Jumat, 20 Mei 2011

SARWIJI, BAB 5

Seorang Anak Sedang Berkomunikasi
70 Bahasa Indonesia, Bahasa Kebanggaanku Kelas VII SMP dan MTs
A. Menyimak Dongeng
Setelah kamu mengikuti pembelajaran berikut ini, diharapkan kamu dapat
menunjukkan relevansi dongeng yang didengar dengan situasi sekarang.
Pada pembelajaran yang lalu (Bab IV), kamu dapat menunjukkan relevansi
isi dongeng dengan situasi sekarang. Pada pembelajaran ini kamu akan
mempelajari sekali lagi bagaimana relevansi atau keterkaitan antara isi dongeng,
dan situasi yang ada atau yang terjadi di sekitar kita sekarang ini.
Tutuplah bukumu, salah seorang temanmu akan ditunjuk untuk
membacakan dongeng berikut ini. Perhatikan dengan saksama dan cermat
dongeng yang dibacakan. Sambil mendengarkan, tuliskan hal-hal atau
peristiwa-peristiwa yang ada dalam dongeng yang berkaitan dengan peristiwa
atau kejadian di sekitar kita atau yang pernah kita baca di koran, majalah,
yang pernah kita dengar di radio atau yang pernah kita saksikan di televisi.
1. Mendengarkan Dongeng
Teks Dongeng untuk Dibacakan
Bende Wasiat
Harimau sedang asyik bercermin di sungai
sambil membasuh mukanya. "Hmm, gagah juga
aku ini, tubuhku kuat berotot dan warna lorengku
sangat indah," kata harimau dalam hati.
Kesombongan harimau membuatnya suka
memerintah dan berbuat semena-mena pada
binatang lain yang lebih kecil dan lemah. Si Kancil
akhirnya tidak tahan lagi. "Benar-benar keterlaluan
si harimau!" kata Kancil menahan marah. "Dia
mesti diberi pelajaran! Biar kapok!" Sambil berpikir,
di tengah jalan kancil bertemu dengan kelinci. Mereka berbincang-bincang
tentang tingkah laku harimau dan mencoba mencari ide bagaimana cara
membuat si harimau kapok.
71 Informasi Penting
Setelah lama terdiam, "Hmm, aku ada ide,"
kata si Kancil tiba-tiba. "Tapi kau harus
menolongku," lanjut si Kancil. "Begini, kau
bilang pada harimau kalau aku telah
menghajarmu karena telah menggangguku,
dan katakan juga pada si harimau bahwa aku
akan menghajar siapa saja yang berani
menggangguku, termasuk harimau, karena
aku sedang menjalankan tugas penting," kata
kancil pada kelinci. "Tugas penting apa, Cil?"
tanya kelinci heran. " Sudah, bilang saja begitu, kalau si harimau nanti
mencariku, antarkan ia ke bawah pohon besar di ujung jalan itu. Aku akan
menunggu Harimau di sana." "Tapi aku takut Cil, benar, nih, rencanamu
akan berhasil?" kata kelinci. "Percayalah padaku, kalau gagal jangan sebut
aku si kancil yang cerdik". "Ya, ya. Aku percaya, tapi kamu jangan sombong,
nanti malah kamu jadi lebih sombong dari si harimau."
Si kelinci pun berjalan menemui harimau
yang sedang bermalas-malasan. Si kelinci agak
gugup menceritakan yang terjadi padanya.
Setelah mendengar cerita kelinci, harimau
menjadi geram mendengarnya. "Apa? Kancil
mau menghajarku? Grr, berani sekali dia!!"
kata harimau. Seperti yang diharapkan,
harimau minta diantarkan ke tempat kancil
berada. "Itu dia si Kancil!" kata Kelinci sambil
menunjuk ke arah sebatang pohon besar di
ujung jalan. "Kita hampir sampai, harimau. Aku takut, nanti jangan bilang
si kancil kalau aku yang cerita padamu, nanti aku dihajar lagi," kata kelinci.
Si kelinci langsung berlari masuk dalam semak-semak.
"Hai kancil!!! Kudengar kau mau menghajarku, ya?" Tanya harimau
sambil marah. "Jangan bicara keras-keras, aku sedang mendapat tugas
penting". "Tugas penting apa?" Lalu Kancil menunjuk benda besar
berbentuk bulat, yang tergantung pada dahan pohon di atasnya. "Aku harus
menjaga bende wasiat itu." Bende wasiat apa, sih, itu?" Tanya harimau heran.
"Bende adalah semacam gong yang berukuran kecil, tapi bende ini bukan
sembarang bende, kalau dipukul suaranya merdu sekali, tidak bisa terlukis
dengan kata-kata". Harimau jadi penasaran. "Aku boleh tidak
memukulnya?" Siapa tahu kepalaku yang lagi pusing ini akan hilang setelah
mendengar suara merdu dari bende itu." "Jangan, jangan," kata Kancil.
72 Bahasa Indonesia, Bahasa Kebanggaanku Kelas VII SMP dan MTs
Harimau terus membujuk si Kancil. Setelah agak lama berdebat, "Baiklah,
tapi aku pergi dulu, jangan salahkan aku kalau terjadi apa-apa ya?" kata si
kancil.
Setelah Kancil pergi, Harimau segera memanjat
pohon dan memukul bende itu. Tapi yang terjadi….
Ternyata bende itu adalah sarang lebah!
Nguuuung…nguuuung…..nguuuung sekelompok
lebah yang marah keluar dari sarangnya karena
merasa diganggu. Lebah-lebah itu mengejar dan
menyengat si harimau. "Tolong! Tolong!" teriak
harimau kesakitan sambil berlari. Ia terus berlari
menuju ke sebuah sungai. Byuur! Harimau
langsung melompat masuk ke dalam sungai. Ia akhirnya selamat dari
serangan lebah. "Grr, awas kau Kancil!" teriak Harimau menahan marah.
"Aku dibohongi lagi. Tapi pusingku kok menjadi hilang ya?" Walaupun
tidak mendengar suara merdu bende wasiat, harimau tidak terlalu kecewa,
sebab kepalanya tidak pusing lagi.
"Hahaha! Lihatlah Harimau yang gagah itu lari terbirit-birit disengat lebah,"
kata kancil. "Binatang kecil dan lemah tidak selamanya kalah bukan?" "Aku
harap harimau bisa mengambil manfaat dari kejadian ini," kata kelinci penuh
harap.
Sumber: Elexmedia
Kerjakan tugas ini secara berkelompok yang terdiri atas lima orang.
Tiap-tiap kelompok mencari relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang.
Setiap kelompok harus dapat menemukan relevansi isi dongeng dengan
situasi sekarang sebanyak-banyaknya. Relevansi isi dongeng dapat dilihat
dari karakter tokohnya, jalan ceritanya, atau isinya!
No. Garis Besar Isi Dongeng Peristiwa Sekarang yang Relevan
dengan Isi Dongeng
73 Informasi Penting
B. Menyampaikan Pengumuman
Setelah mengikuti pembelajaran berikut ini, diharapkan kamu mampu:
menjelaskan ragam bahasa pengumuman,
menyampaikan isi pengumuman dengan intonasi yang tepat serta kalimatkalimat
yang lugas dan sederhana.
1. Menyimak Beberapa Pengumuman dan Mengenali Informasi Penting
Setiap jenis pengumuman memiliki ciri yang berbeda. Perbedaan itu
antara lain ada pada informasi yang disampaikan. Informasi yang terdapat
dalam pengumuman penerimaan calon siswa baru berbeda dengan
informasi yang terdapat dalam pengumuman kegiatan kerja bakti.
Berikut ini dengarkan baik-baik pengumuman-pengumuman tentang
suatu kegiatan yang akan diperdengarkan oleh gurumu! Ingat dan catatlah
informasi penting dalam pengumuman yang kamu dengar! Untuk dapat
mencatat hal-hal penting tersebut, ajukan pertanyaan-pertanyaan berikut!
Siapa sasaran yang dituju? Kegiatan apa? Kapan dilaksanakan? Di mana
tempat kegiatan itu dilaksanakan? Siapa pelaksananya? Dalam mencatat
informasi penting tersebut, gunakan format berikut!
No Kegiatan Uraian
1 Sasaran pengumuman ........................................................
2 Kegiatan ........................................................
3 Waktu pelaksanaan ........................................................
4 Tempat pelaksanaan ........................................................
5 Penyelenggara ........................................................
2. Mengamati Ragam Bahasa Pengumuman
Bahasa yang digunakan dalam pengumuman memiliki ragam yang
bermacam-macam, ada yang menggunakan bahasa resmi dan ada pula
yang menggunakan bahasa tidak resmi. Demikian pula ragam bahasa
yang digunakan untuk memulai, menyampaikan isi, dan menutup antara
pengumuman yang satu dengan pengumuman lainnya kadang-kadang
tidak sama.
74 Bahasa Indonesia, Bahasa Kebanggaanku Kelas VII SMP dan MTs
Perhatikan contoh berikut ini!
Bentuklah kelompok dan dengarkan sekali lagi pengumumanpengumuman
yang diperdengarkan gurumu! Fokuskan perhatianmu pada
ragam bahasa yang digunakan dalam membuka, menyampaikan isi, dan
menutup pengumuman! Diskusikan hal-hal di bawah ini!
a. Macam-macam ragam bahasa yang digunakan untuk membuka
pengumuman.
b. Macam-macam ragam bahasa yang digunakan untuk menyampaikan
isi pengumuman.
c. Macam-macam ragam bahasa yang digunakan untuk menutup
pengumuman.
3. Menyampaikan Pengumuman
Tugas
Setelah kamu mengamati beberapa ragam contoh pengumuman tersebut,
sampaikan pengumuman berikut ini dengan intonasi yang tepat serta
menggunakan kalimat-kalimat yang lugas dan sederhana di hadapan
teman-temanmu!
a. Sasaran pengumuman : seluruh siswa kelas VII.
b. Isi pengumuman : dalam rangka memperingati bulan
Bahasa, OSIS akan mengadakan lomba
baca puisi.
c. Waktu pelaksanaan : Sabtu, 28 Oktober 2007, mulai pukul
08.00 - selesai.
d. Tempat : aula sekolah.
Pendahuluan
"Dengan ini kami
beritahukan bahwa …",
"Dalam rangka … kami
beritahukan…", dan
seterusnya.
Isi
"Sehubungan
dengan itu…"
"Untuk itu …"
Penutup
"Demikian pengumuman
ini…"
"Demikian yang dapat
kami informasikan..."
75 Informasi Penting
e. Ketentuan : setiap kelas harus mengirimkan wakilnya
paling sedikit 2 peserta.
f. Pendaftaran :
1) waktu pendaftaran : 5-8 Oktober 2007, setiap hari kerja
2) tempat pendaftaran : sekretariat OSIS.
Sewaktu temanmu menyampaikan pengumuman, berikan penilaian
terhadap penampilan temanmu dengan menggunakan pedoman
penilaian berikut ini!
Pedoman Penilaian
Menyampaikan Pengumuman
No. Aspek Skor
1. Kelancaran
- Sangat lancar, skor 5
- Lancar skor 3
- Sangat tidak lancar skor 1
2. Intonasi, nada, suara, tempo
- Variasi intonasi, suara, dan nada sangat baik
skor 5
- Variasi intonasi, suara, dan nada baik skor 3
- Variasi intonasi, suara, dan nada tidak baik dan
monoton skor 1
3. Penggunaan bahasa
- Bahasa yang digunakan lugas, sederhana, dan
sangat komunikatif skor 5
- Bahasa yang digunakan lugas, sederhana, dan
sedikit kurang komunikatif skor 3
- Bahasa yang digunakan berbelit-belit, dan tidak
komunikatif skor 1
Jumlah
Jumlah Skor x 2
Nilai = = . . . .
3
76 Bahasa Indonesia, Bahasa Kebanggaanku Kelas VII SMP dan MTs
C. Membaca dan Mengomentari Buku Cerita
Setelah mengikuti pembelajaran berikut ini, diharapkan kamu mampu:
mendiskusikan isi dan hal-hal menarik dari cerita anak,
mengomentari buku cerita yang dibaca.
1. Membaca Cerita Anak
Bacalah cerita berikut ini dengan saksama!
Tukang Cukur Sanwe
Sekitar dua ribu tahun sebelum masehi, di negeri China, hiduplah
seorang tukang cukur kaki lima. Ia sangat terampil, efisien, dan juga cukup
terkenal. Dia selalu siap untuk menolong siapa saja. Tetapi karena
pekerjaannya, semua penduduk kota itu memandangnya dengan sikap
merendahkannya.
Pada suatu ketika, datanglah dua orang pengawal kerajaan ke rumah
tukang cukur Sanwe. Mereka disuruh Kaisar supaya Sanwe mau memotong
dan mencukur rambut Kaisar.
Mendengar permintaan tersebut bukannya senang hati Sanwe, tetapi
justru diliputi rasa cemas dan ketakutan yang amat besar. Ini bukanlah
pekerjaan yang mudah dan enak untuk dilakukan karena kepala Kaisar
penuh dengan penyakit koreng. Sudah puluhan tabib dari seluruh penjuru
angin didatangkan, tetapi belum satu pun yang dapat menyembuhkan
penyakit koreng itu.
Sudah banyak tukang cukur yang dipancung. Sebab memang
demikian peraturannya, bahwa setiap tukang cukur yang menyentuh
koreng di kepala Kaisar, baik sengaja atau tidak, sehingga sang Kaisar
kesakitan, tukang cukur tersebut harus dipancung tanpa harus diadili
sebelumnya.
Begitu penduduk kota tahu bahwa tukang cukur Sanwe dipanggil ke
kerajaan untuk mencukur Kaisar, semuanya lantas berbisik. "Sampailah
ajal Sanwe!" Bahkan ada juga beberapa di antaranya yang datang
menyalami tukang cukur Sanwe sebagai tanda turut berbela sungkawa.
77 Informasi Penting
Malam itu tukang cukur Sanwe tidak bisa memejamkan matanya,
karena selalu memikirkan nasib buruknya. Ia mengasah gunting sampai
tajam betul. Kemudian ia berlutut dan berdoa.
"Wahai, para dewa yang ada di langit sana! Tolonglah hambamu yang
hina ini. Besok pagi hamba harus ke kerajaan dan mencukur Sang Kaisar.
Haruskah hamba sendiri?" katanya seraya menangis terisak-isak.
Pada saat itu juga, rupanya Liu Syang Si, satu di antara dewa-dewa,
sedang mengembara di langit di atas kota Sanwe yang gelap gulita. Ia
mendengar doa tukang cukur Sanwe, dan langsung mendarat di bumi. Ia
masuk ke dalam alam mimpi Sanwe.
"Jangan khawatir, Sanwe", demikian kata Liu Syang Si kepada Sanwe.
"Besok ketika kamu tiba di istana dan saat kamu akan memasuki gerbang
kerajaan, kau akan berjumpa dengan seseorang yang sangat mirip dengan
wajahmu. Begitu melihat orang tersebut, segeralah pulang kembali ke
rumahmu."
Pagi-pagi sekali, Sanwe sudah sarapan dengan rasa cemas yang selalu
menghantuinya. Ia tak percaya betul akan perkataan Liu Syang Si di dalam
alam mimpinya semalam. Kemudian, ia segera mengemasi perkakas
cukurnya, dan berangkat ke istana dengan langkah gontai.
Alangkah terkejutnya Sanwe sebelum sampai di gerbang kerajaan, ia
melihat seseorang yang sangat mirip dengannya telah lebih dulu memasuki
gerbang kerajaan. Dengan serta merta ia kembali ke rumah.
Tanpa sepengetahuan Sanwe, sesungguhnya orang yang mirip dengan
dia adalah Liu Syang Si sendiri yang menyamar sebagai Sanwe. Para
pengawal pun tentu tidak bisa membedakannya. Mereka segera menggiring
Liu Syang Si ke hadapan Sang Kaisar.
"Semua tukang cukur yang kupanggil kemari selalu gemetar. Mengapa
engkau tetap tenang dan sama sekali tidak memperlihatkan ketakutanmu,
hai tukang cukur?" tanya Sang Kaisar.
"Hamba tidak perlu takut. Karena hamba bukan saja tukang cukur
yang paling piawai di seluruh kekaisaran ini, tetapi hamba juga seorang
tabib yang sanggup menyembuhkan penyakit koreng Kaisar", jawab Sanwe
palsu.
"Alangkah baiknya jika engkau jaga mulutmu!" kata Kaisar dengan
agak mengancam". Kalau sampai kamu menyentuh penyakit korengku,
bersiap-siaplah untuk segera menyongsong tibanya ajalmu karena para
algojoku tidak pernah gagal memancung kepala orang!"
78 Bahasa Indonesia, Bahasa Kebanggaanku Kelas VII SMP dan MTs
Liu Syang Si menghaturkan sembah. Lalu, mulailah ia mencukur Sang
Kaisar. Ajaib…. Benar-benar ajaib! Karena setiap guntingannya menyentuh
koreng Sang Kaisar, penyakit tersebut langsung sembuh dengan sendirinya.
Melihat dan merasakan hal tersebut, bukan main senang hati Kaisar. Sebagai
tanda terima kasihnya, Kaisar menawarkan emas berbungkal-bungkal
kepada Liu Syang Si.
"Dengan segala sembah sujud, hamba harus mengatakan bahwa hamba
sama sekali tidak tertarik kepada emas, apalagi untuk memilikinya," kata
Sanwe palsu.
"Jadi, apa maumu sebenarnya?" tanya Kaisar dengan heran dan sedikit
tersinggung.
"Kalau Kaisar berkenan, hamba hanya meminta selembar bendera
merah kekaisaran, tak lebih dan tak kurang," Jawab Liu Syang Si dengan
terus menundukkan kepala.
Akhirnya, permohonannya dikabulkan. Liu Syang Si segera menerima
dan membawanya pulang ke rumah Sanwe yang asli dengan berkata, "Kau
tidak perlu takut lagi sekarang. Kibarkan saja selalu bendera merah
kekaisaran ini dikedai cukurmu sehingga semua orang akan mengetahui
bahwa hanya kamulah yang telah berhasil mencukur sekaligus
menyembuhkan penyakit koreng Kaisar."
Setelah berkata demikian, secepat kilat Dewa Liu Syang Si menghilang
tanpa bekas. Itulah sebabnya, sampai sekarang, di negeri China semua
tukang kedai cukur selalu memasang bendera merah untuk menandai
bahwa dia adalah seorang tukang cukur yang piawai
Sumber: Mentari Minggu IV, November 1998
2. Mendiskusikan Isi dan Hal-hal Menarik dari Cerita Anak
Berbagilah menjadi beberapa kelompok! Diskusikan garis besar isi cerita
dan hal-hal menarik dari cerita yang baru saja kamu baca!
Hal-hal yang harus kamu diskusikan antara lain:
b. Garis besar isi cerita
c. Nilai-nilai yang terkandung dalam cerita
d. Tokoh dan wataknya
79 Informasi Penting
3. Mengomentari isi buku cerita anak
Berikan komentar terhadap cerita yang telah kamu baca. Fokuskan
komentarmu pada hal-hal berikut ini!
a. jalan cerita
b. karakter tokoh
c. seting
d. pesan atau amanat
e. tema
D. Menulis Surat Pribadi
Setelah mengikuti pembelajaran berikut ini, diharapkan kamu mampu:
menyebutkan bagian-bagian surat pribadi,
menulis surat pribadi,
memberi tanggapan surat pribadi yang ditulis siswa lain.
Ada kalanya kamu terpaksa harus menulis surat kepada temanmu yang
bertempat tinggal jauh dari kotamu. Surat yang ditujukan kepada temanmu
termasuk surat pribadi yang sifatnya tidak resmi. Surat pribadi berbeda dengan
surat dinas atau surat resmi. Dalam pembelajaran berikut ini, kamu akan
mempelajarai bagaimana menulis surat pribadi yang baik dan benar.
1. Mengamati Contoh Surat Pribadi
Perhatikan contoh surat pribadi berikut!
Batam, 20 Agustus 2007
Yang tersayang
Kakek dan Nenek Wito
Jl. Lawu No 14 Karanganyar
Jawa Tengah
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Keadaan Aminah, Ayah, Ibu, dan Adik di Batam sehat walafiat,
mudah-mudahan Kakek dan Nenek di sana demikian juga.
80 Bahasa Indonesia, Bahasa Kebanggaanku Kelas VII SMP dan MTs
Kakek dan Nenek,
Sebenarnya Aminah sudah kangen sekali ingin menjenguk Kakek
dan Nenek, namun keadaan di Batam sangat menyedihkan. Hutan
seluas 500 hektar di Kalimantan terbakar. Asap putih terus mengepul,
pemandangan alam yang seharusnya menghijau kini beralih menjadi
kuning kecoklat-coklatan akibat daun ilalang yang terbakar.
Kakek dan Nenek,
Saat ini kami belum bisa menjenguk Kakek dan Nenek karena
penerbangan terganggu dan perjalanan laut pun juga mengalami
kendala. Sehari-hari kami harus memakai masker penutup hidung
dan mulut. Wah…. Persis kayak ninja.
Kakek dan Nenek, doakan mudah-mudahan bencana ini cepat
bisa diatasi dan kami bisa hidup normal kembali. Kami sekeluarga
berdoa, mudah-mudahan Kakek dan Nenek selalu sehat dan dalam
lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Kami semua sayang Kakek dan
Nenek.
Wassalam
Aminah
2. Mendiskusikan Bagian-Bagian Surat Pribadi
Diskusikan bersama teman kelompok belajarmu tentang pertanyaanpertanyaan
berikut ini!
a. Unsur apa saja yang ada dalam surat pribadi?
b. Bagaimana susunan letak atau posisi dari unsur-unsur yang harus ada
dalam surat pribadi?
c. Bagaimana ciri-ciri bahasa dalam surat pribadi, dilihat dari aspek
penggunaan diksi, ragam bahasa, dan struktur kalimat?
3. Menulis Surat Pribadi
Tulislah surat pribadi sesuai dengan keinginanmu atau dengan memilih
salah satu dari topik-topik berikut!
a. Kamu baru saja mengunjungi salah satu objek wisata di daerahmu.
Ceritakan objek wisata yang kamu kunjungi tersebut.
81 Informasi Penting
b. Kamu baru saja memesan beberapa barang di sebuah toko dan kamu
sudah membayar lunas semua pesanan itu. Pada hari yang telah
ditentukan, barang tersebut akan diantar. Namun, sampai hari yang
ditentukan, barang tersebut belum diantar. Kamu sudah menunggunya
selama berhari-hari, namun belum diantar juga. Ketika mengecek ke
toko itu, kamu mendapatkan jawaban yang tidak memuaskan dan
urusan menjadi berbelit-belit. Sampaikanlah keluhanmu ini melalui surat
pembaca di harian surat kabar yang terbit di daerahmu.
c. Kamu mempunyai kakek dan nenek yang berada di luar kota. Pada
liburan ini kamu berjanji akan berkunjung ke sana. Oleh karena ada
kegiatan di sekolahmu, pada liburan ini kamu terpaksa tidak dapat
mengunjungi kakek dan nenekmu itu. Sampaikanlah permintaan
maafmu kepada kakek dan nenekmu itu melalui surat!
4. Menyunting Tulisan Sendiri
Sebelum surat kamu kirimkan, suntinglah aspek bahasanya! Tandai
bagian yang harus direvisi. Setelah kamu temukan kesalahan-kesalahannya
tulislah kembali surat itu sehingga tidak ada lagi kesalahan di dalamnya.
Pengayaan
Tulislah surat yang ditujukan kepada tokoh idolamu. Sampaikan semua
perasaan dan kesanmu terhadap idolamu itu. Pilihlah kata-kata yang tepat
untuk mengekspresikan pikiran dan perasaanmu. Jangan lupa gunakan
kata ganti yang tepat agar tetap terjaga sopan santun dalam berbahasa.
Kalau memungkinkan, kirimkan suratmu kepada idolamu dan mintalah
balasan darinya. Tempelkan surat balasan dari idolamu di mading kelas
atau mading sekolah!
Memahami dan Menggunakan Kata Penghubung Antarklausa meskipun
dan sedangkan
Dalam menulis isi surat, baik surat pribadi maupun surat resmi, kita tidak
hanya menggunakan kalimat tunggal. Tidak jarang kalimat majemuk juga
digunakan dalam menulis isi surat. Penulisan isi surat dengan menggunakan
kalimat majemuk kata sambung yang digunakan sesuai dengan isi kalimatnya
harus diperhatikan.
82 Bahasa Indonesia, Bahasa Kebanggaanku Kelas VII SMP dan MTs
a. Kata Penghubung meskipun
Kata Penghubung meskipun digunakan untuk menghubungkan dua
klausa dalam kalimat yang isinya menyatakan pertentangan.
Contoh:
a. Ia tetap berangkat ke sekolah meskipun hujan turun sangat lebat.
b. Meskipun kurang enak badan, Bapak tetap berangkat ke kantor.
Kata penghubung meskipun digunakan untuk menghubungkan dua
klausa dalam kalimat majemuk bertingkat.
b. Kata Penghubung “sedangkan”
Kata sedangkan adalah kata penghubung yang menyatakan
pertentangan yang digunakan sebagai penghubung dua klausa dalam
satu kalimat.
Contoh:
Orang di Pulau Jawa lebih senang memakai kereta api, sedangkan
orang di luar Pulau Jawa lebih sering memakai bus.
Kata penghubung sedangkan digunakan untuk menghubungkan
dua klausa dalam kalimat majemuk setara.
Tugas
1. Buatlah lima kalimat dengan menggunakan kata penghubung
meskipun!
2. Buatlah lima kalimat dengan menggunakan kata penghubung
sedangkan!
1. Buatlah pengumuman yang berisi pemberitahuan kepada semua siswa kelas
VII di sekolahmu bahwa kegiatan pramuka pada Minggu ini ditiadakan
karena para kakak pembina akan mengikuti kegiatan perkemahan!
2. Tulislah surat kepada teman atau saudaramu yang bertempat tinggal jauh
dari tempat tinggalmu. Perhatikan kelengkapan unsur surat dan isi surat.
Gunakan bahasa yang baik dan benar dengan memperhatikan santun
berbahasa.
Uji Kompetensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar