Senin, 23 Mei 2011

ratna susanti 7, bab 2

Pada pelajaran ini, kamu diharapkan mampu menguasai
empat kompetensi melalui aspek bersastra berikut.
1. Mendengarkan dongeng yang dibacakan teman, lalu
menemukan hal-hal yang menarik dalam cerita dongeng
tersebut melalui analisis unsur-unsurnya
2. Berlatih mengekspresikan diri melalui kegiatan bercerita
dengan urutan yang baik disertai suara, lafal, intonasi, gestur,
dan mimik yang sesuai sehingga cerita mudah dipahami
pendengarnya
3. Membaca teks sastra (cerita anak), memahami isinya, lalu
mampu menceritakan kembali secara jelas
4. Berekspresi melalui kegiatan menulis pantun sesuai dengan
syarat-syarat pantun
Aktif dan Kreatif
Pelajaran 2
Gambar 2.1 Kegiatan membaca puisi merupakan bentuk
kreativitas siswa dalam belajar bahasa dan sastra.
dwottawa.files.wordpress.com
22
Kompetensi Berbahasa Indonesia SMP/MTs VII
A. Mendengarkan Dongeng dan Menemukan
Hal-hal yang Menarik
1. Pengertian Dongeng dan Unsur-unsurnya
Apakah kamu telah mengetahui pengertian dongeng? Pada pelajaran
ini, kamu diajak mendengarkan dongeng lalu menemukan hal-hal yang
menarik dari isi cerita dongeng tersebut melalui unsur-unsur dalam cerita.
Dongeng merupakan salah satu bentuk karya sastra lama yang berjenis
prosa. Dongeng juga merupakan cerita rekaan, khayal, atau fiksi. Dalam
dongeng juga terdapat unsur-unsur yang membangun cerita seperti jenis
prosa lain, misalnya cerpen dan novel. Unsur-unsur tersebut meliputi tokoh,
watak tokoh, alur, latar, tema, dan amanat. Perbedaan antara dongeng dan
cerpen atau novel adalah tingkat rekaannya. Oleh karenanya, dongeng
mempunyai daya tarik tersendiri bagi anak-anak. Selain itu, cerita dalam
dongeng juga menjadi daya tarik bagi orang tua untuk bercerita karena
mengandung nilai-nilai moral yang dapat diajarkan kepada anak-anak.
1. Kegiatan mendengarkan dongeng biasa dilakukan oleh anak-anak saat
menjelang tidur.
2. Tujuan mendongeng adalah pemberian contoh yang baik dan tidak baik.
3. Dalam dongeng terdapat pesan-pesan kehidupan yang mendidik,
misalnya nilai kejujuran, persahabatan, kesederhanaan, kedermawanan,
kerja sama, dan kerja keras.
4. Dongeng disebut sebagai cerita pelipur lara karena fungsinya sebagai
penghibur hati yang biasa dituturkan lisan secara turun-temurun.
Hendaknya kamu pahami dahulu unsur-unsur dalam sebuah dongeng
berikut.
a. Tema, yaitu pokok pembicaraan
yang disampaikan dalam cerita
dongeng.
b. Tokoh, yaitu para pelaku yang
mendukung cerita dalam dongeng.
c. Watak tokoh atau penokohan, yaitu
gambaran perilaku atau watak para
pelaku dalam cerita dongeng.
d. Latar, yaitu tempat, waktu, dan
suasana yang terjadi dalam cerita
dongeng.
Dalam kesusastraan lama di Indonesia,
sering menggunakan
kata-kata sandang si, sang, sri,
hang, dan dang. Akan tetapi, kata
sandang yang sering digunakan
adalah kata sang. Penggunaan
kata sang untuk mengagungkan
seseorang yang dihormati,
seorang tokoh pahlawan, tokoh
cerita, atau nama sesuatu.
23
Aktif dan Kreatif
e. Alur, yaitu rangkaian kisah cerita yang disusun secara logis sebagai
jalan cerita dalam dongeng.
f. Amanat, yaitu pesan yang akan disampaikan dalam cerita dongeng
yang mengandung ajaran atau nilai-nilai moral.
2. Mendengarkan Pembacaan Dongeng
Tutuplah bukumu dan dengarkan pembacaan dongeng yang dilakukan salah
satu temanmu berikut ini! Sambil mendengarkan dongeng, jawablah beberapa
pertanyaan di bawah ini!
a. Apa judul dongeng tersebut?
b. Siapa saja tokoh dalam dongeng tersebut?
c. Bagaimana ringkasan isi cerita dongeng tersebut?
d. Hal-hal apa yang menarik dari cerita tersebut?
e. Adakah hal-hal baik yang dapat dicontoh dan hal-hal buruk yang tidak
perlu dicontoh dari cerita dongeng tersebut?
Abunawas, Bocah Tak Bertuan
Hasan kaget bukan kepalang, tatkala kambing-kambing yang
digembalakannya hilang seekor. Ia mencari ke sana kemari, tetapi tak ketemu
juga. Saat hampir putus asa, dari kejauhan tiba-tiba terlihat kambingnya tengah
dituntun orang. Hasan bergegas memburu orang itu. Ketika sudah dekat,
orang yang menuntun kambingnya itu ternyata Balsom, tetangganya sendiri.
“Balsom, hendak kau bawa ke mana kambingku itu, hah?” tanya Hasan,
berang. Yang ditanya ternyata menjawab dengan santai.
“Saya kira kambing ini tak bertuan. Dia berkeliaran sendirian. Daripada
dimakan macan, lebih baik kuamankan saja di rumahku.”
Mendapat jawaban seperti itu, Hasan sebenarnya sakit hati juga. Namun,
Hasan tak ingin terjadi keributan. Dia mencoba mengalah dan menerima
balasan Balsom. Cuma dia meminta agar Balsom tak mengulanginya lagi.
Namun, janji tinggal janji. Beberapa waktu setelah kejadian itu, Balsom kembali
mengulang perbuatannya lagi. Dia mencoba mencuri kambing Hasan lagi.
24
Kompetensi Berbahasa Indonesia SMP/MTs VII
Ketika tepergok, Balsom bisa saja berkilah.
“Aku tidak tahu kalau itu kambingmu. Dia berkeliaran sendirian.
Daripada dimakan macan, lebih baik kuamankan saja di rumahku. Makanya
kambing-kambingmu itu diberi tanda yang jelas, biar semua orang tahu.”
Kali ini Hasan tidak bisa menahan kemarahannya lagi. Dia menghujat
Balsom habis-habisan.
“Kau memang pandai berkilah! Kau tidak bisa ditegur dengan cara yang
baik-baik. Kalau itu memang maumu, baiklah. Aku juga bisa melakukan hal
yang sama padamu.”
Mendapat ancaman seperti itu, Balsom tidak gentar. Dia menanggapinya
dengan tenang. Balsom tahu, Hasan tidak cukup pintar untuk bisa
melaksanakan ancamannya itu. Namun usai kejadian itu, Hasan punya
rencana lain. Dia menemui Abunawas di rumahnya. Ia meminta nasihat agar
bisa membuat Balsom jera.
“Kalau masalahnya seperti itu, gampang,” ucap Abunawas, usai
mendengar cerita Hasan.
“Gampang bagaimana maksudmu?” tanya Hasan, tak mengerti.
“Sudah, lusa ikut aku. Dia akan merasakan balasan yang setimpal. Aku
tahu kebiasaannya. Setiap Rabu siang, dia pasti pergi ke pasar kota. Setelah
itulah kita akan buat dia menangis sejadi-jadinya.”
Hasan belum sepenuhnya mengerti maksud Abunawas, tetapi karena
meyakini kecerdikan Abunawas, dia menyetujui saja rencana itu.
Rabu siang, Abunawas dan Hasan menunggu di sebuah jalan. Keduanya
bersembunyi di balik rerimbunan pohon. Mereka berharap, Balsom akan
melewati jalan itu.
Benar juga! Tak berapa lama kemudian, Balsom melewati jalan itu sembari
menuntun anak lelakinya yang berumur tiga tahun. Melihat sebuah sandal
tergeletak tak bertuan, Balsom berhenti sejenak.
“Bukankah ini pasangan sandal yang kutemui di jalan, beberapa saat
yang lalu? Kalau tahu aku bakal menemukan pasangannya, mengapa aku
tidak mengamankan sandal tadi?” gumam Balsom, sembari geleng-geleng
kepala.
Setelah berpikir sejenak, Balsom membulatkan pikiran. Dia akan kembali
untuk mengambil sandal yang tergeletak di tengah jalan, beberapa saat yang
lalu.
“Kau tunggu di sini, ya?” kata Balsom pada anaknya. “Ayah pasti akan
kembali lagi. Tidak lama, kok, paling hanya sepuluh menit saja.”
Beberapa saat setelah Balsom meninggalkan anaknya, Abunawas dan
Hasan langsung bereaksi. Dia mendekati anak Balsom dan membujuknya
agar mau ikut dengannya. Diiming-iming mainan dan gula-gula, anak Balsom
menurut saja diajak Abunawas dan Hasan.
Tatkala Balsom sudah kembali ke tempat semula, betapa kagetnya dia.
Anaknya raib tak berimba. Dia tidak tahu harus bertanya kepada siapa.
Jalanan ini sepi, nyaris tak berpenghuni. Yang ada hanya rerimbunan pohon
dan semak-semak. Sembari hilir mudik ke sana kemari, Balsom meraung-raung
sejadi-jadinya, menangisi kepergian anaknya.
Di tengah kepanikannya, tiba-tiba dia melihat sekilas anaknya dituntun
orang. Balsom segera berlari mengejar bayangan itu. Setelah dekat, ternyata
25
Aktif dan Kreatif
Penilaian
Keterangan
Baik Cukup Kurang
No. Aspek Penilaian
benar. Anaknya tengah dituntun Abunawas dan Hasan.
“Hai, apa-apaan ini! Mau kau bawa ke mana anakku, hah?!” seru Balsom
memaki Abunawas dan Hasan.
“Lho, ini anakmu?” ucap Abunawas pura-pura tidak tahu. “Saya kira
bocah ini tidak bertuan. Dia berkeliaran sendirian tadi. Daripada dimakan
macan, lebih baik kuamankan saja di rumahku.”
Mendapat jawaban setelak itu, Balsom seketika terdiam. Amarahnya yang
meluap-luap seketika sirna. Kilahnya kepada Hasan beberapa waktu yang
lalu, kini dibalikkan lagi kepadanya, oleh Abunawas. Wajah Balsom merah
padam menahan malu. Akhirnya, tanpa banyak bicara, Balsom segera
merenggut tubuh anaknya dari tangan Abunawas dan pergi tanpa sepatah
kata.
(Sumber: Mentari, edisi 375,
Tahun XXV, 28 April 2007)
3. Menceritakan Hal-Hal Menarik dalam Dongeng
Lakukan kegiatan kelompok dengan mengikuti rambu-rambu di bawah ini!
1. Bentuklah kelompok diskusi dalam kelasmu sesuai kesepakatan! Jika di
kelasmu ada teman yang berbeda agama, suku, jenis kelamin, atau
kewarganegaraan, bagilah kelompok secara seimbang dan membaur!
2. Aturlah tempat duduk di kelasmu dengan posisi melingkar! Jika perlu,
lakukan kegiatan ini di luar kelas!
3. Ceritakan kembali isi dongeng Abunawas, Bocah Tak Bertuan dengan
menggunakan acuan jawaban atas pertanyaan pada tugas sebelumnya!
4. Setiap anggota kelompok melakukan kegiatan ini dan teman lainnya
memberikan penilaian dengan acuan dalam tabel di bawah ini!
Tabel 2.1 Penilaian Penampilan Teman
Nama Teman : ___________________
1. Gaya penceritaan
2. Kejelasan isi
3. Urutan penceritaan
4. Kelancaran berbahasa
26
Kompetensi Berbahasa Indonesia SMP/MTs VII
4. Latihan
1. Bacalah secara bersama-sama dengan temanmu dalam hati dongeng
yang berjudul “Abunawas, Bocah Tak Bertuan”!
2. Selanjutnya, coba jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini
dengan benar dan tuliskan di buku tugasmu!
a. Apa judul dongeng yang kamu dengarkan?
b. Siapa tokoh utama dalam dongeng tersebut?
c. Di mana terjadinya peristiwa dalam dongeng tersebut?
d. Pengalaman menarik apa yang dialami tokoh dalam dongeng
tersebut?
e. Apakah mungkin pengalaman yang dialami tokoh tersebut terjadi
dalam kehidupan nyata? Jelaskan menurut pendapatmu!
f. Apa nasihat yang ada dalam dongeng tersebut?
g. Bagaimana watak tokoh dalam cerita tersebut?
h. Menurutmu, bagaimana akhir cerita dalam dongeng tersebut agar
lebih menarik? Jelaskan sesuai pendapatmu!
1. Carilah sebuah dongeng dari majalah atau koran yang terbit di
kotamu! Bacalah dongeng tersebut dengan cermat! Jika mungkin,
kamu dapat mengakses internet untuk men-down load cerita
dongeng yang kamu temukan.
2. Tentukan tema dongeng yang kamu baca tersebut!
3. Temukan hal-hal menarik dalam dongeng tersebut disertai alasan
yang logis!
4. Tulislah pesan/amanat yang ingin disampaikan dalam dongeng
tersebut!
5. Kumpulkan tugas latihan ini kepada gurumu disertai guntingan
atau fotokopi atau print out dongeng yang kamu dapatkan tersebut!
6. Jangan lupa cantumkan sumber dongeng tersebut!
27
Aktif dan Kreatif
B. Bercerita dengan Urutan yang Baik
1. Teknik Bercerita yang Baik
Keterampilan mendongeng merupakan bentuk keterampilan berbicara.
Oleh karena itu, seorang pendongeng dituntut memiliki perbendaharaan kata
yang banyak sehingga dapat memilih kata yang tepat sesuai khalayak
pendengarnya. Diksi (pilihan kata) untuk konsumsi anak balita tentu berbeda
dengan diksi untuk anak-anak usia SD dan SMP. Seseorang yang suka
menceritakan cerita kepada orang lain disebut pendongeng (story teller).
Pernahkah kamu mendengar istilah tersebut? Untuk dapat menjadi seorang
pencerita yang baik, hendaknya memerhatikan beberapa teknik dalam bercerita.
Apa saja teknik-teknik tersebut? Berikut akan dibahas satu per satu.
a. Menggunakan kata-kata yang komunikatif (tidak kaku). Jika mungkin,
menggunakan kata-kata baku yang sedang trend agar tercipta hubungan
yang dekat dengan pendengar.
b. Mengucapkan huruf, kata, dan kalimat dengan lafal yang tepat agar
pendengar lebih mudah memahami isi cerita.
c. Memerhatikan intonasi kalimat. Intonasi adalah naik turunnya lagu
kalimat yang berfungsi membentuk makna kalimat. Dengan intonasi
yang tepat, pendengar dapat membedakan pengucapan kalimat untuk
nada sedih, marah, gembira, dan sebagainya.
d. Mengucapkan kalimat dengan jeda yang tepat. Jeda adalah perhentian
lagu kalimat. Jeda berfungsi untuk menandai batas-batas satuan kalimat.
e. Memerhatikan nada, yaitu tekanan tinggi rendahnya pengucapan suatu
kata. Dalam hal ini, intonasi berfungsi untuk memberi tekanan khusus
pada kata-kata tertentu. Tinggi-rendahnya nada dapat membedakan
bagian kalimat yang satu dengan bagian kalimat lain yang tidak penting.
f. Penerapan gesture dan mimik yang tepat. Gesture adalah peniruan
dengan gerak-gerik anggota badan, sedangkan mimik dalam peniruan
gerakan raut muka. Penguasaan gesture dan mimik dapat dilakukan
dengan meniru gerakan orang tertawa, menangis, melompat,
menyumpit, berteriak, dan sebagainya.
Setelah memahami teknik-teknik bercerita, kamu dapat menggunakan
cerita rakyat dari Kalimantan yang berjudul Anggrek Hitam untuk Domia
pada halaman depan untuk latihan bercerita. Sebelumnya, perhatikan tandatanda
intonasi dan jeda pada pengucapan sebuah kalimat berikut.
a. Tanda / untuk intonasi tinggi.
b. Tanda \ untuk intonasi rendah.
c. Tanda | untuk jeda sebagai tanda henti sementara.
d. Tanda // untuk jeda akhir.
28
Kompetensi Berbahasa Indonesia SMP/MTs VII
2. Contoh Cerita Rakyat
Indonesia adalah negara yang kaya akan khazanah budaya. Salah satu
bentuk budaya Indonesia adalah cerita rakyat yang sangat banyak ragamnya.
Hampir di setiap daerah di pelosok Nusantara ini memiliki cerita daerah
atau lebih dikenal dengan cerita rakyat. Perkembangan cerita rakyat tersebut
dilakukan secara turun-temurun dan disebarkan secara lisan atau bentuk
tuturan. Bacalah contoh teks cerita rakyat dari daerah Kalimantan di bawah
ini dan lakukan latihan selanjutnya!
Anggrek Hitam untuk Domia
(Diceritakan oleh R. Masri Sareb Putra)
Gong dari rumah panjang menggelegar bertalu-talu. Penduduk kampung
Tebelianmangkang sudah tahu. Jika gong ditabuh, berarti ada keadaan
genting. Mereka pun bergegas mendatangi rumah itu. Rupanya, seorang
wanita bernama Darahitam akan melahirkan bayi. Namun, bayinya tak juga
mau keluar. Darahitam sangat khawatir. Sebelumnya, sudah dua kali bayinya
meninggal. Sambil kesakitan, ia berdoa dan bernazar.
“Jubata, tolonglah agar anakku lahir dengan selamat. Lelaki atau
perempuan, anak ini akan kupersembahkan menjadi pelayanmu!”
Jubata adalah dewa tertinggi suku Dayak. Jubata adalah perantara antara
manusia dan Tuhan. Darahitam yakin, Jubata akan menolongnya. Dan ....
“Hoa, hoa, hoa...,” suara tangis bayi memecah keheningan.
Seluruh penduduk desa menyambut gembira. “Ia lahir dengan selamat!
Bayi yang cantik! Kulitnya bersih. Hidungnya mancung. Alisnya tebal. Bulu
matanya lentik,” seru para wanita. Karena sangat cantik, bayi perempuan itu
dinamakan Domia. Dalam bahasa Dayak, domia berarti dewi.
29
Aktif dan Kreatif
Seperti ramalan banyak orang, Domia tumbuh menjadi gadis jelita. Banyak
pria yang melamarnya. Namun, Domia menolak sebab ia terikat nazar ibunya
pada Jubata. Domia ditakdirkan menjadi pelayan Tuhan atau imam wanita.
Seorang imam tak boleh menikah. Tak seorang pun bisa membatalkan nazarnya,
kecuali Jubata sendiri yang mencabutnya. Meskipun demikian, Domia jatuh
cinta kepada pemuda bernama Ikot Rinding. Pemuda itu pun mencintai Domia.
Namun, Ikot Rinding heran karena Domia tak mau menikah dengannya.
Suatu hari yang panas, pergilah Ikot Rinding memancing. Karena tak
ada seekor ikan pun yang didapatnya, ia pun pergi ke hulu sungai. Di tengah
jalan, Ikot Rinding terhenti. Ia melihat Domia sedang mencuci pakaian. Pemuda
itu langsung menghampiri gadis pujaan hatinya.
“Domia, mengapa kau tak mau menjadi istriku?” tanya Ikot Rinding.
Mendengar pertanyaan itu, Domia terkejut. Gadis cantik itu akhirnya
berterus terang. Ia bercerita tentang nazar ibunya pada Jubata ketika
melahirkannya. Betapa sedih hati Ikot Rinding mendengar cerita itu. Ia tahu,
nazar pada Jubata hanya bisa dibatalkan oleh Jubata sendiri, tetapi ... ke mana
ia harus mencari Jubata?
Demi cintanya pada Domia, Ikot Rinding pun mengembara. Setelah enam
hari mengembara, sampailah ia di Bukit Sungkung. Ikot Rinding beristirahat
dan tertidur pulas di bawah pohon rindang. Begitu bangun, hari sudah pagi,
berarti ini hari ketujuh pengembaraannya mencari Jubata.
Ketika akan melangkah pergi, Ikot Rinding terkejut. Ia melihat sebuah
sumpit tergeletak di tanah. Ikot Rinding segera memungutnya dan meneruskan
pengembaraannya. Ketika melintasi sebongkah batu, ia tiba-tiba teringat pada
nasihat ibunya, “Jangan sekali-kali mengambil barang orang lain tanpa izin.
Seketika Ikot Rinding berbalik dan meletakkan sumpit itu ke tempat semula.
Ikot pun meneruskan perjalanannya mencari Jubata. Badannya lelah. Ia
merasa lapar dan dahaga. Akan tetapi, begitu ingat Domia, ia bersemangat
kembali. Tiba-tiba terdengar suara desisan. Sekelebat melintas seekor ular
tedung. Ia terhenti di depan Ikot Rinding. Lidahnya kecil panjang bercabang.
Badannya yang tadi melingkar, ditegakkan. Ikot Rinding sadar, ia harus
waspada. Tangan kanannya kini meraih ranting. Diputar-putar ranting itu,
dengan cepat tangan kirinya menyambar si ular tedung. Ular itu rupanya
terpedaya oleh gerak tipunya. Dilemparkannya ular tedung itu ke tepi jurang.
Usai peristiwa itu, terdengar langkah kaki. Rupanya ada orang yang
menonton perkelahian Ikot Rinding melawan ular tedung. Semula Ikot Rinding
curiga. Namun, wajahpemuda itu tampak ramah.
“Aku Salampandai, putra bungsu raja hutan di sini,” ujarnya.
Salampandai bercerita sudah dua hari ini ia berburu. Namun, tak berhasil
menangkap apa pun. Ini gara-gara senjatanya hilang. Ia juga bercerita bahwa
ayahnya menyuruhnya berlatih menyumpit.
Sekarang Ikot Rinding tahu siapa pemilik sumpit yang ditemukannya
tadi. Ia mengajak Salampandai ke tempat sumpit itu. Benda itu masih ada di
sana. Karena gembira, Salampandai mengundang Ikot Rinding bermalam di
rumahnya. Ia ingin mengenalkan sahabat barunya kepada keluarganya.
Bahkan, ia pun ingin menjadikan Ikot Rinding saudara angkatnya, walau ia
sudah mempunyai enam orang kakak.
30
Kompetensi Berbahasa Indonesia SMP/MTs VII
Sejak saat itu, Ikot Rinding diizinkan tinggal di istana. Raja dan ratu
sangat menyayanginya seperti anak kandung sendiri. Salampandai dan Ikot
Rinding pun selalu bersama ke mana pun mereka pergi. Suatu hari raja
berpesan kepada Ikot Rinding dan keenam putranya saat mereka akan pergi
berburu, “Jaga si bungsu baik-baik!” Ikot Rinding pun mengangguk, tetapi
keenam saudara kandung Salampandai tak menjawab. Mereka tak menyukai
Ikot Rinding. Mereka merasa ratu dan raja hanya memerhatikan si Bungsu
dan Ikot Rinding. Mereka lalu membuat rencana mencelakakan salah satu
dari Ikot Rinding atau si Bungsu. Mereka mengajak si Bungsu dan Ikot Rindang
ke hutan
Setibanya di hutan, mereka harus berpencar. Salampandai mendapat
tempat yang jauh agak mendaki dan Ikot Rinding ke tempat yang menurun.
Keenam kakak Salampandai sengaja memisahkan mereka berdua. Namun,
ketika keenam orang itu sudah pergi, diam-diam Ikot Rinding membuntuti
Salampandai. Ia tahu keenam orang itu sengaja menyuruh Salampandai ke
tempat yang berbahaya.
“Berhenti! Jangan lewat gua itu!” teriak Ikot Rinding pada si Bungsu.
Ikot Rinding tahu, di gua itu hidup sekawanan kalong. Gigi dan cakar hewanhewan
itu sangat tajam. “Salampandai, tiarap!” teriak Ikot Rinding saat
melihat gumpalan hitam keluar dari mulut gua. Akan tetapi, terlambat. Si
Bungsu kini dalam kepungan kelelawar.
Dengan tangkas, Ikot Rinding mecabut mandau. Ia menebas ke segala arah.
Satu per satu binatang gua itu dikalahkannya. Kini tinggal raja kelelawar yang
bertubuh besar. Kali ini Ikot Rinding menggunakan sumpitnya. “Fuuhhhh!”
Hanya sekali tiupan, robohlah si raja kelelawar. Si Bungsu pun selamat.
Keduanya lalu pulang. Salampandai menceritakan peristiwa pada
ayahnya. Raja sangat takjub mendengarkan cerita ketangkasan Ikot Rinding.
ia sangat bahagia karena putra kesayangannya selamat.
“Mintalah apa saja yang kau inginkan,” ujarnya kepada Ikot Rinding.
“Hari ini juga akan segera kupenuhi.”
Pada saat itu Ikot Rinding baru sadar. Ayah Salampandai ternyata adalah
Jubata itu sendiri. Inilah saat yang diimpikannya. Meski agak ragu, Ikot Rinding
pun berkata, “Aku memohon bukan untuk diriku, tetapi untuk orang lain. Sudilah
kiranya Raja membebaskan Domia dari nazar ibunya, Darahitam.”
Jubata ingat. Tujuh belas tahun yang lalu, seorang ibu bernama Darahitam
kesulitan bersalin. Karena putus asa, Darahitam bernazar dan kini Ikot Rinding
meminta agar nazar itu dilepaskannya. Jubata yang bijaksana mengerti. Berbuat
baik jauh lebih penting daripada memegang keteguhan sebuah sumpah.
“Permohonanmu kukabulkan,” ujarnya.
“Apakah tandanya?” tanya Ikot Rinding.
Melihat keraguan putra angkatnya, Raja masuk ke kamarnya. Begitu
keluar, tangannya memegang setangkai anggrek hitam, yang hanya tumbuh
di halaman istana Jubata.
“Inilah tandanya,” sabda Jubata. Anggrek itu lalu diserahkannya kepada
Ikot Rinding. “Begitu Domia menerima sendiri dari uluran tanganmu, bunga
ini segera berubah warna. Itulah pertanda bahwa nazar ibunya telah
kulepaskan.”
31
Aktif dan Kreatif
Usai menerima anggrek hitam itu, Ikot Rinding bergegas meninggalkan
istana. Ia telah sangat rindu pada Domia. Perjalanan panjang ditempuhnya
tanpa rasa lelah. Tak terasa, tibalah ia di kampung Tebelianmangkang.
Anggrek hitam diserahkannya kepada Domia. Tanpa banyak bicara,
Domia menurut ketika diminta memejamkan matanya. Ketika membuka
kelopak matanya, dia melihat anggrek hitam telah berubah warna jadi putih
bersih. Indah berseri bagai anggrek bulan. Domia terlepas dari nazar ibunya.
Akhirnya, Ikot Rinding dan Domia hidup bahagia sampai mereka tua.
(Sumber: Bobo, No. 10/XXVIII)
3. Berlatih Mendongeng/Bercerita
Kegiatan yang dapat kamu lakukan adalah sebagai berikut.
a. Membuat catatan ringkasan cerita yang telah kamu baca tersebut, yang
meliputi judul, nama tokoh, watak tokoh, tema, alur, latar, unsur-unsur
lainnya.
b. Memberi tanda jeda dan intonasi pada ringkasan cerita yang kamu buat.
c. Perhatikan lafal, intonasi, jeda, gesture, dan mimik pada saat bercerita
agar pendengar mudah menangkap isi cerita yang kamu sampaikan.
d. Lakukan bercerita di depan kelas secara bergantian dengan temanmu.
Selanjutnya, simak penampilan temanmu dalam bercerita dan berikan
penilaian dengan mengikuti format penilaian di bawah ini!
Tabel 2.2 Format Penilaian Bercerita
Nama Teman : ____________________
Nama Penilai : ____________________
1. Penguasaan vokal/suara
2. Penguasaan lafal
3. Penguasaan intonasi
4. Penguasaan mimik
Penggunaan intonasi dibedakan dalam tiga kalimat.
1. Kalimat berita, menggunakan intonasi mendatar pada akhir kalimat.
2. Kalimat tanya, menggunakan intonasi menurun pada akhir kalimat.
3. Kalimat perintah, menggunakan intonasi menaik/tinggi pada akhir kalimat.
No. Aspek Penilaian
Penilaian
Keterangan
Baik Cukup Kurang
32
Kompetensi Berbahasa Indonesia SMP/MTs VII
4. Latihan
Berlatihlah menceritakan kembali cerita rakyat dengan mengikuti ramburambu
berikut ini!
a. Bentuklah kelompok sesuai kesepakatan dalam kelasmu! Usahakan
pembagian kelompok tidak bias gender sehingga antara peserta lakilaki
dan perempuan seimbang!
b. Masing-masing kelompok mencari cerita rakyat yang ada di Indonesia.
Selanjutnya, dipilih cerita rakyat yang telah disepakati bersama dalam
kelompok.
c. Cerita rakyat yang terpilih dijadikan bahan bercerita. Semua anggota
kelompok membaca cerita tersebut, lalu secara bergantian menceritakan
cerita rakyat tersebut.
d. Pada saat temanmu bercerita, coba berikan penilaian dengan
menggunakan format pada Tabel 2.2 di atas!
e. Berdasarkan komentar yang disampaikan temanmu, perbaiki jika
penilaian yang diberikan temanmu bernilai kurang (K)!
1. Berlatihlah membubuhkan tanda intonasi dan jeda pada kutipan
kalimat dalam cerita rakyat yang telah kamu pilih sebelumnya!
Kerjakan di buku tugasmu dan bandingkan dengan hasil kerja
temanmu!
2. Setelah membubuhkan tanda intonasi dan jeda, cobalah membaca
kalimat-kalimat tersebut dengan intonasi dan jeda yang tepat!
Praktikkan di depan kelas secara bergantian dengan temanmu!
C. Membaca Cerita Anak dan Menceritakan
Kembali Isinya
1. Pengertian Membaca Intensif
Pernahkah kamu membaca cerita anak, baik novel, cerpen, maupun
dongeng? Tahukah kamu teknik-teknik yang digunakan untuk membaca
sebuah teks cerita? Tahukah kamu yang dimaksud dengan teknik membaca
intensif? Kegiatan membaca yang dilakukan dengan tujuan menelaah dan
memahami secara mendalam dan utuh suatu teks dikenal dengan nama
teknik membaca intensif. Teknik membaca intensif dapat dilakukan untuk
teks fiksi maupun teks nonfiksi. Cerita anak merupakan jenis cerita fiksi.
Untuk itu, kamu diajak membaca cerita anak berjudul Bermain Curang
33
Aktif dan Kreatif
dengan menggunakan teknik membaca intensif. Selanjutnya, kamu
diharapkan mampu menguasai kompetensi untuk menceritakan kembali
isi cerita anak yang telah kamu baca.
2. Membaca Intensif Cerita Anak
Bacalah kutipan cerita anak di bawah ini dengan teknik membaca intensif! Sambil
membaca, buatlah ringkasan ceritanya!
Bermain Curang
Kelas jadi hiruk pikuk. Tepuk tangan terdengar menggema ketika Antok
menerima hadiah dari Pak Efendi sebagai pemenang lomba kaligrafi. Anakanak
yang duduknya berjejer di belakang, meneriaki Antok dengan lantang.
Antok hanya tersenyum mendengar pujian dari beberapa temannya. Ia merasa
bangga. Namun, ada sesuatu yang disembunyikan dalam kemenangannya.
Semua ini hanya dia yang tahu.
Bel istirahat berbunyi. Antok mengajak beberapa anak pergi ke kantin Bu
Iyah. Antok akan mentraktir mereka atas kemenangan yang diraihnya.
“Ayolah, kalian makan apa yang kalian suka. Tidak usah sungkansungkan,”
kata Antok merasa bahagia.
Di tempat lain, Ali sedang memerhatikan Antok bersama kawankawannya.
Mereka tampaknya bersenang-senang di kantin Bu Iyah. Padahal,
Ali tahu tentang semuanya. Ia tahu, kemenangan yang diraih Antok hanyalah
semu belaka. Dalam lomba tersebut, Antok bermain curang.
“Hai Ali, kenapa kamu ada di sini? Kenapa tidak bergabung dengan
mereka?” tanya Ramelan menepuk pundak Ali. Ali sedikit terkejut melihat
kedatangan sahabatnya itu.
“Undangannya terbatas, Lan.”
“Aku jadi heran, masak sih kamu tidak diajak oleh Antok untuk makanmakan
atas kemenangan yang diraihnya. Kamu kan teman sebangkunya, Ali!”
Ali terdiam sesaat. Seolah ada sesuatu yang dipikirkan olehnya.
“Ada apa, Al? Tiba-tiba wajah kamu pucat. Kamu sakit?” Ramelan
merasa heran ketika menangkap perubahan itu.
Ali menggeleng. Entah mengapa, tiba-tiba saja Ali tidak bisa berdusta
pada Ramelan. “Lan, sebenarnya kemenangan Antok dalam perlombaan itu
karena dia berbuat curang,” kata Ali berterus terang.
“Maksudmu?” Ramelan tertawa terbelalak sekaligus merasa penasaran
dengan pernyataan sahabatnya.
“Ya. Dalam perlombaan itu sebenarnya yang membuat kaligrafi adalah
kakaknya!”
“Dari mana kamu tahu, Al?”
Aku melihatnya sendiri ketika bermain ke rumah Antok. Dia memintaku
untuk merahasiakannya pada orang lain.”
Kedua anak itu terdiam beberapa saat. Ramelan tidak menyangka kalau
Antok akan seberani itu berbuat curang dalam perlombaan.
34
Kompetensi Berbahasa Indonesia SMP/MTs VII
“Jadi, karena itu kamu tidak mau bergabung dengan mereka?” kata
Ramelan memecah kebisuan itu.
“Aku tidak bisa menyimpan kebohongan terus-menerus, Lan. Kalau aku
diam, berarti aku ikut andil mengotori dalam perlombaan itu. Makanya, aku
berbagi cerita ini pada kamu, agar aku tidak terus-menerus dihantui perasaan
bersalah!”
“Berarti kemenangan Antok tidak murni!” kata Ramelan.
Keesokan harinya, berita itu begitu cepatnya tersebar dari mulut ke mulut.
Akhirnya, berita itu menjadi rahasia umum. Sebenarnya, tidak sedikit anakanak
yang mudah percaya dengan desas-desus itu. Selama ini, mereka
mengenal Antok sebagai anak yang baik. Rasanya tidak mungkin, Antok
melakukan perbuatan securang itu.
“Hari ini ada tugas keterampilan untuk kalian,” kata Pak Efendi pagi itu
di depan kelas. “Bapak harap, tugas ini dikerjakan di dalam kelas.”
Anak-anak mendadak sontak mendengung seperti suara kumbang.
“Tugas apa lagi, Pak?” protes Baskoro yang duduknya paling belakang.
“Membuat tulisan kaligrafi!”
Antok, yang duduknya sebangku dengan Ali, terkejut bukan main. Bukan
karena apa, tetapi selama ini Antok memang tidak bisa menulis Arab. Padahal,
tempo hari dialah yang telah memenangkan perlombaan itu. Keringat dingin
membasahi badan Antok.
Di dalam kelas, Pak Efendi mondar-mandir mengawasi muridnya.
Sesampainya di bangku Antok, Pak Efendi memerhatikannya. Ia salah tingkah.
Keringatnya makin bercucuran membasahi keningnya.
“Ada apa dengan kamu, Antok? Kamu sakit?” tanya Pak Efendi.
Antok menggeleng, tetapi tidak bisa berdusta pada Pak Efendi.
“Saya... saya tidak bisa mengerjakannya, Pak,” katanya dengan jujur.
“Lho, bukankah dalam perlombaan itu, kamu yang menang?” tanya Pak
Efendi heran.
35
Aktif dan Kreatif
“Tapi... tapi yang membuat kaligrafi itu bukan saya, Pak.”
“Lalu, siapa yang membuatnya?”
“Kakak saya.”
Anak-anak yang mendengar pengakuan Antok, jadi terkejut. Mereka tak
menyangka, kalau Antok akan berbuat curang dalam perlombaan itu. Kelas
jadi ramai. Sebagian anak-anak memaki Antok. Antok pun jadi malu sendiri.
Wajahnya tampak pucat. Ingin rasanya dia menangis.
“Sudah, sudah, kalian jangan ramai! Kejadian ini peringatan buat kalian
semua. Bukankah tempo hari Bapak sudah bilang, siapa pun yang berbuat
curang pasti akan menanggung akibatnya!” kata Pak Efendi.
Anak-anak terdiam, tetapi pandangan mereka sinis ke arah Antok. Antok
sendiri menundukkan wajahnya. Malu sekali karena kecurangannya terbongkar.
(Sumber: Mentari, edisi 375, Tahun XXV,
28 April 2007, hlm. 12-13)
Jawablah pertanyaan di bawah ini berdasarkan isi cerita anak Bermain
Curang yang telah kamu baca!
1. Antok adalah tokoh yang menang dalam lomba penulisan kaligrafi,
tetapi kemenangan tersebut diraih karena kecurangannya. Bagaimana
pendapatmu tentang pernyataan tersebut?
2. Bagaimana sifat Ali? Apakah ia tokoh yang suka berdusta?
3. Siapa tokoh yang akhirnya dapat membongkar kecurangan Antok?
4. Apa tujuan penulisan cerita tersebut? Jelaskan menurut pendapatmu!
5. Nilai moral apa yang kamu peroleh setelah membaca cerita tersebut?
Jelaskan menurut pendapatmu!
3. Teknik Menceritakan Kembali
Untuk dapat memahami isi cerita anak dan menceritakannya kembali,
kamu hendaknya memerhatikan hal-hal di bawah ini.
a. Menyebutkan judul cerita.
b. Menyebutkan nama-nama tokoh dalam cerita.
Tokoh-tokoh ini mempunyai ciri-ciri fisik, identitas, dan menjalin
hubungan dengan orang-orang di sekitarnya.
c. Menjelaskan watak (karakter) tiap tokoh.
Watak tokoh berkembang seiring perkembangan masalah yang
dihadapinya. Emosi tokoh dipengaruhi oleh watak atau sifat-sifat dasarnya.
Misalnya, tokoh yang sabar tentu akan berbeda dengan tokoh yang pemarah.
d. Menentukan urutan peristiwa dalam cerita anak.
Urutan peristiwa dalam sebuah cerita dikenal dengan nama alur. Alur
dalam cerita dapat ditemukan dengan membaca setiap paragraf dalam
cerita tersebut.
e. Membuat ringkasan ceritanya.
Berdasarkan ringkasan cerita anak ini, kamu dapat menceritakan kembali
kepada teman-temanmu secara bergantian di depan kelas.
36
Kompetensi Berbahasa Indonesia SMP/MTs VII
Dalam menceritakan kembali cerita anak yang telah dibaca, kamu dapat
menggunakan peribahasa untuk menggambarkan cerita. Tahukah kamu
yang dimaksud dengan peribahasa? Peribahasa merupakan bagian dari
suatu bahasa. Peribahasa adalah kelompok kata atau kalimat yang
susunannya tetap dan mampu mengisahkan suatu maksud tertentu.
Peribahasa biasanya berisi perbandingan, perumpamaan, nasihat, prinsip
hidup, atau aturan tingkah laku.
Contoh peribahasa:
a. Sedia payung sebelum hujan.
Artinya: Bersiap sedia sebelum terjadi sesuatu yang kurang baik.
b. Bagai menegakkan benang basah.
Artinya: Melakukan pekerjaan yang mustahil dapat dilaksanakan.
c. Ada gula ada semut.
Artinya: Di mana banyak kesenangan, di situlah banyak orang
berkumpul.
d. Tak ada gading yang tak retak.
Artinya: Tidak ada sesuatu yang tak ada cacatnya, tidak ada manusia
yang sempurna.
e. Bagai air di daun talas.
Artinya: Pendirian seseorang yang selalu berubah-ubah.
Tokoh dalam sebuah cerita merupakan pemeran yang berfungsi menampilkan
peristiwa, gagasan, atau pendapat pengarang melalui lakuan, dialog, dan
monolog.
Berdasarkan penampilan dan perwatakannya, tokoh dibedakan menjadi dua.
1. Tokoh protagonis, yaitu tokoh yang disenangi pembaca karena selalu
bertindak membela tema cerita.
2. Tokoh antagonis, yaitu tokoh yang tidak disenangi pembaca karena
berusaha mengalahkan niat baik tokoh protagonis.
1. Bentuklah kelompok diskusi dalam kelasmu sesuai kesepakatan
teman-temanmu!
2. Setiap kelompok berdiskusi untuk menjawab pertanyaan di bawah ini.
(1) Peribahasa yang menyatakan penyerahan adalah ....
a. Besar pasak daripada tiang.
b. Biduk berlalu kiambang berlaut.
c. Sesal dahulu pendapatan, sesal kemudian tak berguna.
d. Persoalan itu umpama menegakkan benang basah.
37
Aktif dan Kreatif
(2) Para pejuang meninggalkan kota Bandung dengan menyerang
markas Sekutu dan membumihanguskan kota Bandung.
Pernyataan di atas sesuai dengan peribahasa ....
a. Berakit-rakit ke hulu, bersenang-senang ke tepian.
b. Kuman di seberang lautan kelihatan, gajah di pelupuk
mata tidak tampak.
c. Daripada hidup becermin bangkai, lebih baik mati
berkalang tanah.
d. Sehari selembar benang, lama-lama menjadi sehelai kain.
(3) Segalak-galaknya orang tua, tidak akan mencelakakan
anaknya.
Peribahasa yang tepat untuk kalimat di atas adalah ....
a. Sebuas-buasnya harimau tidak akan memakan anaknya.
b. Harimau mati meninggalkan belang.
c. Harimau yang mengaum tidak akan menerkam.
d. Sepandai-pandai tupai melompat, akan jatuh juga.
(4) Seorang perempuan yang cantik tiba-tiba ditimpa kesusahan,
maka hilanglah cahaya dan seri wajahnya.
Pernyataan di atas sesuai dengan peribahasa ....
a. Ayam lepas tangan bertahi.
b. Bagai bunga ditimpa panas.
c. Makan hati berulam jantung.
d. Hilang kilat dan kilau.
(5) Penggunaan peribahasa yang tepat terdapat pada kalimat di
bawah ini adalah ....
a. Suaranya lantang seperti tong kosong berbunyi nyaring.
b. Sejak kesusahan menimpanya, Riana yang cantik jelita itu
kehilangan cahaya dari wajahnya, bagai bunga ditimpa panas.
c. Antara mobil dan motor bagai pinang dibelah dua,
keduanya sama-sama kendaraan bermotor.
d. Memang, si Rini dan si Rina dua kembar layaknya tak ada
gading yang tak retak.
3. Selanjutnya, setiap kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan
ditanggapi oleh kelompok lain.
38
Kompetensi Berbahasa Indonesia SMP/MTs VII
D. Menulis Pantun Sesuai Syarat-syaratnya
1. Pengertian Pantun dan Syarat-syarat Pantun
Tahukah kamu cara menuliskan pantun dengan benar? Apa saja syaratsyaratnya?
Kamu akan diajak belajar untuk menguasai kompetensi menulis
pantun sesuai syarat-syaratnya.
Pantun merupakan salah satu jenis karya sastra Melayu Lama yang
berbentuk puisi. Pantun juga merupakan salah satu peninggalan masyarakat
Melayu. Pada zaman dahulu, pantun diciptakan untuk berbagai tujuan,
antara lain menyampaikan nasihat, menyatakan rasa sayang, ajaran budi
pekerti dan moral, untuk kepentingan sosial, serta untuk hiburan/kejenakaan
semata. Sebagai jenis puisi lama, pantun memiliki kata-kata yang khas.
Kekhasan kata-kata dalam pantun ditunjukkan melalui penggunaan katakatanya,
ungkapan pengarang, serta kemerduan bunyinya karena pilihan
bunyi akhir yang teratur. Pantun terdiri atas dua bagian, yaitu bagian
sampiran dan isi. Hal yang dipentingkan dalam menulis pantun adalah
mementingkan keindahan bahasa, pemadatan makna kata, dan bentuk
penulisannya berbait-bait. Salah satu keindahan bahasa dalam sebuah pantun
ditandai oleh rima a - b - a - b. Jika kamu akan menulis sebuah pantun dengan
baik, hendaknya memerhatikan syarat-syarat pantun berikut.
a. Satu bait terdiri atas empat baris.
b. Baris pertama dan kedua merupakan sampiran, sedangkan bait ketiga
dan keempat merupakan isi.
c. Setiap baris terdiri atas 8 - 12 suku kata.
d. Rima akhir berpola a - b - a - b.
Perhatikan rima akhir contoh pantun di bawah ini.
Asam pauh dari seberang (a)
Dimuat di dalam peti (b)
Badan jauh di rantau orang (a)
Kalau sakit siapa mengobati (b)
Berdasarkan isinya, pantun terdiri atas tiga jenis.
a. Pantun anak-anak, terdiri atas pantun teka-teki dan pantun jenaka.
b. Pantun remaja, terdiri atas pantun perkenalan, pantun berkasihkasihan,
dan pantun perpisahan.
c. Pantun orang tua, terdiri atas pantun adat, pantun agama, dan pantun
nasihat.
39
Aktif dan Kreatif
2. Contoh Pantun
Perhatikan contoh pantun di bawah ini!
  Contoh (1)
Kalau piknik di tepi pantai
Pulanglah sebelum hari senja
Kalau adik ingin pandai
Belajarlah sambil berdoa
  Contoh (2)
Ada melinjo ada emping
Digoreng dengan minyak kelapa
Ada sinyo tertawa nyaring
Dicoreng hidungnya dengan jelaga
  Contoh (3)
Pisang emas dibawa berlayar
Masak sebiji dimasukkan peti
Utang emas dapat dibayar
Utang budi dibawa mati
  Contoh (4)
Awan putih tinggi di langit
Di bawah bumi jadi naungan
Cita-cita biarpun tinggi selangit
Tata krama tetap jadi pegangan
  Contoh (5)
Ubi kayu rendah batangnya
Daun direbus isi dimakan
Orang berilmu rendah hatinya
Bisa dipegang jadi harapan
1. Pantun disebarkan dengan cara berpindah dari mulut ke mulut.
2. Kehadiran pantun tidak diketahui asal mulanya bagaimana, siapa
pembuatnya, kapan dibuatnya, dan di mana dibuat.
40
Kompetensi Berbahasa Indonesia SMP/MTs VII
Setelah kamu mengetahui syarat-syarat menulis sebuah pantun dan
mencermati beberapa contoh pantun yang disajikan, lengkapilah pantun
di bawah ini! Kerjakan di buku tugasmu!
1. Kalau piknik di tepi pantai
Pulanglah sebelum hari senja
Kalau adik ingin _________
Belajarlah sambil _________
2. Berburu ke padang ________
Dapat rusa belang ________
Berguru kepalang ajar
Bagai bunga kembang tak jadi
3. Kalau ada sumur di ladang
Bolehlah kita menumpang mandi
_______________________
_______________________
4. _______________________
_______________________
Sungguh elok berbibir sumbing
Walau marah tertawa juga
5. Tulis kata jadi kalimat
_________________
Petik inti dari nasihat
_________________
6. _________________
Kayu mahoni nomor dua
_________________
Kenapa mereka tidak menerima
3. Latihan
1. Bentuklah kelompok dalam kelasmu secara berpasangan, boleh dengan
teman sebangku atau dengan yang lain!
2. Tulislah dua bait pantun yang merupakan jenis pantun berbalasan
dengan tema bebas!
3. Bacalah pantun yang kamu tulis bersama pasangan temanmu tersebut
secara berbalasan di depan kelas!
41
Aktif dan Kreatif
Kerjakan soal-soal di bawah ini berdasarkan perintahnya! Serahkan hasilnya kepada
guru untuk dinilai!
1. Jelaskan daya tarik dongeng bagi anak-anak!
2. Untuk menjadi seorang pendongeng atau story teller yang baik,
hendaknya memerhatikan teknik-teknik dalam bercerita. Jelaskan
teknik-teknik yang diperlukan tersebut!
3. Bacalah kutipan dongeng di bawah ini!
Seorang petani saat mengumpulkan kayu-kayu kering mendengar jeritan.
Dilihatnya seekor ular terjepit di antara batu-batu. Petani itu meloncat mundur
karena takut.
“Tolonglah aku, Tuan, keluarkan aku dari bawah batu ini!”
“Ya, aku bisa saja menolongmu,” jawab si petani, “tapi untuk apa? Kamu
pasti akan mematuk aku dan menyemburkan racunmu. Bagaimana pun, ular
tetap ular.”
“Aku tidak akan berbuat sekeji itu,” kata ular.
Akhirnya, dengan mengabaikan akal sehatnya, petani itu mengangkat batu
yang menindih sang ular. Dibiarkannya ular itu merayap keluar. Tiba-tiba ular
itu mematuknya. Untunglah petani itu masih sempat menghindarinya.
Jelaskan amanat yang disampaikan dalam penggalan dongeng di atas!
4. Isilah pantun di bawah ini sesuai bahasamu!
a. Gendang gendut tali kecapi
Pinggan tak retak, nasi tak dingin
Tua tak hendak, kami tak ingin
________________________
b. Dari apa dibuat kuali
Jelas dari tanah liat
Daripada harus membeli
___________________
42
Kompetensi Berbahasa Indonesia SMP/MTs VII
Pada pelajaran ini kamu diajak belajar bersastra yang meliputi
empat aspek berikut.
1. Mendengarkan dongeng berjudul Abunawas, Bocah Tak Bertuan
yang dibacakan teman, lalu menyebutkan unsur-unsur yang
ada dalam dongeng tersebut.
2. Mengenal salah satu cerita rakyat dari daerah Kalimantan yang
berjudul Anggrek Hitam untuk Domia dan mampu menjadikan
sebagai bahan bercerita/mendongeng dengan memerhatikan
teknik bercerita yang baik.
3. Membaca cerita anak berjudul Bermain Curang dan menceritakan
kembali isinya berdasarkan unsur-unsur instrinsik
yang ada cerita tersebut.
4. Mengenal jenis pantun dan contohnya, lalu mampu menuliskan
pantun berdasarkan syarat-syarat pantun yang telah dipelajari.
Setelah mempelajari materi-materi di atas, apakah kamu telah
menguasai kompetensi yang diharapkan?
♦ Kamu dapat menambah khazanah pengetahuan kesusastraan
Indonesia melalui cerita rakyat yang dibaca.
♦ Kamu dapat menghindari perbuatan curang yang dapat
berakibat tidak baik bagi diri sendiri dan selalu berbuat jujur,
setelah membaca cerita anak dengan tema ketidakjujuran.
♦ Kamu pandai menulis pantun dapat bermanfaat bagi diri
sendiri. Misalnya, pantun-pantun yang ditulis tersebut dikirim
ke media cetak dan dimuat. Selain mendapat honor, tentu
namamu menjadi dikenal banyak orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar