Senin, 23 Mei 2011

maryati sutopo 7, bab 9

103 Pelajaran 9 Kemanusiaan
9 KEMANUSIAAN
A. Menemukan Informasi secara Tepat
Dari Tabel /Diagram
Aspek Membaca
Standar Kompetensi
11. Memahami wacana tulis melalui kegiatan membaca intensif dan
membaca memindai.
Kompetensi Dasar
11.3.Menemukan informasi secara cepat dari tabel/diagram yang
dibaca.
Tabel memuat banyak informasi. Kemampuan memahami
suatu tabel tidak semudah membaca teks bacaan yang bukan
berupa tabel. Ada beberapa langkah yang diperlukan dalam
membaca tabel.
1. Membaca judul tabel tersebut.
2. Menentukan informasi yang ada dalam tabel tersebut.
3. Mengumpulkan dan menghubungkan informasi dari
kanan, kiri, atas, bawah, dan samping isi tabel tersebut.
4. Menyimpulkan informasi tersebut.
Perhatikan dengan saksama tabel berikut ini!
Tabel Kunjungan Wisata Tahun 2004 - 2006
175.680
315.716
230.415
105.715
No.
1.
2.
3.
4.
Jakarta
Bali
Yogyakarta
Manado
Nama Daerah
Jumlah Pengunjung
Tahun 2004 Tahun 2005 Tahun 2006
189.380
186.714
175.652
101.210
186.714
431.632
225.760
117411
103 Pelajaran 1 Sains dan Budaya
104 Bahasa dan Sastra Indonesia SMP/MTs Kelas VII
Tabel tersebut dapat diubah dalam bentuk diagram seperti
berikut ini.
I. Jawablah pertanyaan berikut ini!
1. Pada tahun berapakah kunjungan wisata ke Jakarta
menurun?
2. Daerah manakah yang mendapat kunjungan wisata paling
banyak?
3. Berapa jumlah wisatawan yang hadir ke Indonesia pada
tahun 2004?
4. Daerah manakah yang jumlah pengunjung wisatanya selalu
meningkat dari tahun ke tahun?
5. Lebih banyak manakah jumlah pengunjung daerah Jakarta
dan Yogyakarta selama tahun 2004 sampai dengan 2006?
II. Berikan komentarmu mengenai pernyataan berikut ini!
50
10
150
200
250
300
123
123
123
123
123
123
123
123
123
123
123
123
123
123
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
123
123
123
123
123
123
123
123
123
123
123
123
123
123
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
123
123
123
123
123
123
123
123
123
123
123
123
123
123
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
1234
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
Th. 2004 Th. 2005 Th. 2006 123
123
123
123 12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
12345
Jakarta
Bali
Yogyakarta
Manado
No.
1.
2.
3.
Jumlah wisatawan ke daerah Manado selalu
meningkat.
Jumlah wisatawan ke Yogyakarta tahun 2005
menurun.
Daerah Bali merupakan daerah kunjungan wisata
terbanyak.
Pernyataan S Alasan B
105 Pelajaran 9 Kemanusiaan
III. Lakukanlah kegiatan berikut!
1. Carilah informasi mengenai jumlah siswa yang berkunjung
ke perpustakaan selama tahun 2005, 2006, dan 2007!
2. Buatlah dalam bentuk tabel!
3. Buat pula dalam bentuk diagram!
4. Buatlah 3 pertanyaan mengenai isi tabel tersebut!
5. Buatlah 3 pernyataan mengenai isi tabel tersebut!
6. Kumpulkan dan mintalah penilaian dari gurumu!
Saat ini telepon bukan hal yang asing lagi. Alat ini
memperpendek jarak komunikasi. Jarak yang terbentang jauh,
rasanya bukan masalah lagi. Namun, dalam bertelepon tetap
harus mengingat kesantunannya. Sebaiknya juga menggunakan
kalimat yang efektif.
Coba peragakanlah dialog saat bertelepon berikut!
Penelepon:
Agung Nugraha
Penerima:
Ibu Rusminar
B. Bertelepon
Aspek Berbicara
Standar Kompetensi
10. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman
melalui kegiatan menanggapi cerita dan bertelepon.
Kompetensi Dasar:
10.2.Bertelepon dengan kalimat yang efektif dan bahasa yang
santun.
106 Bahasa dan Sastra Indonesia SMP/MTs Kelas VII
Ibu Rusminar : “Ya, hallo, disini Ibu Rusminar.”
Agung Nugraha : “Maaf, Bu, boleh mengganggu
sebentar?”
Ibu Rusminar : “Ya, ada apa?”
Agung Nugraha : “Begini, Bu. Teman-teman kelas VII A
berencana menengok Bapak Ridwan.
Di rumah sakit mana beliau dirwat, Bu?”
Ibu Rusminar : “Oh, baik sekali. Bapak Ridwan dirawat
di rumah sakit ‘Kasih Ibu’. Ruang
Anggrek No. 18.A.”
Agung Nugraha : “Terima kasih, Bu dan selamat siang!”
Ibu Rusminar : “Selamat siang!”
Berikut ini contoh bahasa yang santun dan kurang santun
1. Bahasa yang kurang santun
a. Gini Bu Guru, aku kan udah bilang nggak bisa ngerjakan
tugas ibu, gimana kalau ibu ngajari aku dulu?
b. Ibu malah sudah lupa, gitu aja kok lupa? Ingat dong
bu? saya kan bekas murid ibu.
2. Bahasa yang santun
a. Begini Bu, Saya belum bisa mengerjakan tugas Ibu.
Apakah ibu dapat membimbing saya lebih dulu?
b. Maaf, apakah ibu masih mengenal saya?
Berikut ini contoh pemakaian bahasa yang efektif dan tidak
efektif.
1. Kalimat tidak efektif
a. Roti ini terbuat daripada tepung, margarin, ovelet?
b. Tolong kenalkan istri saya punya nama Damayanti.
2. Kalimat efektif
a. Apakah roti ini terbuat dari tepung, margarin, dan
ovelet?
b. Perkenalkan istri saya bernama Damayanti.
1. Ubahlah kalimat berikut menjadi santun dan efektif!
a. Situ ada nomornya nggak pak? Kalo ada aku minta ya
pak? Habis, kalau mau tanya tugas yang nggak jelas kan
nggak bisa pak?
107 Pelajaran 9 Kemanusiaan
Aspek Menulis
Standar Kompetensi
16. Mengungkapkan keindahan alam dan pengalaman melalui kegiatan
menulis kreatif puisi.
Kompetensi Dasar
16.2.Menulis kreatif puisi berkenaan dengan peristiwa yang pernah
dialami.
b. Maaf kalau anda ingin lewat sebaiknya masuknya keluar
dari pintu sebelah yang kanan aja. Jangan lupa lho bu.
2. Lakukan kegiatan bertelepon secara berpasangan!
Sebaiknya tidak menggunakan teks. Pilih salah satu dari
tema percakapan berikut ini!
a. Penelepon : Rizka
Penerima : Rani
Tujuan : Mengajak belajar bersama
b. Penelepon : Bapak Ahmat Zulidar
Penerima : Zulfa, putra Bapak Ahmat Zulidar
Tujuan : Menanyakan keadaan putranya yang
sedang mengikuti OSN (Olimpiade
Sains Nasional)
c. Penelepon : Ibu Latifa
Penerima : Ibu Marina
Tujuan : Mengajak menenggok ke rumah sakit
Pada pelajaran yang lalu, kalian telah belajar menulis puisi
tentang keindahan alam. Kali ini kalian akan belajar menulis
puisi berkenaan dengan peristiwa yang pernah dialami. Bahan
menulis puisi berikut ini, gagasannya berasal dari pengalaman.
Perhatikan contoh berikut ini!
1. Saat itu aku akan berangkat sekolah. Seperti biasanya, aku
berjalan kaki karena jarak sekolahku dan rumah tidak
terlalu jauh. Jalan yang kulalui ramai sekali, semua
C. Menulis Puisi
108 Bahasa dan Sastra Indonesia SMP/MTs Kelas VII
Bacalah deskripsi berikut ini!
2. Aku menghambur ke luar kelas. Ingin cepat-cepat sampai
di rumah. Aku ingin menunjukkan hasil ulanganku pada
ibuku. Aku ingin ibuku bangga terhadapku. Ternyata kerja
kerasku selama ini tak sia-sia. Aku dapat nilai matematika
dengan sempurna. Aku bangga ketika teman-teman
memberi julukan padaku profesor kalkulus.
Jika diubah dalam bentuk puisi!
Seandainya Aku Cepat Berlari
Seandainya aku cepat berlari
Nenek itu tak kan terjatuh
Nenek itu tak kan tersakiti
Aku menyesali kelambananku
Nek, maafkan aku
Tak bisa menolongmu!
kendaraan melewati jalan ini. Bus, mobil pribadi, angkutan
umum, sepeda motor, ataupun sepeda biasa. Semua jadi
satu. Dan yang paling ramai, ketika harus melewati
perempatan itu. Kalau semua tidak mau mengalah,
kemacetan tak akan terhindari lagi.
Sampai suatu saat ketika aku berjalan, kulihat dari
kejauhan seorang nenek akan menyeberangi jalan itu.
Kulihat nenek itu sudah maju setengah jalan tetapi tibatiba
berhenti dan mundur ke belakang ... Dan dari
belakang sebuah mobil menyerempet nenek itu. Kulihat
nenek itu terjatuh dan kendaraan terhenti, lalu orangorang
mulai mengerumuni tempat itu. (sumber: Penulis)
Sumber: Penulis
Sumber: Penulis
109 Pelajaran 9 Kemanusiaan
Berdasarkan deskripsi tersebut, lanjutkan puisi berikut ini!
Profesor Kalkulus
Itulan julukanku
Ketika aku ....
..............................................
..............................................
..............................................
..............................................
..............................................
Ternyata mudah bukan menulis puisi itu. Pengalaman adalah
guru yang terbaik, dan pengalaman banyak sekali, bukan? Nah,
tulislah pengalamanmu dalam bentuk puisi!
1. Tentukan sebuah pengalamanmu, lalu deskripsikanlah!
Selanjutnya, ubahlah menjadi sebuah puisi!
Deskripsi pengalaman ketika kalian berulang tahun.
Ulang Tahunku
Hari itu aku bangun pagi seperti biasa. Aku membantu
ibuku telebih dahulu. Kurapikan tempat tidur, menyapu lantai,
dan mengisi bak mandi ................................................................
........................................................................................................
........................................................................................................
........................................................................................................
........................................................................................................
........................................................................................................
........................................................................................................
........................................................................................................
........................................................................................................
110 Bahasa dan Sastra Indonesia SMP/MTs Kelas VII
2. Setelah kalian mendiskripsikan dalam bentuk prosa, lalu
tulislah dalam bentuk puisi!
Ulang Tahunku
Ku sambut mentari pagi
Ada yang istimewa kali ini
............................................................................................
............................................................................................
............................................................................................
............................................................................................
............................................................................................
............................................................................................
............................................................................................
............................................................................................
............................................................................................
Oleh: ...................................
3. Tulis kembali di kertas dan berilah hiasan!
4. Tempelkan di dinding sekolahmu atau di kamarmu!
Ternyata bangga, bukan?
Kalian telah jadi penyair.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar