Kamis, 19 Mei 2011

bab 5, dewi, sda

Kegiatan 85
Pelajaran
Kegiatan
5
A Meyimpulkan Isi Berita
Tujuan pembelajaran:
Setelah mempelajari materi pada subbab ini, kamu diharapkan dapat:
1. menyatakan pokok-pokok isi berita yang didengarkan
2. menyarikan pokok-pokok berita menjadi isi berita
3. menyimpulkan isi berita.
Sebagai pelajar, kamu diharapkan tidak melewatkan informasi atau berita yang
sedang hangat dibicarakan. Berbagai macam berita, mulai dari perkembangan ilmu
pengetahuan, politik, ekonomi, sosial, maupun budaya selayaknya kamu ikuti. Selain
itu, masalah kesehatan hingga pelanggaran hukum juga perlu kamu ketahui.
Sumber-sumber informasi atau berita yang sedang berkembang saat ini dapat
diperoleh melalui media cetak seperti, surat kabar, majalah, atau tabloid dan media
elektronik seperti, radio, televisi, atau internet. Informasi tersebut dapat kamu sampaikan
kembali baik secara langsung dengan lisan maupun tulisan.
1. Mendengarkan berita yang dibacakan
Selain melalui televisi, radio, atau internet, sember berita juga dapat kamu
peroleh dari media cetak. Berikut merupakan teks berita yang dikutip dari sebuah
surat kabar. Mintalah salah satu temanmu untuk membacakan berita berikut! Agar
kegiatan ini lebih efektif, tutuplah bukumu! Simaklah dengan cermat sambil
mencatat pokok-pokok informasi penting isi berita tersebut!
Jurnalistik dan Sablon untuk Masa Depan
Mungkin tak banyak sekolah yang menganut paham ini: ekskul (ekstra
kurikuler) tak hanya menampung kesenangan dan menyalurkan hobi, tetapi juga
bagaimana kelak program ini memberi peluang kerja bagi para "pengikut". Baik
86 Aktif Berbahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs
sebagai pekerjaan sambilan maupun pekerjaan alternatif bila setelah lulus sekolah
tidak melanjutkan sekolah.
SMP Islam Terpadu (SMPIT) Cahaya Umat di barisan yang tidak banyak
itu, relatif berbeda dari sekolah lain yang mengadakan aneka rupa ekskul dari
Senin sampai Sabtu. Dari basket sampai ngeband.
Sekolah muda usia, lahir tahun 2004, di Jalan Kalinjari, Karangjati,
Bergas Kabupaten Semarang ini mempunyai ekskul yang berorientasi pada
pendidikan life skill. Tidak ada basket, apalagi ngeband. Yang ada, seni
rupa dan jurnalistik. Cukup hari Sabtu.
"Seni rupa saat ini kami arahkan ke sablon. Ini sarana untuk
mengembangkan kreativitas siswa di bidang menggambar. Walaupun masih
sangat sederhana, karena baru taraf SMP, mereka akan mengerti konsep
dan fungsi sablon. Bagi yang suka menulis, kami arahkan untuk mengikuti
jurnalistik. Harapan kami, kedua bidang ekskul ini akan menjadi bekal
keterampilan bagi mereka setelah lulus SMP," ujar Ibu Nirmalasari, wakasek
bidang kesiswaan.
Keren kan? Siapa tahu dari stimulasi itu lahir para pengusaha sablon
dan wartawan-wartawan yang teguh kukuh berlapis baja, tidak cengeng
dan manja saat terbentur susah mendapat pekerjaan.
Saat ini ekskul seni rupa diikuti delapan siswa, tujuh cowok dan satu
cewek. Ekskul jurnalistik tujuh siswa. Kok, dikit amat? Aha, jangan salah.
Sekolah berkonsep full day ini memang mempunyai siswa minim, 44 siswa
untuk tiga kelas: VII, VIII, dan IX.
Pengin tahu alasan "pengikut" dua ekskul itu? "Aku pengin bisa nyablon
dan ngembangin di bidang usaha kalau aku sekolah. Nyablon ini sangat
bermanfaat," ujar Rahma, kelas VIII. Dia berharap kelak bisa jadi pengusaha
sukses. Jundi, kelas IX, begitu juga.
Dipta, kelas IX, ikutan ekskul jurnalistik. "Aku pengin berkiprah di
buletin AMPIT Cahaya Ummat yang terbit dua kali setahun, makin banyak
wawancara, banyak mengenal karakter orang, dan tambah wawasan," ujar
cewek manis yang hobi menulis itu.
Di sekolah pimpinan Ibu Musyarofah, S.Pd. ini, dua ekskul itu dikelola
sungguh-sungguh, buktinya, mereka bisa mejengin karya di kegiatan market
day. Dan untuk jurnalistik, mereka sudah pula bikin mading.
Eh, ngomong-ngomong, mereka pengin juga menambah ilmu dari tim
Kantin Banget. Gimana om Daktur? Mau kan silaturahmi sama calon-calon
jurnalistik di SMPIT Cahaya Ummat?
Sumber: Suara Merdeka, 5 Agustus 2007 ( dengan pengubahan)
Kegiatan 87
Tugas 5.1
Latihan 5.1
2. Menyimpulkan isi berita yang dibacakan
Setiap teks berita mengandung pokok-pokok berita yang dapat diperoleh
dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut!
a. Apa yang terjadi? (what)
b. Di mana peristiwa itu terjadi? (where)
c. Kapan peristiwa itu terjadi? (when)
d. Siapa yang mengalami? (who)
e. Mengapa hal itu terjadi? (why)
f. Bagaimana peristiwa itu terjadi? (how)
Perlu kamu ketahui bahwa selain berisi pokok-pokok berita, suatu berita juga
berisi sejumlah informasi sebagai penjelas. Secara bersamaan, keduanya
membentuk berita yang lengkap dan utuh.
Untuk menyimpulkan dan melaporkan isi berita, kamu dapat merangkum
pokok-pokok informasi yang sudah kamu catat. Dengan menggunakan kalimatmu
sendiri, informasi tersebut dapat diubah menjadi beberapa kalimat. Sementara itu,
dalam menyampaikan laporan hasil mendengarkan berita, kamu perlu
memerhatikan topik utama informasi, waktu dan tempat terjadinya, serta hasil
penyerapan informasi.
1. Apakah pikiran utama paragraf pertama dalam wacana "Jurnalistik dan
Sablon untuk Masa Depan"?
2. Apakah isi paragraf ketiga dalam wacana tersebut?
3. Mengapa masalah tersebut dibicarakan?
4. Siapa saja yang terlibat dalam permasalahan yang dibahas pada wacana
tersebut?
5. Simpulkan isi berita tersebut dengan kalimatmu sendiri!
1. Dengarkan berita di radio!
2. Catatlah pokok-pokok informasi yang terdapat di dalamnya!
3. Gunakan format berikut!
Stasiun radio : .................................................................................
Hari dan tanggal : .................................................................................
Nama penyiar : .................................................................................
Waktu : .................................................................................
Isi : 1. ..............................................................................
2. ..............................................................................
dan seterusnya.
88 Aktif Berbahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs
B Menceritakan Pengalaman yang Mengesankan
Tujuan pembelajaran:
Setelah mempelajari materi pada subbab ini, kamu diharapkan dapat:
1. mendata pokok-pokok cerita yang mengesankan,
2. menyusun pokok-pokok cerita menjadi rangkaian cerita pengalaman melalui tanya jawab,
3. menceritakan pengalaman yang mengesankan berdasarkan pokok-pokok rangkaian cerita dengan
menggunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat efektif.
Ingatkah kamu akan pepatah "pengalaman adalah guru terbaik"? Tidak ada pengalaman
yang sia-sia. Hal ini berarti bahwa kita dapat mengambil pelajaran dari pengalaman yang
terjadi. Tentu kamu memiliki pengalaman yang menarik, bukan? Pengalaman yang
menarik atau mengesankan tentu sulit untuk dilupakan. Pengalaman yang mengesankan
dapat berupa kebahagiaan, kejadian lucu, maupun cobaan. Suatu peristiwa akan
berkesan jika kita mengalaminya sendiri. Kamu pun dapat menceritakan pengalamanmu
kepada orang lain.
Bagaimana cara menceritakan pengalaman yang menarik? Berikut beberapa
langkah yang dapat kamu lakukan.
1. Ingat-ingat peristiwa yang pernah dialami.
2. Pilihlah pengalaman yang akan diceritakan.
3. Tulislah pokok-pokok peristiwa yang dialami dengan memerhatikan
a. waktu dan tempat peristiwa tersebut terjadi
b. orang-orang yang terlibat dalam peristiwa tersebut
c. perasaan yang kamu alami saat itu
d. ringkasan peristiwa
4. Klasifikasikan peristiwa yang menyenangkan dan kurang menyenangkan.
Ketika kamu ingin menceritakan pengalaman di depan teman-temanmu, tentu ingin
memperoleh perhatian mereka. Oleh sebab itu, jika kamu akan bercerita, misalnya
tentang pengalamanmu yang menggelikan, maka kamu harus berusaha agar mereka
dapat tertawa. Demikian juga jika kamu ingin bercerita tentang hal yang mengharukan,
berusahalah membuat mereka larut dalam kesedihan.
Sebelum kamu menceritakan pengalamanmu, bacalah dua pengalaman berikut!
Kaosku Terbalik!
Sebenarnya aku paling malas kalau disuruh ibu. Tetapi aku takut dosa bila
melawan perintah ibu, maka aku selalu menuruti perintah ibu dengan berat hati
dan berat langkah. Seperti yang terjadi pada suatu siang yang terik. Sepulang
sekolah, aku tiduran di kamar dengan pakaian santai dan majalah di tangan.
Tiba-tiba ibu menyuruhku mengantar uang arisan ke rumah Bu RT.
Kegiatan 89
Sekali panggil, aku diam saja. Kedua kalinya aku hanya menjawab, "Ya, Bu,"
tanpa beranjak dari tempat tidur. Ketika ketiga kalinya ibu memanggil dengan agak
marah. Aku cepat-cepat mengganti kaos tank top dan celana pendek dengan kaos
lengan panjang dan celana panjang. Buru-buru aku lari menemui ibu dan menyambar
amplop di meja.
"Enggak salah, Di?" tanya Bu RT dengan menahan tawa.
"Uangnya kurang, Bu?" aku balik bertanya dengan heran.
"Bukan uangnya, Di, tetapi bajumu itu lho…, kok terbalik begitu?" kata Bu RT
sambil tertawa.
Aku segera memeriksa bajuku. "Ya, Tuhan…benar kaosku terbalik," sebenarnya
enggak terlalu terlihat kalau kaos biasa. Tetapi aku menggunakan kaos kebesaran
yang telah aku kecilkan sehingga jahitannya tampak besar sekali. Duh …, malunya!
Dyana Chysnulitta J.
Kelas VII B SMPN 34, Bandung.
Ulang Tahun Ayu yang Keenam
Hari ini, Ayu ulang tahun yang keenam. Mama dan Papa memberinya hadiah.
Hadiah itu amat kecil. Aku membuka hadiah itu. Di dalamnya, ada sehelai kain
lap kecil. Warnanya kuning. Ada renda merah di sekeliling sisinya.
Ayu mengucapkan terima kasih pada Mama dan Papa. Namun, ia merasa
kecewa juga. "Di ulang tahunku yang pertama, aku mendapat boneka beruang.
Di ulang tahun yang kedua, boneka Barbie. Di ulang tahun yang ketiga, aku
mendapat kereta-keretaan. Di ulang tahun yang keempat hadiahku rumah boneka.
Lalu saat berulang tahun yang kelima, aku mendapat sepatu. Tapi sekarang, di
ulang tahun yang keenam, aku cuma dapat kain lap."
90 Aktif Berbahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs
Latihan 5.2
Papa pergi bekerja dan Mama sibuk di dapur. Ayu bingung apa yang harus
dikerjakan. Ia lalu mencoba kain lapnya. Mula-mula melap meja. Ia mengangkat
kotak buah di meja itu. Ah, Ayu menemukan sehelai pita rambut yang cantik.
"Wah, cocok sekali dengan rambutku," ucap Ayu. Pita itu lalu disematkan di
rambutnya.
Kemudian Ayu mengelap keempat kursi meja itu. Wow, ia menemukan
satu barang di setiap kursi. Ada buku mewarna gambar, sekotak krayon, sebuah
dompet bertulis 'AYU', dan sebuah sisir kecil cantik. Di atas bufet, Ayu
menemukan sepasang sepatu boneka. Sepatu itu sangat cocok untuk boneka
Barbienya. Di atas televisi ia menemukan cincin kecil yang indah. Cicin itu
berhiaskan batu kaca warna-warni. Ukurannya sangat pas di jari manis Ayu.
Saat Ayu memerhatikan cahaya berkilau dari batu kaca di cincin itu, Mama
datang. Ia tersenyum manis.
"Ayu," ucap Mama, "semua itu untuk kamu. Mama sengaja menyembunyikan
agar kau menemukannya. Kau suka?"
Mama lalu mengeluarkan kue ulang tahun yang besar. Di kue itu ada enam
batang lilin.
Ayu sangat senang. "Terima kasih, Ma," katanya penuh sukacita. "Kini aku
mengerti mengapa Mama memberiku kain lap di ulang tahunku ini. Mama ingin
aku sibuk ya, sementara Mama menyiapkan kejutan untukku. Oh. Sungguh ulang
tahunku yang indah!"
Endang Firdaus
Di antara keduanya, manakah cerita yang paling mengesankan? Dapatkah kamu
menunjukkan perbedaan tema kedua cerita tersebut?
Kelompokkan peristiwa-peristiwa berikut dengan memberi tanda cek (3)!
No. Peristiwa Menyenangkan Tidak
menyenangkan
1. Hilang di pasar malam.
2. Menjadi bintang kelas.
3. Suara sumbang saat menjadi
pemimpin upacara.
4. Memenangkan sayembara
teka-teki silang.
5. Rumah kebanjiran.
Kegiatan 91
Tugas 5.2
1. Pilihlah salah satu pengalaman menarik yang pernah kamu alami! Sebelum
bercerita, tulislah peristiwa-peristiwa dari cerita tersebut!
2. Berilah penilaian terhadap temanmu berkaitan dengan penggambaran suasana
yang dialami saat temanmu bercerita! Gunakan tabel berikut untuk menilai
temanmu!
Tema cerita Suasana hati
No. Nama (senang, lucu, haru) Latar cerita (gembira,
malu, sedih)
C Mengomentari Buku Cerita
Tujuan pembelajaran:
Setelah mempelajari materi pada subbab ini, kamu diharapkan dapat:
1. membaca buku cerita,
2. menentukan unsur-unsur/hal-hal yang hendak dikomentari dari buku cerita,
3. mengomentari cerita dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun.
Membaca buku cerita merupakan kegiatan yang mengasyikkan. Hal ini dikarenakan
cerita anak masih menjadi alat hiburan, terutama teman di waktu senggang maupun bacaan
pengantar tidur. Tema-tema yang diangkat dapat berguna sebagai sarana menanamkan nilai
dan norma kehidupan. Selain itu, cerita anak juga membantu mengasah keterampilan berbahasa
dan menambah pengetahuan.
Apa sajakah hal-hal yang membuat buku cerita menjadi menarik? Kemenarikan
suatu cerita dapat dilihat dari berbagai segi, misalnya para pelaku, jalan cerita, maupun
permasalahan yang diangkat dalam cerita tersebut. Agar kamu dapat memahami cerita
dengan baik, perhatikan hal-hal berikut.
1. Pahamilah jalinan cerita atau alur.
2. Telusuri perwatakan atau sifat-sifat para pelakunya.
3. Temukan pesan atau amanat dalam cerita tersebut.
92 Aktif Berbahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs
Untuk memahami isi buku cerita, bacalah komentar cerita berikut dengan saksama!
Belajar Bisa Lewat Komik
Teman-teman, cobalah kalian tiup sebuah balon, kemudian lepaskan. Ai, apa yang
terjadi? Balon pun akan terbang. Bebas lepas. Eh, tapi setelah udara di dalam balon
habis, balon pun akan jatuh. Puuus! Ya, inilah percobaan yang sangat sederhana dan
mengasyikkan. Ketahuilah, di dalam percobaan ini terkandung konsep-konsep sains
atau ilmu pengetahuan yang besar, seperti momentum dan impuls. Lo, apa itu? Oi, isi
komik ini akan menjelaskan banyak hal kepada kita.
Dari percobaan yang sederhana tadi, kita bisa tahu bahwa percobaan semacam
itu bisa dikembangkan lebih lanjut sebagai dasar penerbangan roket ke luar angkasa.
Wah, luar biasa kan?
Oi, ternyata banyak sekali kejadian atau peristiwa di alam ini yang mengasyikkan
untuk dinikmati dan mengandung nilai sains yang sangat tinggi untuk dikembangkan.
Sebut saja kehebatan teknik melompat seekor belalang, kemampuan khusus bunglon
untuk mengubah-ubah warna tubuhnya, dan sebagainya.
Dengan ilustrasi atau gambar yang cemerlang dan warna-warni, Komik Sains
Kuark memang tampil memikat. Siapa pun yang menyimak komik ini, akan
dengan mudah menangkap apa-apa yang disajikan di dalamnya. Eh, padahal
sebenarnya, isi bacaannya mengandung ilmu pengetahuan seperti fisika dan
matematika. Oho, semua memang jadi mudah dan indah. Dan tentu juga sangat
bermanfaat.
Komik Sains Kuark terbit secara berkala. Setiap kali terbit ada tiga komik
sekaligus, yakni untuk kelas 1-2 SD, kelas 3-4 SD, dan 5-6 SD. Jadi, memang dibuat
sedemikian rupa agar semua anak SD bisa menikmati secara bertahap.
Untuk yang kelas 1-2 SD misalnya berisi cerita berjudul ”Zizi, Si Anak Jerapah”
dan "Kunang-Kunang Mencari Cermin". Kedua cerita dalam bentuk komik tersebut
sesungguhnya berisi tentang pengetahuan biologi. Hebat kan? Lalu ada lagi cerita
berjudul "Hadiah Pelangi Buat Pohon Tua". Oi, cerita ini pun mengisahkan bagaimana
terjadinya hujan dan pelangi. Lucu sekaligus mengharukan.
Kegiatan 93
Latihan 5.3
Komik Sains Kuark membuat kita lebih menyukai dan menikmati sains atau ilmu
pengetahuan. Lewat komik, semua mudah untuk dipahami. Jadi, teman-teman yang
sampai hari ini tidak suka sama matematika atau fisika, mulailah membaca komik ini.
Pelan tapi pasti, teman-teman akan menyukai pelajaran-pelajaran yang sering dianggap
sebagai momok yang menakutkan itu.
Selamat membaca!
Sumber: Bobo, 17 Juni 2004
Anggaplah cerita berikut merupakan buku! Berikanlah komentar terhadap
cerita berikut dan jawablah pertanyaan-pertanyaan yang mengikutinya!
Kue Tart Stroberi
Sasi Pujiati
Ulang tahun ayah tinggal dua hari lagi. Namun, Dinda belum menemukan
apa yang cocok buat ayah. Baju, sepatu, atau parfum ya? Pikirnya. Kalau
baju, setahun yang lalu Kak Arin sudah memberikan hadiah baju. Waktu itu,
Ayah tampak terkejut dan gembira. Sebab, baju itu didesain dan dijahit sendiri
oleh Kak Arin. Sementara, Dinda sama sekali tidak memiliki keahlian seperti
itu.
Jika sepatu, Ayah sudah punya koleksi banyak. Kalau parfum? Uh terlalu
mahal harga parfum kesukaan Ayah. Tabungan Dinda belum mencukupi.
Terus gimana dong? Padahal saat usia Ayah genap 40 tahun, Dinda ingin
sekali memberikan kado istimewa. Kado yang berbeda dari tahun-tahun
sebelumnya.
Apalagi Dinda paham benar, ayah suka hasil karya anak-anaknya sendiri,
bukan barang-barang bagus yang tinggal membeli di toko. Seperti baju buatan
Kak Arin dulu, ayah sangat menghargai dan tak henti memuji sehingga
membuat Kak Arin bertambah semangat untuk belajar mendesain dan menjahit
pakaian.
"Kak Arin, ulang tahun Ayah kan tinggal besok, Kakak sudah membelikan
hadiah?” tanya Dinda.
"Belum, Dik, sebab rencananya Kak Arin dan Ibu mau membikin nasi
kuning saja. Memangnya kenapa, kamu sudah membelikan kado buat Ayah?"
balas Kak Arin sambil menyirami bunga di taman.
"Itulah Kak, Dinda lagi bingung, Dinda belum menemukan hadiah yang
cocok untuk Ayah. Apakah Kak Arin punya ide untuk membantu Dinda?".
"Hmm... apa ya, kakak juga tidak punya ide. Maaf ya Dik, he he he…."
"Uh, Kak Arin payah deh," sungut Dinda sambil ngeloyor pergi.
Sambil terus berpikir soal kado buat Ayah, Dinda berjalan-jalan ke kebun
stroberi di belakang rumah. Sudah banyak buah stroberi yang matang, sebentar
lagi siap panen. Wah besar-besar, merah, dan sangat ranum. Dinda pun memetik
beberapa dan memakannya.
94 Aktif Berbahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs
"Enak sekali stroberi ini, manis-manis tetapi ada kecutnya sedikit. Baunya juga
harum," gumamnya. Tiba-tiba terlintas di pikiran Dinda untuk membuat kue tart
dengan taburan stroberi di atasnya. Pasti akan sangat lezat dan menarik. Ya, Ayah
kan paling suka kue yang ada stroberinya?
Wah, ide bagus kalau saya membuat kue tart stroberi untuk Ayah.
Hmm… pasti Ayah sangat suka. Apalagi sudah lama Ibu tidak membuatkan
kue stroberi untuk Ayak, pikir Dinda sembari tersenyum gembira.
Ibu terkejut melihat banyak buah stroberi yang seharusnya baru dipanen tiga
hari lagi, tetapi sudah dipetik Dinda.
"Dinda, kenapa kamu petik stroberi-stroberi itu? Ini belum waktunya dipanen,
Nak, seharusnya kamu meminta izin terlebih dahulu pada ibu atau ayah," kata Ibu.
"Iya, Dik, stroberi ini seharusnya jangan dipetik dulu, meskipun memang sudah
merah," ujar Kak Arin menambahi.
"Dinda minta maaf, karena tidak meminta izin pada Ibu atau Ayah terlebih
dulu. Dinda terlalu bersemangat karena Dinda dapat ide memberi hadiah untuk
Ayah sepulang kerja nanti. Dinda ingin membuatkan kue stroberi. Kue yang
Dinda buat sendiri, yang pernah Ibu ajarkan dulu itu, lho. Tapi juga ada kreasi
Dinda sendiri dari hasil membaca. Karena itu, Dinda buru-buru memetiknya."
"Oh, jadi begitu, ya…sudah tidak apa-apa. Tapi lain kali jangan diulangi
lagi,ya? Sebagai hukumannya, kamu harus membantu Kak Arin mencuci
piring. Ayo sekarang," ujar Ibu tampak tidak lagi marah.
"Iya deh, Bu. Tapi habis itu Dinda mau memulai bikin kuenya, ya?"
Sehabis membantu Kak Arin mencuci piring, Dinda langsung memulai
membikin kue stroberi, sementara Ibu dan Kak Arin memasak nasi kuning.
Sore telah tiba. Pesta kejutan untuk Ayah sudah dipersiapkan semua. Kue
tart stroberi buatan Dinda ditata sangat apik di meja kecil dan dihiasi bungabunga
kecil serta lilin. Masakan Ibu dan Kak Arin juga telah dihidangkan
dengan penuh variasi. Ibu, Kak Arin, dan Dinda sudah rapi dan siap menunggu
kedatangan Ayah.
Terdengar suara derit pintu yang dibuka. Ayah memasuki ruang tamu.
Serempak Ibu, Kak Arin, dan Dinda meneriaki ucapan selamat ulang tahun.
Ayah sangat terkejut dan seketika keletihan di wajahnya sirna, serta merta
berubah ceria. Ibu, Kak Arin, dan Dinda bergantian menyalami dan mencium
pipi Ayah. Juga tak lupa memberikan ucapan doa dan harapan.
"Terima kasih sekali ya untuk istri dan putri-putri ayah tercinta. Ayah
benar-benar tidak menduga ini. Kalian memang pintar membuat kejutan,"
kata Ayah dengan mata berkaca-kaca. Ayah tambah terkesima ketika melihat
sebuah kue tart bertaburan stroberi merah kesukaannya di atas meja.
"Siapa yang membuat kue ini? Indah sekali dan sepertinya sangat lezat.
Ayah jadi ingin cepat-cepat mencobanya," kata Ayah gembira.
Kegiatan 95
Tugas 5.3
"Ya, Ayah, ini kue stroberi khusus untuk Ayah. Stroberi kasih sayang, Dinda
yang punya ide dan membuatnya untuk Ayah," jawab Dinda.
Ayah tampak sangat terharu. Dia tak menduga putri manjanya itu akan
memberikan kado istimewa untuknya.
Ayah kemudian meniup lilin dan memotong kuenya. Potongan pertama untuk
Ibu, lalu Kak Arin, dan terakhir untuk Dinda.
Sumber: Suara Merdeka, 5 Januari 2007
Pertanyaan:
1. Apakah keistimewaan yang ditampilkan dalam cerita tersebut?
2. Apakah tema yang diangkat dalam cerita tersebut tergolong baru?
3. Apakah cerita tersebut pernah kamu alami?
4. Berilah bukti yang menunjukkan watak para tokoh dalam cerita tersebut!
5. Apa amanat yang ingin disampaikan dalam cerita tersebut?
1. Bacalah salah satu buku cerita di perpustakaan!
2. Berikan komentar dengan cara:
a. memahami jalinan cerita atau alur;
b. memahami perwatakan atau sifat-sifat para pelakunya;
c. memahami pesan atau amanat dalam cerita tersebut.
3. Susunlah hasilnya untuk dibuat kliping dan disumbangkan ke perpustakaan!
D Menulis Kembali Dongeng
Tujuan pembelajaran:
Setelah mempelajari materi pada subbab ini, kamu diharapkan dapat:
1. menentukan pokok-pokok dongeng,
2. menulis dongeng berdasarkan urutan pokok-pokok dongeng,
3. menceritakan dongeng yang telah ditulis.
Membaca atau mendengarkan dongeng, tentu sering kamu lakukan? Dongeng
merupakan salah satu jenis karya sastra lama yang disebarluaskan dari mulut ke mulut.
Beberapa jenis dongeng, antara lain:
1. Fabel, yaitu dongeng berisi cerita dengan tokoh binatang yang berperilaku seperti
manusia, misalnya Kancil dan Siput, Katak Hendak Jadi Lembu, dan sebagainya.
96 Aktif Berbahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs
2. Legenda, yaitu cerita tentang asal mula terjadinya suatu tempat, misalnya Rawapening,
Banyuwangi, Batu Belah Batu Betangkup, dan sebagainya.
3. Mite, yaitu cerita tentang makhluk halus atau dewa-dewa dan erat kaitannya dengan
kepercayaan masyarakat, misalnya Nyai Rara Kidul.
4. Sage, yaitu cerita tentang kepahlawanan, misalnya Ramayana, Hang Tuah, dan
sebagainya.
Di daerahmu tentu juga banyak dongeng yang berkembang. Dapatkah kamu
menyebutkan beberapa di antaranya?
Kali ini, kamu akan berlatih menuliskan kembali dongeng yang kamu baca. Beberapa
langkah yang dapat dilakukan, antara lain:
1. memahami alur cerita;
2. menuliskan pokok-pokok cerita;
3. mengembangkan pokok-pokok cerita menjadi dongeng.
Bacalah dongeng berikut dengan saksama!
Grendi dan Pohon Pir yang Baik
Hadi Pranoto
Dahulu kala, ada seorang anak lelaki kecil yang suka bermain di bawah
pohon pir besar. Anak itu bernama Grendi. Hampir setiap hari, ia memanjat
pohon pir dan naik sampai ke ujung batangnya. Lalu memakan buahnya dan
tidur-tiduran di bawah pohon pir yang rindang. Grendi sangat sayang pada pohon
pir itu. Demikian pula pohon pir, juga sangat sayang pada Grendi.
Waktu terus berlalu. Grendi kini semakin besar. Ia tidak lagi bermain dengan
pihon pir sahabatnya. Pohon pir itu sangat sedih. Namun, dengan setia pohon
itu terus menunggu kedatangan Grendi. Sampai suatu hari, dengan wajah sedih
dan murung Grendi mendatangi pohon pir itu lagi.
"Jangan sedih. Ayo bermain bersamaku," pinta pohon pir.
"Aku bukan anak kecil lagi. Sudah tidak pantas lagi memanjat pohon," jawab
Grendi. "Aku ingin membeli mainan seperti punya teman-temanku, tapi aku tak
punya uang untuk membelinya," pohon pir ikut merasa sedih. "Aku pun tak
punya uang untuk membantumu. Tetapi kau boleh memetik semua buah pirku
dan menjualnya ke pasar. Kau bisa membeli mainan dengan uang itu," kata
pohon pir.
Grendi sangat senang mendengarkannya. Ia segera memanjat pohon pir
dan mulai memetiki buah-buahnya. Buah-buah pir itu dijualnya dan uangnya ia
belikan mainan.
Akan tetapi, setelah memiliki mainan, Grendi pun asyik bermain dengan
teman-temannya. Ia kembali lupa mengunjungi pohon pir sahabatnya. Pohon
pir itu kembali merasa sedih dan kesepian.
Setelah bertahun-tahun, Grendi mulai dewasa. Ia kembali mengunjungi
pohon pir. Pohon pir itu sangat gembira saat melihat Grendi datang.
Kegiatan 97
"Ayo bermain-main kembali bersamaku," kata pohon pir itu.
"Aku tak punya waktu" jawab Grendi. "Aku harus mengurus dan menghidupi
keluargaku. Kami butuh rumah untuk tempat tinggal. Maukah kau menolongku?"
tanya Grendi memohon.
"Oh…, sayang sekali aku pun tak punya rumah. Tapi kau boleh menebang
semua dahan ranting-rantingku untuk membuat rumah untuk keluargamu," jawab
pohon pir.
Dengan gembira Grendi menebang semua dahan dan ranting pohon itu
sampai pohon itu kelihatan gundul. Meskipun begitu, pohon pir itu sangat senang
karena bisa membantu Grendi. Setelah itu, Grendi tidak pernah lagi mengunjungi
pohon pir. Pohon pir itu kembali sedih dan kesepian.
Pada suatu musim panas, kembali Grendi mendatangi pohon pir. Pohon pir
dengan sukacita menyambut kedatangan Grendi.
"Ayo bermain bersamaku," pintanya.
"Aku sedih. Aku sudah tua. Aku ingin hidup tenang dan menikmati hidup,"
jawab Grendi dengan lesu.
"Lalu…? Apa ada yang bisa aku bantu?" tanya pohon pir itu.
"Aku ingin bisa berlibur dan berlayar ke tempat lain. Maukah kau memberi
aku sebuah kapal untuk berlayar?" tanya Grendi.
"Aduh …Maaf. Aku tak punya kapal untuk kuberikan padamu. Tapi kau
boleh memotong tubuhku dan memakainya untuk membuat kapal yang kau
inginkan," jawab pohon pir.
"Pergilah berlayar dan bersenang-senanglah," sambungnya lagi. Grendi
kemudian menebang batang pohon pir
itu dan membuat kapal. Ia segera pergi
berlayar ke tempat yang diinginkannya
dan tidak pernah mengunjungi pohon pir
itu lagi.
Akhirnya setelah bertahun-tahun,
Grendi kembali mengunjungi pohon pir.
"Maaf Anakku," kata pohon pir.
"Aku sudah tidak punya apa-apa lagi
untuk diberikan padamu."
"Tidak apa-apa. Aku pun sudah tidak
punya gigi untuk menggigit buahmu,"
jawab Grendi.
"Aku juga sudah tidak punya batang
dan dahan lagi untuk kau panjat," kata
pohon pir.
"Aku pun sudah terlalu lemah untuk
memanjat pohon," jawab Grendi.
98 Aktif Berbahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs
Latihan 5.4
"Aku benar-benar sudah tidak punya apa-apa lagi sekarang. Yang tersisa hanya
tinggal akar-akarku yang sudah tua dan sekarat," kata pohon pir itu sambil meneteskan
air mata.
"Aku pun sudah tidak memerlukan apa-apa lagi dalam hidupku. Aku hanya
memerlukan tempat beristirahat di masa tuaku. Aku sangat lelah setelah sekian lama
meninggalkanmu," jawab Grendi.
"Oohh…, bagus sekali. Tahukah Anakku, akar-akar pohon yang tua adalah tempat
terbaik untuk berbaring dan beristirahat. Mari, marilah berbaring di pelukan akarakarku
dan beristirahatlah dengan tenang."
Grendi pun beristirahat dan merebahkan tubuhnya di akar-akar pohon pir tua itu.
Pohon pir itu sangat senang sekali dan tersenyum sambil tiada hentinya menitikkan air
mata. Pohon itu bagaikan orang tuanya yang bersedia memberikan apa pun yang
mereka miliki untuk kebahagiaan anak-anaknya.
Sumber: Bobo, 17 Juni 2004
Jika kamu cermati, dongeng tersebut memiliki amanat tentang suatu pengorbanan yang
sangat mulia untuk suatu hal yang bermanfaat. Adapun pokok-pokok isi dongeng tersebut
dapat kamu perhatikan dalam tabel berikut.
No. Urutan paragraf Pokok-pokok isi dongeng
1. Pertama Masa kecil Grendi
2. Kedua Masa dewasa Grendi
3. Ketiga Masa tua Grendi
Bacalah dongeng berikut dengan saksama! Setelah itu, jawablah pertanyaanpertanyaan
yang mengikutinya!
Rumah Cangkang dan Sayap Pelangi
Oleh Laila Fitroh
Di bawah pohon flamboyan yang sedang berbunga, berteduh seekor kurakura.
Ia tampak sedih. Air matanya menetes membasahi pipinya yang mungil dan
putih. Ia tak sanggup mengusap air matanya karena keempat kakinya yang
pendek tak kuasa menyentuh kepalanya.
"Kenapa kamu menangis, Ra?" tanya seekor kupu-kupu yang kebetulan
melintas. Sayap kupu-kupu itu sangat indah. Semua warna pelangi ada
padanya. Dia biasa dipanggil Furi.
Kegiatan 99
"Furi, aku bosan jadi kura-kura. Lihat jalanku makin lama makin lambat karena
aku harus menggendong cangkang ini ke mana pun aku pergi. Huh! Berat sekali
rasanya. Aku capek. Andai aku kupu-kupu sepertimu pasti menyenangkan. Aku
bisa terbang ke mana pun aku suka. Tubuhmu begitu ringan dan sayapmu begitu
cantik. Hu…hu…hu…," Rara menangis.
"Aku iri padamu Furi. Aku iri sekali. Hu-hu-hu," Rara menangis lagi.
"O,jadi itu yang membuatmu menangis. Sekarang diamlah, Ra. Aku akan
menghiburmu dengan tarian kupu-kupuku. Diam ya?” hibur Furi yang
kemudian mulai menari. Sayap-sayap indah pelanginya dikepak-kepakkan.
Tubuh jingganya meliuk-liuk. Sejenak ia mengambang di udara, lalu menari
berputar dan hinggap di kelopak mawar. Alangkah indahnya tarian Furi.
Anehnya, tangis Rara semakin kencang. Furi menjadi heran dan bingung
melihat tingkah Rara.
"Lho, dihibur, kok, malah keras nangisnya. Diamlah Rara! Bergembiralah.
Tra-la-la! Mari menyanyi!"
"Hu…hu…hu melihat tarianmu itu aku semakin iri. Hu…hu…hu…andai
aku kupu-kupu sepertimu, aku pasti bisa menari sepertimu. Hu…hu…hu…"
"Dasar cengeng! Diamlah, Rara! Kamu kan sudah besar! Apa kamu tidak
malu merengek-rengek seperti itu? Sudah besar, kok, nangis. Harusnya kamu
malu!" Terdengar sebuah suara. Furi dan Rara kaget. Ia tidak melihat siapasiapa
selain mereka berdua, tapi suara itu bukan suara Rara maupun Furi.
Rara menengok ke kiri dan kanan. Tidak ada siapa-siapa. Rara memutar
badan, menoleh ke belakang. Tidak ada siapa-siapa.
"Hei, perlihatkan dirimu, siapa kamu?" tanya Furi.
"Aku di sini Furi. Aku di atas cangkang Rara. Masak sih kamu tidak
lihat?" ternyata dia seekor bunglon yang biasa dipanggil Pilon. Pantas dia
tidak kelihatan. Ia memang bisa mengubah warna kulit tubuhnya sesuai tempat
yang dihinggapi. Kini Furi bisa melihat keberadaan si Bunglon.
"Rara, aku kasih tau ya, semua makhluk di dunia ini memiliki kekurangan
dan kelebihan masing-masing. Jadi, kamu jangan iri pada kelebihan yang
dimiliki Furi. Lebih baik kamu mencari tahu apa kelebihanmu. Pasti ada,"
kata Pilon.
"Pilon, kamu bisa bilang begittu karena kamu bukan kura-kura sepertiku.
Coba bayangkan jika ke mana-mana kamu harus menyeret cangkang seberat
ini. Kamu pasti akan menderita sepertiku. Kamu pasti akan menangis.
Hu…hu…hu…!"
"Tapi kamu juga mempunyai banyak kelebihan kan? Kamu bisa
menyelam ke dalam air. Apa itu tidak menyenangkan? Kamu bisa melihat
keindahan pemandangan di dalam air, sedangkan Furi atau aku hanya bisa
melihat keindahan alam di darat saja!" Setelah berkata demikian, Pilon
meloncat dari atas cangkang Rara menuju ke sebuah batu yang terletak persis
di depan mata Rara. Sekujur badan Pilon serta merta berwarna hitam sehitam
batu kali di depan Rara. Rara masih menangis tersedu-sedu. Hingga
terdengarlah suara petir menggelegar. Bunyi petir itu mengalahkan
100 Aktif Berbahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs
suara tangis Rara. Langit mendung, gelap, matahari tertutup awan pekat. Lalu
tampak cahaya kilat di angkasa yang disertai tiupan angin kencang.
Furi goyah diterpa angin. Ia berusaha tapi angin semakin kencang. Bahkan
kelopak mawar, tempat Furi hinggap, lepas terbawa angin. Furi terseret angin. Ia
tak ubahnya selembar bulu yang tertiup angin kencang.
"Tolong aku! Tolong aku! Tolooong!" Meski Furi telah berteriak-teriak minta
tolong, Pilon dan Rara tak bisa berbuat apa-apa. Mereka hanya bisa melihat Furi
terbawa angin. Tak lama kemudian hujan turun dengan derasnya. Udara terasa
sangat dingin. Rara menyembunyikan kepala, keempat kaki,dan ekornya ke dalam
cangkangnya. Kini, Rara sangat hangat. Sementara Pilon menggigil kedinginan.
Dalam cangkangnya Rara teringat pada apa yang dikatakan Pilon bahwa
semua makhluk di dunia ini memiliki kekurangan dan kelebihan masingmasing.
Rara membayangkan seandainya dia seekor kupu-kupu seperti Furi.
Wah, kini pasti sudah kehujanan, basah kuyup. Sayap-sayapnya yang cantik
jadi sulit digerakan. Setelah berpikir demikian, Rara sadar. Tak ada gunannya
iri pada kelebihan yang dimiliki Furi.
Hujan berangsur-angsur reda. Perlahan-lahan sinar matahari datang. Rara
menggeliat. Oah! Betapa enaknya jadi kura-kura. Rara menggeliat lagi. Oah! Lalu
kepalanya keluar dari cangkang dan melihat ke atas. Wah, ada bianglala, pelangi
yang indah, bagaikan sayap kupu-kupu raksasa. Cantik!
"Pilon, lihat ke atas! Ada pelangi, tuh," teriak Rara.
"Ya, aku tahu," jawab Pilon sambil mengibas-kibaskan kepalanya yang basah.
Tubuh dan ekornya bergetar. Pilon masih kedinginan.
"Eh,ngomong-ngomong, apa kamu masih ingin seperti Furi?" tanya Pilon. "Apa
kamu masih iri pada sayap cantik Furi? Masih ingin bisa terbang? Masih bosan
menjadi kura-kura?" lanjut Pilon.
Rara menggeleng lemah sembari tersenyum malu.
"Aku tidak iri lagi pada Furi, tapi aku tetap sedih karena kehilangan teman
secantik Furi. Aku harap ia baik-baik saja," kata Rara lirih.
Rara dan Pilon sama-sama terdiam. Lama sekali, sambil memandangi
indahnya pelangi di atas cakrawala. Dalam diam mereka berdoa agar Furi
tidak celaka dan bisa menikmati indahnya pelangi. Lalu terdengar teriakan
dari kejauhan,"Aku datang! Aku datang! Aku datang!"
"Ah, Furi datang," Rara dan Pilon saling berpandangan. Furi tampak bugar
dan berseri, seakan tak pernah sedih dan merasa sakit. Padahal ia tadi terembus
angin kencang. Kini, Furi datang bersama teman-temannya. Banyak sekali.
Semuanya bersayap seindah pelangi. Menari-nari di udara bebas. Udara terasa
sejuk segar. Langit terang, Matahari mengintip di balik awan seolah memberi
kesempatan pada bianglala untuk menampakkan diri lebih lama.
Kegiatan 101
Tugas 5.4
Situs Bahasa
Bianglala laksana kupu-kupu yang banyak. Terbang mengambang di
sekeliling awan. Menjalin sebuah selendang bidadari yang melambai-lambai
di udara bebas. Awan-awan tampak seperti kura-kura raksasa berwarna putih.
Bergerak lambat mengiringi tarian kupu-kupu. Indah sekali.
Sumber: Yunior, 5 Agustus 2007.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jelas!
1. Tentukan pokok-pokok isi dongeng tersebut secara urut!
2. Kembangkanlah pokok-pokok isi dongeng tersebut menjadi dongeng!
3. Sampaikan dongeng yang telah kamu olah kembali tersebut ke depan kelas!
1. Simaklah dongeng di radio atau televisi maupun media cetak!
2. Tulislah kembali dongeng tersebut dengan langkah-langkah yang runtut!
Menggunakan Kata Acuan, Kata Sapaan, dan Kata Gelar
Perhatikan kalimat berikut!
1. Apakah Ibu pernah berkunjung ke negeri seribu bumbu?
2. Titipan Bu Sadino akan segera saya berikan pada Ibu hari ini.
3. Di pesta pernikahan Dimas dan Laras, hadir seorang ibu yang sangat misterius.
Ketiga kalimat di atas menggunakan kata kekerabatan, yaitu Ibu. Pada kalimat (1) kata
ibu ditulis dengan huruf kapital, pada bagian awal karena sebagai kata sapaan. Pada kalimat
(2) kata tersebut merupakan kata acuan, yakni kata yang digunakan untuk menyebut orang
ketiga dan penulisannya diawali dengan huruf kapital. Adapun pada kalimat (3) kata
tersebut ditulis dengan huruf kecil karena murni sebagai kata kekerabatan. Kata tersebut
jika diikuti dengan nama diri, maka ditulis dengan huruf kapital. Misalnya Bapak
Widodo, Paman Karta, dan sebagainya
Kata gelar biasanya digunakan untuk profesi maupun nama yang diikuti oleh
gelar baik pendidikan maupun jabatan. Apabila diikuti oleh nama, maka penulisannya
diawali dengan huruf kapital. Perhatikan contoh berikut!
1. Anak penjual bakso itu berhasil menjadi insinyur.
2. Kepada Bapak Camat, kami persilakan.
3. Anak-anak berangkat didampingi Bapak Kepala Sekolah.
4. Penelitian itu dipimpin oleh Profesor Khairani.
102 Aktif Berbahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs
Latihan 5.5
Rangkuman
A. Carilah kata-kata acuan, sapaan, dan kekerabatan dalam cerita berikut!
1. Kue Tart Stroberi
2. Grendi dan Pohon Pir yang Baik
B. 1. Tentukan kata kekerabatan, kata acuan, kata sapaan atau kata gelar dalam
kalimat berikut!
a. Lapor Komandan, pasukan siap diberangkatkan!
b. "Jadi, selama ini adik saya berada di rumah Adik?
c. Beberapa minggu yang lalu saudara Eka datang dari Jakarta.
d. Para wali kota mengikuti upacara yang dipimpin langsung oleh Gubernur.
e. Cari siapa Kak, kok, bingung begitu?
2. Perbaiki penulisan kata-kata yang dicetak miring berikut!
a. Jika anda taat hukum, sebaiknya tinggalkan tempat ini!
b. Cepatlah kemari, nak! Lihatlah pohon yang kau tanam dulu!
c. Apakah saudara tidak melihat pengumuman di sekolah ini?
d. Hari ini Aminah akan diwisuda menjadi Sarjana Kedokteran.
e. Wali kelas kami seorang ibu guru yang cantik dan anggun.
3. Gunakan kata-kata berikut sebagai kata sapaan atau gelar dalam kalimat
dengan penulisan yang benar!
a. insinyur f. direktur
b. nenek g. kakak
c. paman h. guru
d. saudara i. presiden
e. suster
1. Dalam mendengarkan berita untuk disampaikan kembali sebaiknya diikuti
dengan kegiatan menyimpulkan isi berita tersebut. Sementara itu, dalam
menyampaikan laporan hasil mendengarkan berita, perlu diperhatikan topik
utama informasi, waktu, dan tempat terjadinya, serta hasil penyerapan
informasi.
2. Beberapa langkah yang dapat dilakukan dalam menceritakan pengalaman
adalah sebagai berikut.
a. Mengingat peristiwa yang pernah dialami.
b. Memilih pengalaman yang akan diceritakan.
Kegiatan 103
Uji Kompetensi
c. Menulis pokok-pokok peristiwa yang dialami dengan memerhatikan:
1) waktu dan tempat peristiwa tersebut terjadi;
2) orang-orang yang terlibat dalam peristiwa tersebut;
3) perasaan yang dialami saat itu;
4) ringkasan peristiwa.
3. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memahami suatu cerita adalah
sebagai berikut.
a. Memahami jalinan cerita atau alur.
b. Menelusuri perwatakan atau sifat-sifat para pelakunya.
c. Menemukan pesan atau amanat dalam cerita tersebut.
4. Beberapa langkah yang dapat dilakukan dalam menulis kembali dongeng yang
dibaca, antara lain.
a. memahami alur cerita;
b. menuliskan pokok-pokok cerita;
c. mengembangkan pokok-pokok cerita menjadi dongeng.
A. Berilah tanda silang (X) huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang benar!
1. Informasi yang melimpah kadang tidak dibarengi dengan kemampuan untuk
mengakses secara cepat dan praktis, kapan saja dan di mana sana. Bila akses
itu telah diperoleh, acapkali info yang diterima masih disangsikan akurasinya.
Padahal, tidak jarang info tersebut amat penting untuk kebutuhan Anda dan
bagi pengambilan keputusan yang mesti ditentukan saat itu juga. Untuk itu,
solusi akan kebutuhan akses informasi yang praktis, cepat, dan akurat pun
menjadi hal yang mutlak.
Isi pokok berita tersebut adalah ….
a. cara mengakses berita secara cepat dan praktis
b. keakuratan informasi acapkali disangsikan
c. pentingnya informasi bagi pengambilan keputusan
d. akses informasi yang praktis, cepat, dan akurat mutlak diperlukan
2. Aktivitas warga kelurahan Pedurungan Kidul memang sangat tinggi.
Maklum, sebagian besar penduduknya adalah pekerja. Kendati demikian,
aktivitas pribadi mereka, tak mengurangi aktivitas lain untuk memajukan
wilayahnya.
104 Aktif Berbahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs
Lihatlah, bagaimana dalam setiap pekan selalu saja ada kegiatan sosial
yang dilakukan warga. Seperti posyandu terpadu, yang di dalamnya juga
ada kegiatan pemberdayaan warga usia lanjut (lansia), rumah pintar, forum
kesehatan kelurahan siaga, berkebun, beternak, dan masih banyak lagi
kegiatan kemasyarakatan yang benar-benar telah menciptakan soliditas dan
kebersamaan di antara mereka.
Berikut pokok-pokok isi berita dalam wacana tersebut, kecuali ….
a. Aktivitas warga Pedurungan Kidul
b. Mayoritas mata pencaharian warga Pedurungan Kidul
c. Kegiatan akhir pekan menciptakan soliditas dan kebersamaan
d. Sektor penghijauan tidak dimasukkan dalam jadwal akhir pekan
3. Berikut tidak termasuk langkah sederhana dalam menyampaikan pengalaman
adalah ….
a. menulis pokok-pokok peristiwa yang dialami
b. menyusun urutan pengalaman secara acak
c. mengingat-ingat peristiwa yang dialami
d. memilih pengalaman yang paling mengesankan
4. Hal-hal yang tidak perlu dicatat dalam menceritakan pengalaman adalah ….
a. perasaan yang dialami saat kejadian tersebut
b. waktu dan tempat peristiwa tersebut terjadi
c. tanggapan orang-orang yang mendengarkan cerita
d. orang-orang yang terlibat dalam peristiwa tersebut
5. Baru kali ini aku menginjakkan kaki di tempat mewah seperti ini.
Kuperhatikan satu per satu undangan yang hadir. Di bola mataku mereka
adalah bocah-bocah kecil seperti 25 tahun yang lalu. Sekarang mereka sudah
menjadi orang yang berhasil. Tiba-tiba dari arah belakang ada yang
menyalamiku dengan penuh hormat. Penampilannya sangat rapi dan
berwibawa.
"Ayo, Pak! Tebak siapa saya?" katanya sambil tertawa lebar.
"Hendro..kan?"
"Betul, Pak!" jawab Hendro.
"Ini dia yang punya ide mengumpulkan teman-teman untuk acara ini,"
begitu komentar yang lain.
Tema cerita tersebut adalah ….
a. reuni c. kesenjangan sosial
b. persahabatan d. penegakan hukum
6. Kalau kupikir-pikir, Bapak memang sedikit berbeda dengan para tetangga
yang umumnya petani. Bapak hobi membaca. Mungkin Bapak adalah petani
dengan jumlah buku terbanyak di desa kami. Beberapa buku tersebut
berbahasa asing. Tapi anehnya rasa penasaranku tak kunjung sirna.
Kegiatan 105
"Mengapa Bapak dan Ibu tidak menjadi pegawai?" buruku.
Kali ini Bapak tertawa, "Sekolah itu bukan mendidik siswanya menjadi
pegawai. Kalau semua menjadi pegawai,lantas siapa yang harus jadi petani?
Justru karena Bapak seorang petani dan Ibu di rumah, kami mudah
membimbingmu."
Pesan yang dapat diambil dari cerita tersebut adalah …..
a. kita harus bersyukur memiliki orang tua petani
b. pendidikan merupakan gerbang menuju sukses
c. hargailah jasa petani di samping pegawai
d. menjadi petani bukan halangan meraih sukses
7. Sudah lama Bapak tinggal di sini.
Kata Bapak ditulis dengan huruf kapital pada bagian awal karena merupakan
kata ….
a. sapa c. gelar
b. tanya d. acuan
8. Kata acuan terdapat dalam kalimat …
a. Kepada Pimpinan upacara, hormat senjata, grak!
b. Egidia memiliki saudara kembar di Bali.
c. Adisa telah berhasil meraih gelar dokter.
d. Sesaat kemudian, Ibu Dewi membawa Karin ke puskesmas.
9. Pak Broto tahu, usaha itu gagal gara-gara bunyi Dingdong yang jatuh
berdentum. Dan juga suara Dong yang bergema begitu keras. Pak Broto
mengambil Dingdong yang terletak di lantai dengan keadaan sangat
menyedihkan. Jarum besarnya yang tinggal satu rontok. Bagian atasnya
hampir lepas. Tak kuasa Pak Broto mengeluarkan air mata sambil memeluk
Dingdong.
Tokoh Dingdong dalam dongeng tersebut adalah sebuah …..
a. mesin jahit c. waker
b. jam dinding d. jarum jahit
10. "Huh, selalu saja akhir yang sama!" Putri Latvia mendesah sambi menutup
buku cerita yang baru dibacanya. Ia berdiri,meletakkan buku tadi di lemari
berisi ratusan buku cerita. Ya, Putri Latvia memang terkenal sangat gemar
membaca buku cerita walau kini ia telah dewasa.
Latar pada dongeng tersebut adalah …..
a. perpustakaan c. sekolah
b. istana d. kerajaan
106 Aktif Berbahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas!
1. Apa gagasan utama berita berikut?
Budaya masyarakat kita masih budaya lisan. Parahnya lagi, budaya ini
tampaknya sudah mengakar di masyarakat. Sesungguhnya kurikulum pendidikan di
sekolah sudah bagus. Sayangnya, belum diimplementasikan secara maksimal.
Melihat kondisi ini Balai Pustaka dan Pusat Bahasa mencanangkan kampanye ”Ayo
Giat Membaca”.
2. Jelaskan letak kemenarikan cerita pengalaman berikut!
Tepat pukul tujuh terdengar suara langkah orang yang menuju kelasku. "Pasti
Bambang" begitu pikirku. Bambang punya kebiasaan terlambat. Kami di dalam
kelas saling pandang, semua kelihatan tegang. Ketika pintu dibuka… byur. Air di
ember tumpah membasahi orang yang masuk itu. Tanpa tunggu aba-aba aku pun
segera melempar telur ke kepala orang itu. Kami pun tertawa terpingkal-pingkal.
Tapi tawa kami tak berlangsung lama. Setelah kami lihat dengan jelas, ternyata
yang masuk kelas bukan Bambang! Tapi Pak Guru, aduh kacau.
3. Buatlah masing-masing dua kalimat menggunakan kata sapa, acuan, dan
kekerabatan!
4. Ceritakan pengalamanmu yang menarik!
5. Dongeng biasanya bersifat fiksi. Apa yang dimaksud fiksi?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar