Jumat, 20 Mei 2011

Sarwiji, bab 2

Satelit Mata-Mata
22 Bahasa Indonesia, Bahasa Kebanggaanku Kelas VII SMP dan MTs
A. Menuliskan Kembali Berita yang Dibacakan
Setelah pembelajaran berikut ini kamu diharapkan dapat:
menjelaskan isi berita dengan berpedoman pada 5 W 1 H,
menuliskan kembali isi berita.
Pada pembelajaran terdahulu, kamu telah dapat menyimpulkan isi berita
yang dibacakan gurumu. Untuk mengetahui seberapa jauh pemahamanmu
terhadap isi sebuah berita, dengarkan berita yang akan dibacakan temanmu
atau gurumu kemudian tuliskan isi berita tersebut dalam beberapa kalimat
dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini!
1. Mengenali Isi Berita Berpedoman pada Kata Tanya 5 W 1 H
Sebuah berita biasanya ditulis dengan berpedoman pada kata bantu
tanya 5 W + 1 H (what, were, when, who, why, how). Kata bantu tanya itu
menanyakan apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana. Amati
dan cermatilah berita-berita yang disiarkan di televisi, radio, atau yang ditulis
di surat kabar. Siaran atau tulisan isi berita itu pada garis besarnya
merupakan jawaban atas pertanyaan (5W + 1 H).
2. Menuliskan Isi Berita ke Dalam Beberapa Kalimat
Tutuplah bukumu, kemudian simaklah dengan saksama berita yang
akan dibacakan oleh temanmu atau gurumu berikut ini.
Jepang Luncurkan Satu Set Satelit Mata-mata
Jepang meluncurkan kembali satelit
mata-matanya yang keempat, untuk
meningkatkan kemampuan potensi
pantau ancaman-ancaman termasuk dari
Korea Utara, yang telah melakukan uji
coba rudal dan bom nuklir di kawasan ini.
Roket H-2A, yang ditunda tiga kali
karena cuaca buruk, akhirnya diluncurkan
dari pulau selatan Tanegashima, membawa
satelit radar yang akan bergabung dengan
dua satelit optik dan satelit radar lainnya,
yang sudah beroperasi.
23 Teknologi
Dengan ditunjang penuh oleh empat satelit itu, Jepang akan
berkemampuan memantau berbagai kejadian di bumi setiap hari, kata para
pejabat pemerintah.
Program satelit mata-mata Jepang dimulai setelah Korea Utara
meluncurkan rudal balistik pada tahun 1998, yang melintas di atas wilayah
udara Jepang.
Program kemudian ditangguhkan pada tahun 2003, ketika sebuah roket
yang membawa dua satelit membelok dan hancur sebagai bola api yang
spektakuler.
Korea Utara mendorong ketegangan kawasan tahun lalu, ketika
Pyongyang melakukan uji coba nuklir pada Oktober, setelah meluncurkan
uji coba rudal pada Juli.
Pada Januari, China menghancurkan salah satu dari beberapa satelit
yang dimilikinya dengan penembakan rudal balistik ke arahnya, dalam
suatu percobaan yang memicu kecaman di seluruh dunia.
Sementara itu, para ilmuwan luar angkasa Jepang sejak lama
mengajukan komplain bahwa kemampuan teknik negaranya jauh di
belakang karena sejak resolusi parlemen 1969 Jepang membatasi
penggunaan angkasa untuk maksud damai.
Partai Liberal Demokrat (LDP) Perdana Menteri Shinzo Abe yang
berkuasa tampaknya akan mengajukan rancangan undang-undang pada
persidangan parlemen saat ini, yang akan menyingkirkan peraturanperaturan
serta mengizinkan penggunaan angkasa bagi keperluan militer
non-agresif, kata pejabat-pejabat LDP.
Roket yang diluncurkan Sabtu juga membawa satelit optik eksperimen,
yang dimaksudkan untuk meningkatkan peringkat dalam memperoleh detil
dari satelit-satelit generasi mendatang.
Pada saat ini, satelit-satelit Jepang berkemampuan melihat dengan jelas
objek-objek dengan garis tengah satu meter atau lebih, sedangkan satelit
militer AS berkemampuan memantau objek-objek sepersepuluh dari
besarannya.
Sumber: Republika, Sabtu, 24 Februari 2007
24 Bahasa Indonesia, Bahasa Kebanggaanku Kelas VII SMP dan MTs
Setelah seluruh informasi dibacakan, selanjutnya gurumu akan
membacakan sekali lagi seluruh informasi tersebut. Ketika kegiatan ini
berlangsung, pahamilah seluruh informasi lebih teliti, kemudian tulislah isi
berita berpedoman pada kata bantu tanya (5 W + 1H). Tulislah isi berita
tersebut dalam beberapa kalimat!
No. Kata Tanya Isi Berita
1. What
2. Where
3. When
4. Who
5. Why
6. How
Tukarkan hasil kerjamu dengan hasil kerja teman sebangkumu!
Cocokkanlah hasil kerja temanmu dengan informasi yang akan
diperdengarkan kembali oleh gurumu!
Fokuskan perhatianmu pada aspek penggunaan bahasa, khususnya
aspek kebakuan penggunaan bahasa (baku/tidak baku) dan ragam bahasa
yang digunakan (percakapan, formal, puitis)!
Contoh:
Aspek Skor Jumlah
Kebahasaan Baku : skor 2
Tidak baku : skor 1
Ragam Bahasa Baku : skor 2
Tidak baku : skor 1
Kelengkapan isi Sangat lengkap : skor 3
berita Agak lengkap : skor 2
Kurang Lengkap : skor 1
Jumlah ……
(Nilai jumlah skor
kali dua puluh)
25 Teknologi
B. Bercerita dengan Alat Peraga
Tujuan pembelajaran:
Setelah mengikuti pembelajaran berikut ini kamu diharapkan dapat:
identifikasi peristiwa yang akan diceritakan
bercerita dengan menggunakan alat peraga.
1. Pentingnya Alat Peraga dalam Bercerita
Kalian tentu masih ingat peristiwa bencana tsunami yang melanda Aceh.
Setelah peristiwa tersebut, kita juga seringmenyaksikan di televisi tentang
seorang pencerita asal Aceh bernama P. M. Toh. Ketika ia menceritakan
sekitar peristiwa tsunami, apa yang dapat kalian cermati? Benar, ia bercerita
dengan menggunakan berbagai alat peraga: ada gayung yang
diumpamakan pesawat terbang, ada kardus yang dirancang sedemikian
rupa seolah seperti televisi.
Kalian tentu juga dapat menyaksikan bagaimana seorang dalang
memainkan wayang. Pada dasarnya dalang adalah tukang cerita atau
pencerita yang setiap penampilannya selalu menggunakan alat peraga
berupa wayang.
Bagaimana peranan alat peraga bagi dalang atau tukang cerita seperti
P.M. Toh? Ternyata, dengan alat peraga seperti itu, pendengar dapat dengan
mudah membayangkan bagaimana peristiwa itu terjadi. Dengan demikian,
alat peraga sangat membantu dalam bercerita.
2. Mengidentifikasi Peristiwa yang Akan Diceritakan
Catatlah peristiwa yang pernah kamu alami, yang pernah kamu lihat,
atau yang pernah kamu saksikan.
Misal:
a. Peristiwa kebakaran dan upaya tim pemadam kebakaran memadamkan
api.
b. Tabrakan antara sepeda motor dengan mobil.
c. .................................................................................................................
d. .................................................................................................................
e. .................................................................................................................
f. .................................................................................................................
26 Bahasa Indonesia, Bahasa Kebanggaanku Kelas VII SMP dan MTs
Pilihlah salah satu peristiwa yang pernah kamu alami atau kamu
saksikan tersebut untuk kamu ceritakan kepada teman-temanmu di depan
kelas. Agar cerita yang kamu sampaikan urut dan sistematis, buatlah terlebih
dahulu kerangka cerita. Kemudian, kembangkan kerangka tersebut menjadi
cerita yang utuh. Siapkan alat peraga yang dapat mendukung cerita yang
akan kamu sampaikan itu.
3. Bercerita dengan Alat Peraga
Berdasarkan karangan yang telah kamu siapkan serta alat peraga yang
sudah kamu buat mulailah bercerita secara bergiliran. Ketika temanmu
bercerita, berikan penilaian penampilan temanmu itu dengan pedoman
penilaian berikut ini!
No. Aspek Skor
1. Kelancaran
• Sangat lancar skor 5
• Lancar skor 3
• Sangat tidak lancar skor 1
2. Intonasi, nada, suara, tempo
• Variasi intonasi, suara, dan
nada sangat baik skor 5
• Variasi intonasi, suara, dan nada baik skor 3
• Variasi intonasi, suara, dan
nada tidak baik dan monoton skor 1
Nilai : Jumlah skor X 10 = ............
27 Teknologi
C. Membaca Cepat
Setelah mengikuti pembelajaran berikut ini kamu diharapkan dapat:
menjawab dengan benar 75% dari jumlah pertanyaan yang disediakan,
menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit,
menghilangkan kebiasaan membaca dengan bersuara.
1. Membaca Cepat
Bacalah teks berikut ini dengan kecepatan 200 kata per menit. Hitunglah
berapa kecepatan membacamu! Jika masih rendah, tingkatkan terus
kecepatan membacamu!
Wahana Rosetta Jalani Manuver di Mars
DARMSTADT, SENIN - Wahana
antariksa Rosetta milik Badan Antariksa
Eropa (ESA) berhasil melakukan manuver
di orbit Mars dalam rangka mengejar komet
67/Churyumov-Gerasimenko. Rosetta harus
mengayun dengan memanfaatkan gaya
gravitasi Mars, untuk meningkatkan
kecepatannya agar bisa mencapai objek
tujuannya itu dalam waktu 10 tahun.
Rosetta yang berada pada jarak 250 kilometer dari permukaan Mars
putus kontak dengan Bumi selama hampir 15 menit saat melintas di
belakang Mars pada hari Minggu (25/2) dengan kecepatan 39.191 kilometer
per jam. Selama itu, Rosetta hanya mengandalkan tenaga baterai yang
tersisa karena tidak dapat memanfaatkan cahaya matahari sebagai sumber
listriknya. Tepuk tangan langsung memenuhi pusat kendali misi di bagian
barat Jerman saat wahana tersebut kembali mengirimkan sinyal.
Awalnya, Rosetta tidak didesain untuk melakukan manuver berayun
di kegelapan dan hanya menggunakan tenaga baterai. Sebab, baterai
hanya didesain untuk memasok energi sampai sistem stabil setelah wahana
28 Bahasa Indonesia, Bahasa Kebanggaanku Kelas VII SMP dan MTs
diluncurkan. Tapi, karena peluncurannya molor dari jadwal yang
direncanakan, arah target berubah sehingga jalur perjalanan pun harus
disesuaikan.
Dari Mars, Rosetta akan bergerak ke arah Bumi dan akan melakukan
manuver serupa di Bumi pada bulan November 2007 dan pada November
2009 setelah sekali mengelilingi Matahari. Sebelumnya, wahana yang
diluncurkan pada tahun 2004 itu telah melakukan manuver yang sama
di Bumi pada Maret 2005. Wahana yang diluncurkan Februari 2004 itu
memang membutuhkan 4 kali manuver berayun dengan memanfaatkan
gravitasi planet dalam suatu jalur perjalanan berulang yang disebut ESA
sebagai biliar kosmos.
Jalan yang harus ditempuh Rosetta masih panjang, namun ESA menilai
sejauh ini segala sesuatu berjalan sesuai rencana. Rosetta dijadwalkan
sampai ke komet 67/Churyumov-Gerasimenko pada tahun 2014 setelah
menempuh perjalanan sejauh 7,1 miliar kilometer. Ia juga akan
mengirimkan wahana pendarat bernama Philae ke permukaan komet
sepanjang 4,8 kilometer yang ditemukan astronom Soviet, Klim
Churyumov dan Svetlana Gerasimenko. Wahana pendarat berkaki tiga
seukuran lemari es akan mempelajari sifat kimia batuan pembentuk komet
yang diperkirakan menyimpan informasi mengenai proses pembentukan
tata surya.
Sumber: Kompas, 26 Februari 2006
2. Menjawab Pertanyaan Isi Bacaan
Setelah membaca dengan cepat bacaan di atas kerjakan soal di bawah
ini! Ketika menjawab pertanyaan, kalian tidak boleh membaca lagi bacaan
itu. Lakukan kegiatan ini dengan jujur untuk mengetahui sejauh mana
pemahaman kalian terhadap isi bacaan.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan cara memberi
tanda silang pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling
tepat!
1. Wahana antariksa Rosetta adalah Badan Antariksa dari ....
a. Eropa
b. Asia
c. Afrika
d. Amerika
29 Teknologi
2. Wahana antariksa Rosetta melakukan manuver di orbit Mars dengan
memanfaatkan ....
a. kecepatan dalam melakukan manuver
b. gaya gravitasi mars
c. gaya gravitasi bumi
d. kecepatannya untuk mencapai objek tujuannya
3. Rosetta selama hampir 15 menit saat melintas di belakang Mars
mengandalkan tenaga ....
a. matahari
b. listrik
c. baterei
d. uap
4. Kondisi Rosetta saat di belakang Planet Mars adalah ....
a. mendapat cukup sinar matahari
b. sinar matahari meredup
c. tidak mendapatkan sinar matahari
d. sinar matahari saat itu sangat kuat
5. Rosetta dikendalikan dari bumi tepatnya di negara .....
a. Inggris
b. Belanda
c. Perancis
d. Jerman
6. Waktu peluncuran Wahana Rosetta adalah .....
a. lebih cepat dari yang direncanakan
b. sesuai dengan yang dijadwalkan
c. mundur dari yang dijadwalkan
d. sampai sekarang belum diluncurkan
7. Kali pertama Wahana Rosetta diluncurkan pada tahun .....
a. 2004
b. 2005
c. 2007
d. 2009
8. Direncanakan Wahana Rosetta akan bergerak menuju bumi setelah ....
a. sekali mengelilingi matahari
b. melakukan empat kali manuver berayun
c. perjalanan berulang
d. diluncurkan pada tahun 2004
30 Bahasa Indonesia, Bahasa Kebanggaanku Kelas VII SMP dan MTs
9. Pada tahun 1014 Rosetta direncanakan sampai ke komet 67 yang juga
disebut ....
a. Klim-Churyumov
b. Svetlana-Gerasimenko
c. Churyumov-Gerasimenko
d. Klim-Svetlana
10. Sifat kimia batuan pembentuk komet diperkirakan dapat digunakan
untuk mengetahui ....
a. proses pembentukan komet
b. proses pembentukan bumi
c. proses pembentukan planet Mars
d. proses pembentukan tata surya
3. Menghitung Kecepatan Membaca
Hitunglah kecepatan membacamu dengan menggunakan rumus berikut
ini!
Keterangan:
K : jumlah kata yang dibaca
Wm : waktu tempuh baca dalam menit
Wd : waktu tempuh baca dalam detik
B : jumlah jawaban benar
SI : skor ideal
Kpm : kata per menit
Setelah kamu membaca bacaan di atas, kemudian temanmu
menghitung kecepatan membacamu, jawablah soal pilihan ganda yang
tersedia tersebut. Hitunglah berapa skor perolehan jawabanmu.
Jumlah kata dalam bacaan di atas kurang lebih 282 kata.
Rumus Menghitung
Kecepatan Efektif Membaca (KEM)
1.
Wm
K
x
SI
B
= ……kpm
2.
Wd
K
(60) x
SI
B
= …… kpm
31 Teknologi
Setelah kalian mengetahui waktu tempuh membaca dan kalian telah
mengetahui jumlah kata dalam bacaan tersebut, hitunglah kecepatan
membaca kalian dengan menggunakan rumus di atas.
4. Menyimpulkan Isi Bacaan
Setelah membaca teks wacana di atas, simpulkan isinya dengan tepat
dalam beberapa kalimat! Lakukan kegiatan ini, dengan berdiskusi dalam
kelompok belajarmu. Tuliskan hasilnya dalam buku tugasmu!
D. Menulis Kembali Dongeng
Setelah mengikuti pembelajaran berikut ini, kamu diharapkan mampu:
menulis kembali dengan bahasa sendiri dongeng yang pernah dibaca,
memberi tanggapan atas tulisan teman.
Banyak dongeng yang berkembang di masyarakat yang tidak tertulis, di
samping dongeng yang sudah ditulis atau dibukukan. Dongeng yang
berkembang di masyarakat biasanya bercerita tentang legenda atau asal-usul
suatu tempat, dongeng mengenai binatang (fabel) atau dongeng mengenai roh
nenek moyang.
Membaca Dongeng dan Menulis Kembali Isi Dongeng
Bacalah dongeng berikut ini dengan cermat! Setelah selesai membaca, tulislah
kembali isi dongeng dengan menggunakan bahasamu sendiri!
Aladin dan Lampu Ajaib
Dahulu kala, di kota Persia, seorang Ibu
tinggal dengan anak laki-lakinya yang
bernama Aladin. Suatu hari datanglah seorang
laki-laki mendekati Aladin yang sedang
bermain. Kemudian, laki-laki itu mengakui
Aladin sebagai keponakannya. Laki-laki itu
mengajak Aladin pergi ke luar kota dengan
32 Bahasa Indonesia, Bahasa Kebanggaanku Kelas VII SMP dan MTs
seizin ibu Aladin untuk membantunya. Jalan yang ditempuh sangat jauh.
Aladin mengeluh kecapekan kepada pamannya, tetapi ia malah dibentak
dan disuruh untuk mencari kayu bakar, kalau tidak mau Aladin akan
dibunuhnya. Aladin akhirnya sadar bahwa laki-laki itu bukan pamannya
melainkan seorang penyihir. Laki-laki penyihir itu kemudian menyalakan
api dengan kayu bakar dan mulai mengucapkan mantera. "Kraak…" tibatiba
tanah menjadi berlubang seperti gua.
Dalam lubang gua itu terdapat
tangga sampai ke dasarnya. "Ayo turun!
Ambilkan aku lampu antik di dasar gua
itu", seru si penyihir. "Tidak, aku takut
turun ke sana", jawab Aladin. Penyihir
itu kemudian mengeluarkan sebuah
cincin dan memberikannya kepada
Aladin. "Ini adalah cincin ajaib, cincin
ini akan melindungimu", kata si
penyihir. Akhirnya Aladin menuruni
tangga itu dengan perasaan takut.
Setelah sampai di dasar ia menemukan
pohon-pohon berbuah permata. Setelah buah permata dan lampu yang
ada di situ dibawanya, ia segera menaiki tangga kembali. Tetapi, pintu
lubang sudah tertutup sebagian. "Cepat berikan lampunya !", seru penyihir.
"Tidak ! Lampu ini akan kuberikan setelah aku keluar", jawab Aladin. Setelah
berdebat, si penyihir menjadi tidak sabar dan akhirnya "Brak!" pintu lubang
ditutup oleh si penyihir lalu meninggalkan Aladin terkurung di dalam
lubang bawah tanah. Aladin menjadi sedih, dan duduk termenung. "Aku
lapar, Aku ingin bertemu ibu, Tuhan, tolonglah aku!", ucap Aladin.
Aladin merapatkan kedua tangannya
dan mengusap jari-jarinya. Tiba-tiba,
sekelilingnya menjadi merah dan asap
membumbung. Bersamaan dengan itu
muncul seorang raksasa. Aladin sangat
ketakutan. "Maafkan saya, karena telah
mengagetkan Tuan", saya adalah peri cincin
kata raksasa itu. "Oh, kalau begitu bawalah
aku pulang ke rumah." "Baik Tuan, naiklah
ke punggungku, kita akan segera pergi dari
sini", ujar peri cincin. Dalam waktu singkat,
33 Teknologi
Aladin sudah sampai di depan rumahnya. "Kalau tuan memerlukan saya,
panggillah dengan menggosok cincin Tuan."
Aladin menceritakan semua hal
yang di alaminya kepada ibunya.
"Mengapa penyihir itu menginginkan
lampu kotor ini ya ?", kata Ibu sambil
menggosok membersihkan lampu itu.
"Syut !" Tiba-tiba asap membumbung
dan muncul seorang raksasa peri
lampu. "Sebutkanlah perintah
Nyonya", kata si peri lampu. Aladin
yang sudah pernah mengalami hal
seperti ini memberi perintah,"Kami
lapar, tolong siapkan makanan untuk
kami". Dalam waktu singkat peri lampu membawa makanan yang lezatlezat
kemudian menyuguhkannya. "Jika ada yang diinginkan lagi, panggil
saja saya dengan menggosok lampu itu", kata si peri lampu.
Demikian hari, bulan, tahun pun
berganti, Aladin hidup bahagia dengan
ibunya. Aladin sekarang sudah
menjadi seorang pemuda. Suatu hari
lewat seorang Putri Raja di depan
rumahnya. Ia sangat terpesona dan
merasa jatuh cinta kepada Putri Cantik
itu. Aladin lalu menceritakan
keinginannya kepada ibunya untuk
memperistri putri raja. "Tenang Aladin,
Ibu akan mengusahakannya". Ibu
pergi ke istana raja dengan membawa
permata-permata kepunyaan Aladin.
"Baginda, ini adalah hadiah untuk Baginda dari anak laki-lakiku." Raja
amat senang. "Wah..., anakmu pasti seorang pangeran yang tampan, besok
aku akan datang ke Istana kalian dengan membawa serta putriku".
Setelah tiba di rumah Ibu segera menggosok lampu dan meminta peri
lampu untuk membawakan sebuah istana. Aladin dan ibunya menunggu
di atas bukit. Tak lama kemudian peri lampu datang dengan Istana megah
di punggungnya. "Tuan, ini Istananya". Esok hari sang Raja dan putrinya
datang berkunjung ke Istana Aladin yang sangat megah. "Maukah engkau
34 Bahasa Indonesia, Bahasa Kebanggaanku Kelas VII SMP dan MTs
menjadikan anakku sebagai istrimu ?" Tanya sang Raja. Aladin sangat
gembira mendengarnya. Lalu mereka berdua melaksanakan pesta
pernikahan.
Nun jauh di sana, si penyihir ternyata melihat semua kejadian itu
melalui bola kristalnya. Ia lalu pergi ke tempat Aladin dan pura-pura
menjadi seorang penjual lampu di depan Istana Aladin. Ia berteriak-teriak,
"Tukarkan lampu lama anda dengan lampu baru !" Sang permaisuri yang
melihat lampu ajaib Aladin yang usang segera keluar dan menukarkannya
dengan lampu baru. Segera si penyihir menggosok lampu itu dan
memerintahkan peri lampu memboyong istana beserta isinya dan istri
Aladin ke rumahnya.
Ketika Aladin pulang dari berkeliling,
ia sangat terkejut. Lalu memanggil peri
cincin dan bertanya kepadanya apa yang
telah terjadi. "Kalau begitu tolong
kembalikan lagi semuanya kepadaku", seru
Aladin. "Maaf Tuan, tenaga saya tidaklah
sebesar peri lampu," ujar peri cincin. "Baik
kalau begitu aku yang akan
mengambilnya. Tolong Antarkan aku ke
sana", seru Aladin. Sesampainya di Istana,
Aladin menyelinap masuk mencari kamar
tempat sang Putri dikurung. "Penyihir itu sedang tidur karena
kebanyakan minum bir", ujar sang Putri. "Baik, jangan khawatir aku akan
mengambil kembali lampu ajaib itu, kita nanti akan menang", jawab
Aladin.
Aladin mengendap mendekati penyihir yang sedang tidur. Ternyata
lampu ajaib menyembul dari kantungnya. Aladin kemudian
mengambilnya dan segera menggosoknya. "Singkirkan penjahat ini", seru
Aladin kepada peri lampu. Penyihir terbangun, lalu menyerang Aladin.
Tetapi peri lampu langsung membanting penyihir itu hingga tewas.
"Terima kasih peri lampu, bawalah kami dan Istana ini kembali ke Persia".
Sesampainya di Persia Aladin hidup bahagia. Ia mempergunakan sihir
dari peri lampu untuk membantu orang-orang miskin dan kesusahan.
35 Teknologi
Tugas
Carilah dongeng dari majalah atau surat kabar, kemudian bacalah
dongeng tersebut. Hayati dan pahami isi dongeng itu dengan baik.
Setelah dongeng selesai kamu baca, tulislah kembali dongeng tersebut
dengan bahasamu sendiri. Ingat, ketika kamu menulis kembali isi
dongeng kamu tidak perlu membaca kembali isi dongeng agar dongeng
yang kamu tulis itu benar-benar menggunakan kata-kata dan bahasa
sendiri!
Tulislah hasil kerjamu dengan menggunakan kolom berikut ini!
1. Judul dongeng ..............................................
..............................................
2. Pengarang ..............................................
..............................................
3. Diambil dari majalah/buku/koran .............................................
..............................................
4. Ringkasan Isi Dongeng
.............................................................................................................
.............................................................................................................
.............................................................................................................
.............................................................................................................
.............................................................................................................
.............................................................................................................
.............................................................................................................
.............................................................................................................
.............................................................................................................
.............................................................................................................
.............................................................................................................
.............................................................................................................
36 Bahasa Indonesia, Bahasa Kebanggaanku Kelas VII SMP dan MTs
2. Menggunakan Pilihan Kata Konotasi dan Denotasi
Dalam menulis dongeng, pengarang atau penulis sering menggunakan
kata-kata bermakna konotasi untuk maksud-maksud tertentu. Kata
bermakna konotasi dapat digunakan untuk mewakili perasaan seseorang.
a. Makna Konotasi
Di dalam menulis buku harian, kita dapat memilih kata yang
bermakna konotasi untuk mengekspresikan pikiran dan perasaan kita.
Perhatikan contoh-contoh berikut ini!
Ia memang anak yang tolol, kecewa aku berteman dengannya.
Tolol = sangat bodoh, membuat jengkel dan kesal (negatif)
Bandar narkoba itu akhirnya tewas bunuh diri.
Tewas : mati karena suatu sebab yang kurang baik
Pahlawan tak dikenal gugur di medan perang.
Gugur = mati untuk membela bangsa dan negara diikuti nilai rasa
penghormatan (positif).
Makna konotasi : makna tambahan terhadap makna dasarnya
berupa nilai rasa tertentu, misalnya perasaan hormat, kesal atau
merendahkan. Makna konotasi tidak sama dengan makna kiasan.
Makna konotasi dan denotasi muncul dari pasangan kata yang
bersinonim. Makna konotasi ada yang positif dan ada yang negatif.
b. Makna denotasi
Perhatikan kalimat-kalimat berikut ini!
a. Anak yang berbaju itu ternyata bodoh.
Bodoh = kurang pandai (tanpa ada perasaan tertentu).
b. Ia selalu merenung semenjak kematian ayahnya.
mati (tanpa disertai perasaan hormat atau merendahkan).
Makna Denotasi : makna kata lugas dan menunjuk langsung pada
acuan tanpa disertai nilai rasa atau emosi.
Latihan
1. Berilah tanda huruf D untuk kata bercetak miring yang bermakna denotasi
dan huruf K yang bermakna Konotasi pada kalimat-kalimat berikut ini!
a. Komplotan pencuri sarang burung itu akhirnya
berhasil dibekuk petugas. (. . . . .)
37 Teknologi
b. Beliau pemimpin yang rendah hati dan sabar. (. . . . .)
c. Penjahat itu mampus tertembak. (. . . . .)
d. Ade Irma Nasution gugur sebagai bunga bangsa. (. . . . .)
e. Para buruh pabrik melakukan unjuk rasa meminta
kenaikan gaji. (. . . . .)
f. Meskipun keturunan darah biru, pola hidupnya
sangat sederhana. (. . . . .)
g. Petinju Lenox Lewis berbadan besar dan atletis. (. . . . .)
h. Pria bertubuh tambun di seberang itu penjudi ulung. (. . . . .)
i Teh buatan Nina manis sekali. (. . . . .)
j. Kelompok G7 mengadakan pertemuan di Jakarta. (. . . . .)
2. Susunlah lima kalimat dengan menggunakan kata bermakna konotasi
positif!
3. Susunlah lima kalimat dengan menggunakan kata bermakna konotasi
negatif!
1. Dengarkan berita yang akan dibacakan oleh Bapak/Ibu guru! Teks berita
dapat diambil dari lampiran buku ini! Setelah kamu dengarkan berita yang
dibacakan oleh Bapak/Ibu Guru, tulislah kembali isi berita tersebut
berpedoman pada jawaban atas pertanyaan apa, kapan, di mana, siapa,
mengapa, dan bagaimana!
2. Bacalah teks bacaan berikut ini dengan teknik membaca cepat!
Jepang Luncurkan Satelit Mata-Mata Terakhir
Jepang kini bisa mematai-matai seluruh sudut dunia. Satelit terakhir dari
empat satelit mata-mata yang dibutuhkannya telah berhasil diluncurkan,
Sabtu (24/2). "Roket yang membawa satelit meluncur dari bagian selatan
Jepang pada pukul 13.41 waktu setempat (atau 11.41 WIB)," ujar jurubicara
Badan Antariksa Jepang (JAXA). Program peluncuran satelit mata-mata
telah dimulai sejak tahun 1998 sebagai reaksi program percobaan misil Korea
Utara yang bisa membahayakan Jepang.
Keempat satelit telah bekerja dengan baik di orbit dan dapat dipakai untuk
mengintai seluruh belahan dunia minimal sekali dalam sehari, khususnya
Uji Kompetensi
38 Bahasa Indonesia, Bahasa Kebanggaanku Kelas VII SMP dan MTs
Korea Utara. Jepang secara tegas menyatakan kekhawatirannya terhadap
percobaan bom atom yang dilakukan Korea Utara tahun lalu meskipun
akhirnya setuju menutup program pengembangan nuklirnya dengan syarat.
Tokyo juga menyayangkan langkah China, sekutu terdekat Korea Utara,
yang menguji coba misil penghancur satelit bulan lalu.
Selain meluncurkan satelit mata-mata, roket juga membawa satelit
percobaan yang akan menguji coba operasi pengintaian yang lebih canggih.
Peluncuran satelit mata-mata merupakan bagian dari pengembangan program
ruang angkasa Jepang. Namun, peluncuran satelit sempat ditunda
lebih dari setahun sejak peluncuran salah satu satelit mata-mata gagal
dilakukan pada 2003. Selain mengembangkan satelit mata-mata, Jepang
juga menargetkan dapat mengirim astronot ke Bulan pada tahun 2020.
Sumber: Kompas, 26 Februari 2007
a. Hitunglah kecepatan membacamu dengan cara berikut ini!
1) Waktu mulai membaca : pukul ...... lebih ….. menit…… detik.
2) Waktu selesai membaca : pukul ...... lebih ….. menit…… detik.
3) Waktu tempuh membaca : ……….. menit ……… detik = ……. detik
4) Kecepatan membaca :
Jumlah Kata
x (60)
Waktu Tempuh Baca = ....... kpm.
:
207
x (60)
. . . .
= ......... kpm
b. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini tanpa melihat kembali teks.
Kerjakan dalam waktu dua menit. Kerjakan dengan jujur.
1) Jumlah satelit termasuk satelit terakhir yang diluncurkan Jepang
sebanyak ....
2) Program peluncuran satelit mata-mata telah dimulai sejak tahun ....
3) Peluncuran satelit terakhir itu sebagai reaksi atas program percobaan
misil yang dilakukan oleh ....
4) Sekutu terdekat Korea Utara adalah ....
5) Jepang pernah gagal melakukan peluncuran salah satu satelit matamata
pada tahun ....
3. Tulislah dengan singkat dongeng yang pernah kamu baca selain yang
terdapat dalam buku ini!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar