada subbab ini, kamu diharapkan dapat:
1. menggunakan dan mengetahui fungsi kamus,
2. mencari kata dan maknanya dalam kamus.
Pernahkah kamu membaca dan menemukan kata yang tidak kamu tahu
maknanya? Kepada siapa kamu menanyakan arti kata tersebut? Lalu, bagaimana jika
tidak ada orang yang tahu? Cara mudah untuk mengetahui arti kata yang sulit atau
sukar adalah dengan mencarinya dalam kamus. Kamus disusun sesuai abjad sehingga
kamu dapat dengan mudah menemukan arti kata tersebut. Perhatikan bacaan berikut!
Perjuangan R.A. Kartini
Masih Banyak yang Belum Menikmati
Saat ini, kesempatan bagi perempuan untuk berkiprah di bidang apa saja
terbuka sama luasnya dengan kaum pria dan tidak ada diskriminasi dalam hal
apa pun. Namun, tidak diingkari dalam kenyataannya masih banyak kaum
perempuan yang belum menikmati apa yang telah diperjuangkan Ibu Kartini
dengan susah payah. Hal ini terbukti dengan masih banyak kaum perempuan
yang menjadi korban kekerasan, baik dalam rumah tangga atau keluarga maupun
Siapa Idolamu? 29
Hal itu disampaikan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam
sambutan tertulis yang dibacakan Sekda DIY Ir. Tri Harjun Ismaji M.Sc. pada
puncak peringatan hari Kartini tahun 2007 Pemprop DIY di Bangsal Kepatihan
Yogyakarta, Sabtu (21/4). Menurut ketua panitia Ny. Hj. Nuri Hastuti Tri Harjun
Ismaji, panitia hari Kartini yang terdiri lima komponen, yaitu TP PKK DIY,
BKOW DIY, Dharma Pertiwi Korcab DIY dan Bhayangkari DIY telah
mengadakan beberapa kegiatan yang disesuaikan tema peringatan tahun ini,
yaitu dengan ”Semangat Kartini Kita Tingkatkan Kepedulian Sosial”.
Pada kesempatan itu dibacakan pula riwayat hidup R.A. Kartini oleh Ny.
Megawati Dahlan Thaib, serta mementaskan drama musikal oleh anak-anak
korban gempa dari Dusun Sabrang, Desa Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul
asuhan Yayasan Teratai Putih PKK DIY.
Dikatakan Gubernur DIY, tindakan kekerasan yang terjadi dalam rumah
tangga (KDRT), masih dianggap oleh sebagian orang merupakan masalah intern
keluarga bersangkutan. Sehingga tidak jarang kekerasan yang terjadi justru
ditutup-tutupi. Belum lagi mereka yang menjadi korban trafficking terorganisir,
sebagai dampak tingginya tuntutan kebutuhan hidup.
Adanya UU Nomor 23/2004 diharapkan dapat melindungi kaum perempuan
pun belum sepenuhnya berjalan sebagaimana mestinya. Untuk itu, gubernur
berharap agar hal ini menjadi tantangan sekaligus peluang bagi kaum perempuan
untuk mampu mencari solusi dan keluar dari berbagai masalah tersebut.
Sumber: Kedaulatan Rakyat, Minggu 22 April 2007
Berikut kata-kata yang terdapat di dalam bacaan tersebut.
dampak = pengaruh yang sangat besar.
diskriminasi = perlakuan yang sifatnya membeda-bedakan.
gempa = Keadaan adanya guncangan atau gerakan pada bumi.
kaum = golongan
komponen = bagian yang merupakan satu kesatuan.
korban = hal yang berkenaan dengan seseorang tertimpa bencana.
musikal = yang berkenaan dengan musik.
organisir = hal ke pengurusan dalam organisasi.
peluang = kesempatan
solusi = penyelesaian masalah.
30 Aktif Berbahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs
Latihan 2.4
1. Carilah kata-kata berikut di dalam kamus dan tuliskan maknanya dalam buku
catatan kamu!
a. agresif f. generasi
b. alternatif g. hasrat
c. aplaus h. telepati
d. fanatik i. tendensi
e. favorit j. vokalis
2. Bacalah wacana berita berikut dan carilah kata-kata yang tidak kamu ketahui
maknanya! Tulislah kata-kata tersebut di buku catatanmu dan carilah artinya
dalam kamus!
Konser Muse
Gokil Abizzz!
Banyak MuDA-ers nggak bisa nonton MUSE, Jumat (23/2). Makanya
MuDA mo cerita, gimana Matthew Bellany, Dominic Howard, dan Chris
Wolstenholme "menyihir " Jakarta.
Dan buat yang nonton, semoga bisa jadi kenangan, gimana malam itu kita
teriak-teriak, loncat-loncat, dan ngerasain pengalaman yang susah banget kita
jelasin pake kata-kata.
Jam 20.00 panggung masih kosong. Di latar belakang panggung ada delapan
tabung silinder bening yang di dalamnya ada spiral berisi lampu. Di tengah,
drumnya si Dominic masih ditutup kain hitam. Gitar-gitar si Matt ditaro di
sebelah kiri panggung. Kita masih stay cool, paling-paling, sempat heboh waktu
ada seorang kru yang ngebuka selubung tutup drum transparannya Dominic
tadi. Dikit lagi….
Begitu pukul 20.30, this is it! Matt, Dominic, dan Chris yang pakai baju
hitam-hitam setengah lari naik ke panggung. "Apa kabar Jakarta!" kata Matt
langsung tanpa basa-basi, doi mainin intronya Knights of Cydonia! Aya-yayaa….
aya-yaaa… disambung gitar Matt yang menyayat ditambah drumnya
Dominic, semua langsung nyanyi: How can we win, when fools can be kings….
Abis lagu pertama, Chemistry Crow langsung naik. Kita kayak masuk ke
dunia MUSE, apalagi dengan dua lagu berikutnya Hysteria dan Supermassive
Black Hole. Penonton setengah histeris waktu nyanyian teks Hysteria: Cause I
want it now, I want it now/ give me tour hert and soul ….
Apalagi waktu masuk lagu Supermassive Black Hole. Gila, pas gitarnya
Matt mulai menggosok dengan intronya,panggung gelap dan sorot lampu cuma
mengarah ke gitaris-vokalis-pianis ini. Dia sibuk sendiri dan muter-muter dengan
gitarnya. Lampu panggung selang-seling gelap terang-gelap terang, sampai suara
falsetto Matt:ohh baby don't you know I Suffer …. Lampu panggung dari
Siapa Idolamu? 31
arah belakang dan atas menyorot uap dari dry ice…uh…dahsyat! Kebetulan
MuDA nemu rekamannya di YouTube, intip aja http://www.youtube.com/
watch?v=ueNK6HQKe-E.
Suasana berubah waktu lagu Butterflies and Hurricanes yang relatif
slow. Di tengah lagu, Matt ngelepas gitarnya yang pakai efek echo itu, dan
dia duduk di piano putih yang ada di deket drum. Abis itu lagu Assassin
dan Citizen Erased.
Lagu Hoodo dan Apocalypse Please nunjukin canggihnya permainan
piano Matt yang demen banget ama Sergei Rachmaninoff dan Tchaikovsky.
Pas dia mainin lagu Hoodo, tata cahaya keren banget, di tengah suasana
panggung yang didominasi cahaya biru, satu lampu putih menyorot Matt
yang lagi main piano putihnya. Asli, dia kayak nggak peduli gitu dengan
sekitarnya. Dia asyik main pianonya dengan tempo lambat, sambil nyanyi
dengan mata tertutup. Cool!
Abis itu, penonton digeber lagi dengan lagu Felling Good. Matt sempet
iseng pakai megafon buat nyanyi: It's a new day/It's a new life/For me.
Tahu-tahu dia ngomong lagu berikutnya adalah lagu pertama dari album
pertama, Showbiz. "This song is for anyone who knows us back then," kata
doi. Langsung deh masuk suara intro dengan piano dari lagu Sunburn.
Selesai Sunburn, dengan cueknya,Matt ngomong, "This is a song called
Starlight!" Wahhh…udah deh… semua penonton tepuk tangan di atas
kepala ngikutin ritme drumnya Dominic. Semua serentak nyanyiin lagu
itu. Bagian ini susah banget dicritain, soalnya semua penonton kayak kesihir
gitu ama Matt, Dominic, dan Chris. Beberapa orang sampai matanya
berkaca-kaca waktu nyanyi I just wanted to hold/ You in my arms/ I just
wanted to hold.
Malam itu, MUSE berhasil banget mengaduk-aduk emosi penonton.
Habis Starlight, mereka ngebawain Plug In Baby dilanjutin ama … Time is
Running Out! Semua orang yang nyanyi sambil teriak dan lompat-lompat
I wont let you bury it/I won't let you smother it/ I wan't let you murder it/
our time is running out… kayak lagi nglepasin unek-unek mereka, sehingga
tiap kata tuh kayak keluar dari tiap orang yang ingin teriak-teriak dan
ngelepasin rasa itu.
Setelah lagu New Born, MUSE turun dari panggung. Penonton
berteriak-teriak "We Want More!" mereka keluar dan bawain Maps of The
Problematique, Stockholm Syndrome, dan Take A Bow sebagai lagu penutup.
Di antara balon-balon super besar berisi confetti, konser itu emang gokil
abizz!
MUSE kayaknya ngerasain chemistry yang sama. Dominic sempat
ngangkat satu tangan dan bilang, Thank you Jakarta, You are great. We'll
be back!
Sumber: Kompas, Jumat 2 Maret 2007
32 Aktif Berbahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs
Tugas 2.4
Bersama teman satu bangku, carilah sebuah bacaan yang dimuat dalam media cetak!
Catatlah kata-kata yang tidak kamu ketahui maknanya dan carilah di dalam kamus!
Menggunakan Imbuhan ber-
Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1. Dia bertekad untuk menyelesaikan sekolah.
2. Ocha dan Oche sudah bersahabat dari kecil.
3. Kami pertama kali bertemu di Kota Solo.
4. Setiap orang yang bersalah harus dihukum.
5. Hanya dengan berpasrah kepada Tuhan hidup kita damai.
A. Kata Dasar Bentuk ber-
1. Menurut jenis katanya, dapat berupa sebagai berikut.
a. Kata benda, misalnya, telur → bertelur; anak → beranak; sahabat →
bersahabat
b. Kata kerja, misalnya, kerja → bekerja; ganti → berganti; lari → berlari.
c. Kata keadaan, misalnya, sama → bersama; pasrah → berpasrah; sedih
→ bersedih.
d. Kata keterangan, misalnya, hati-hati → berhati-hati; ramai-ramai → beramairamai.
e. Kata bilangan, misalnya, dua → berdua; lima → berlima.
f. Kata ganti, misalnya, aku → beraku; engkau → berengkau
2. Menurut bentuknya, dapat berupa sebagai berikut.
a. Kata asal, misalnya, satu → bersatu; bahagia → berbahagia
b. Kata bersambung, misalnya, kesusahan → berkesusahan; kenalan → berkenalan.
c. Kata majemuk, misalnya, kembang biak → berkembang biak; temu pandang
→ bertemu pandang
d. Kata ulang, misalnya, sama-sama → bersama-sama; hati-hati → berhati-hati
e. Kelompok kata, misalnya, tanam anggrek putih → bertanam anggrek
putih; kebun kopi → berkebun kopi.
Situs Bahasa
Siapa Idolamu? 33
Latihan
B. Arti Bentuk ber-
1. Jika kata dasarnya berupa kata kerja
a. Dalam keadaan sedang melakukan pekerjaan, contohnya: berkumpul =
dalam keadaan kumpul; berbicara = dalam keadaan bicara.
b. Dalam keadaan dikenai pekerjaan, contohnya: dibawanya kain berlipat; gayung
bersambut.
c. Menyatakan perbuatan berbalik kepada pelaku, contohnya: berlari = melarikan
diri; bercukur = mencukur diri; berhias = menghias diri.
d. Menyatakan perbuatan berbalasan, contohnya: bertinju = saling tinju;
berikrar = saling mengucap ikrar.
2. Jika kata dasarnya kata keadaan
a. Dalam keadaan, misalnya, bersuka cita = dalam keadaan sukacita; bermalas
= dalam keadaan malas.
b. Berusaha agar dalam keadaan, misalnya, bersiap = berusaha agar dalam
keadaan siap.
c. Menjadi, misalnya, bertambah = menjadi tambah; berbaik hati = menjadi baik
hati.
3. Jika kata dasarnya kata benda
a. Mempunyai, contoh: bermimpi = mempunyai mimpi; berkesempatan =
mempunyai kesempatan.
b. Mengusahakan, contoh: bersawah = mengusahakan sawah; berkebun =
mengusahakan kebun.
c. Memakai (mengenakan, mempergunakan, mengendarai, atau naik), contoh:
berpakaian = mengenakan pakaian; bermotor = mengendarai motor.
d. Mencari atau mengumpulkan, contoh: berkayu = mengumpulkan kayu.
e. Menyebut atau memanggil, contoh: saya berteman saja dengan dia =
memanggil teman.
f. Bekerja sebagai atau berlaku seperti, contoh: berkuli = bekerja sebagai kuli.
Bacalah kembali wacana ”Konser Muse” kemudian carilah dan tuliskan kata-kata
berimbuhan ber- lengkap dengan artinya di buku latihanmu!
34 Aktif Berbahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs
D Menulis Buku Harian
Tujuan pembelajaran:
Setelah mempelajari materi pada subbab ini, kamu diharapkan dapat menulis kegiatan dan pengalamanmu
dalam buku harian.
Selama satu hari, sejak kamu bangun pagi hingga tidur lagi, pasti banyak
pengalaman atau kejadian yang kamu alami. Pengalaman atau kejadian yang kamu
alami tersebut beragam, dapat menggembirakan, mengharukan, mengecewakan,
menggelikan, atau membosankan. Kejadian-kejadian yang kamu alami tersebut dapat
kamu tulis dalam buku harian.
Buku harian berisi tulisan pribadi. Kamu dapat menuliskan semua pengalaman
dan peristiwa yang kamu alami dengan bebas. Kamu juga dapat mencurahkan semua
pikiran dan perasaan. Perasaan senang, marah, sedih, sayang, jengkel, atau cinta dapat
kamu tuliskan apa adanya secara jujur. Buku harian bersifat rahasia sehingga apa
yang kamu tulis tidak akan diketahui oleh orang lain. Seseorang tidak boleh membaca
buku harian orang lain tanpa seizin pemiliknya. Oleh karena itu, rahasia kamu akan
terjaga aman. Tidak jarang kamu akan merasa lega setelah mencurahkan perasaan
kamu dalam buku harian. Sebagai contoh, ketika kamu merasa jengkel kepada
seseorang, kamu dapat mencurahkan kejengkelan tersebut dalam buku harian. Dengan
mencurahkannya dalam buku harian, kamu akan merasa lega karena perasaan jengkel
itu tersalurkan dan menjadi berkurang.
Buku harian juga dapat membantu kamu menjadi pribadi yang lebih baik. Dengan
menulis semua pengalaman, kejadian, pikiran, dan perasaan yang dialami, kamu dapat
mengambil hikmah dari semua itu dan dapat menjadi pelajaran untuk waktu yang akan
datang. Selain itu, kamu juga dapat mengetahui kekurangan atau kesalahan yang kamu perbuat
sehingga kamu pun belajar untuk memperbaikinya.
Menulis buku harian sangat menyenangkan karena kamu dapat menuliskan dengan gaya
bahasamu sendiri. Kamu tidak harus menggunakan kalimat yang baik, tetapi boleh menulis
dengan menggunakan "bahasa gaul". Penulisan buku harian sering menggunakan kalimat
ekspresif. Kalimat ekspresif adalah kalimat yang mampu mengungkapkan gambaran, maksud,
gagasan dan perasaan. Kalimat ekspresif merupakan kalimat yang spontan keluar dari pikiran
dan perasaan yang dalam.
Jika kamu menulis buku harian, cantumkan hal-hal berikut.
1. Tempat.
2. Waktu.
3. Peristiwa.
4. Perasaan yang dialami.
Siapa Idolamu? 35
Perhatikan beberapa contoh penulisan buku harian berikut!
Solo, 29 April 2007
Diary
Hari ini aku sebel banget sama seseorang. Gimana aku nggak sebel, dia itu
orangnya sombong banget sih. Bayangin aja, aku udah baik-baik menyapa dan
memberikan senyuman tapi dia kok malah nggak peduli dan pergi begitu saja.
Diary
Kog ada ya orang yang seperti itu. Apa bersikap ramah kepada orang lain itu
susah? Kayaknya enggak deh. Kalau dia tidak bisa ramah dan nggak pernah senyum,
siapa coba yang mau berteman dengan dia? Apa dia tidak pengin punya banyak
teman?
Diary ….
Pokoknya aku nggak mau lagi menyapa dia. Biarin aja dia nggak punya teman,
lagian siapa yang butuh teman seperti dia? Sebel deh!
Bandung, 1 Mei 2007
Hari ini ada kejadian lucu dan memalukan yang aku alami. Pokoknya aku
nggak akan pernah lupa dengan kejadian itu.
Ceritanya begini, tadi sore aku diajak mama pergi belanja ke mall. Banyak
banget barang yang harus dibeli, paman dan tante kan besok Minggu mau datang.
Setelah hampir 2 jam berbelanja, aku mulai capai dan merasa lapar. Aku pun
mengajak Mama ke KFC dulu untuk makan. "Ma, ayo kita ke KFC dulu! Udah
lapar nih," ajakku sambil berjalan. Tetapi Mama menjawab, "Sebentar, sayang.
Sebentar ya!"
Karena aku sudah kelaparan, tangan mama pun aku tarik sambil berkata,
"Pokoknya kita makan dulu!" Aku mendengar suara Mama berkata, "Sayang, kamu
mau ke mana?" Tapi aku cuek aja, yang penting makan. Tapi, kenapa suara mama
terdengar makin jauh ya? Karena penasaran, aku menoleh ke belakang. Oh My
God! Betapa kagetnya aku karena orang yang aku tarik ternyata bukan mama.
Aduh, rasanya aku malu banget apalagi orang-orang melihat aku sambil menahan
senyum. Mama yang melihat tingkahku juga tertawa sambil menghampiriku."
Makanya, kalau mau narik-narik itu lihat dulu. Jangan asal tarik aja.
Memangnya kamu mau ganti mama baru ya?" ledek Mama kepadaku. Aku
pun cuma tersenyum sambil menahan malu. Ya, ampun! Gara-gara kelaparan,
malu deh aku.
36 Aktif Berbahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs
Latihan 2.5
Tugas 2.1
Solo, Senin 7 Mei 2007
Hari ini aku bertemu teman lama. Senang banget deh rasanya, soalnya
sudah lama aku tidak mendengar kabar tentang dia.
Solo, Selasa 8 Mei 2007
Hore! Hari ini ulanganku paling tinggi di kelas. Nggak sia-sia deh semalam
belajar.
Solo, Rabu 9 Mei 2007
Capai banget hari ini. Banyak tugas yang harus dikerjakan.
Solo, Kamis 10 Mei 2007
Hari isi sangat membosankan. Tidak ada hal-hal menarik yang terjadi hari ini.
Solo, Jumat 11 Mei 2007
Aduh! Hari ini aku dihukum karena terlambat masuk sekolah. Karena terlalu
asyik nonton TV semalam, aku bangun kesiangan.
Solo, Sabtu 12 Mei 2007
Hari ini aku pulang sekolah lebih awal, soalnya ada rapat guru di sekolah.
Senang deh!
Solo, Minggu 13 Mei 2007
Asyik! Hari ini aku dan teman-teman pergi ke kebun binatang.
Nah, dari contoh-contoh tersebut, kamu pasti dapat membuatnya, maka kerjakan latihan
berikut!
1. Tuliskan pengalaman atau peristiwa yang pernah kamu alami dalam buku harian,
kemudian bacakan di depan kelas!
2. Bentuklah kelompok yang terdiri dari 3–4 orang anggota. Tuliskan satu
pengalaman dari anggota kelompokmu, kemudian bacakan di depan kelas!
Tuliskan kegiatan dan pengalaman yang kamu alami selama satu minggu dalam
sebuah buku harian! Tukarkan buku harianmu dengan teman sebangku untuk
dibaca! Ingat, jangan menulis hal-hal yang bersifat pribadi!
Siapa Idolamu? 37
Rangkuman
Uji Kompetensi
1. Berita adalah informasi tentang suatu peristiwa.
2. Hal-hal yang perlu dituliskan dalam pemberitaan, antara lain: pokok atau
inti berita, kronologi berita, orang-orang atau tempat yang menjadi berita,
informasi yang ada dalam berita tersebut.
3. Idola adalah tokoh yang dikagumi dan merupakan objek pemujaan.
4. Buku harian merupakan tulisan pribadi tentang pengalaman atau peristiwa
yang dialami.
5. Kalimat ekspresif adalah kalimat yang mampu mengungkapkan gambaran,
maksud, gagasan, dan perasaan.
A. Berilah tanda silang (X) huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang benar!
1. Dalam menulis kembali berita, hal-hal yang harus ditulis kembali adalah sebagai
berikut, kecuali ….
a. kronologi berita
b. pokok atau inti berita
c. pendapat kamu
d. orang-orang atau tempat yang menjadi berita
2. Apabila kamu bercerita di depan orang, hendaknya suara kamu harus ….
a. disesuaikan dengan pendengar dan ruangan
b. keras
c. bersemangat
d. lembut
3. Cara agar berhasil dalam bercerita adalah ….
a. banyak senyum c. bercerita dengan cepat
b. melawak d. bersikap tenang dan tidak gugup
4. Seseorang yang menjadi objek pemujaan disebut ….
a. idola c. model
b. sahabat d. tokoh kartun
38 Aktif Berbahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs
5. Apabila kamu menemukan kata-kata yang tidak kamu ketahui artinya, kamu
dapat mencari arti kata tersebut di dalam ….
a. kartun c. kamus
b. komik d. kolom
6. Dia bersedih mendengar kabar tentang kepergian ayahnya.
Arti imbuhan ber- pada kata bersedih adalah ….
a. sedang melakukan pekerjaan c. menjadi
b. mempunyai d. mencari
7. Berdasarkan jenis kata, imbuhan ber- dapat berupa kata seperti di bawah ini, kecuali
kata ….
a. ganti c. keterangan
b. kerja d. majemuk
8. Peristiwa dan pengalaman yang dialami oleh seseorang dapat ditulis dalam buku
….
a. harian c. pribadi
b. pelajaran d. catatan
9. Kalimat yang mampu mengungkapkan, gambaran, maksud, gagasan, dan
perasaan adalah pengertian dari kalimat ….
a. aktif c. ekspresif
b. efektif d. berita
10. Perhatikan tulisan berikut!
Solo, 10 Mei 2007
Hari ini aku tidak masuk sekolah. Pagi tadi badanku panas sekali dan kepalaku
seperti berputar-putar. Ibu lalu membawaku ke dokter. Kata dokter aku harus
istirahat selama tiga hari. Sedih ya rasanya!
Tulisan tersebut merupakan contoh penulisan ….
a. kamus c. pantun
b. pengumuman d. buku harian
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas!
1. Sebutkan hal-hal yang harus ditulis dalam menulis kembali sebuah berita!
2. Apa saja yang harus diperhatikan dalam menyampaikan sebuah cerita?
3. Kata dasar imbuhan ber- dibedakan menjadi dua. Sebutkan berdasarkan jenis
katanya!
4. Bagaimana cara mencari makna kata di dalam kamus?
5. Apa saja yang harus dicantumkan dalam menulis buku harian?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar