Jumat, 20 Mei 2011

SARWIJI, BAB 7

Selebriti Indonesia
106 Bahasa Indonesia, Bahasa Kebanggaanku Kelas VII SMP dan MTs
A. Menyimak Wawancara
Setelah mengikuti pembelajaran berikut ini, kamu diharapkan dapat:
menuliskan dengan singkat hal-hal penting yang dikemukakan narasumber
dalam wawancara,
memberi tanggapan catatan wawancara yang dibuat siswa lain.
1. Menyimak Wawancara
Topik yang dibicarakan dalam suatu wawancara tentu berbeda. Hal
tersebut bergantung dari apa yang dibutuhkan oleh pewawancara. Begitu
pula dengan pendengar. Wawancara akan menarik apabila pendengar
merasa topiknya aktual dan dibutuhkan.
Bapak/Ibu guru akan memperdengarkan sebuah wawancara. Simaklah
dengan saksama wawancara tersebut. Sambil menyimak, catatlah
informasi-informasi penting dan menarik yang terdapat dalam wawancara.
Teks Wawancara untuk dibacakan
Iwan Fals
Menanti Manusia Setengah Dewa
Iwan Fals, nama aslinya Virgiawan Listanto, punya
tempat istimewa dalam peta musik Indonesia. Generasi
awal 1980-an hingga sekarang menempatkan Iwan
sebagai idola. Mereka merasa terwakili oleh lagu-lagunya.
Karya-karya Iwan memang khas; kadang bernada keras
menyengat, kadang lembut menyentuh, tak jarang pula
bertutur dengan canda. Liriknya kuat menggunakan katakata
yang tak klise. Di telinga teman-temannya semasa
belia, suara Iwan terdengar fals.
Ternyata predikat fals yang kemudian ditempelkan di belakang nama
panggilannya itu justru mengantarnya menjadi penyanyi dan musisi besar
negeri ini. Tapi, sukses besar yang diraihnya tak membuat dia berubah.
Lelaki kelahiran Jakarta, 3 September 1961, ini tetap bersahaja, tetap rendah
hati, dan apa adanya. Beristrikan Rosanna, Iwan Fals dikaruniai tiga anak;
almarhum Galang Rambu Anarki (lahir 1982), Annisa Cikal Rambu Basae
107 Hiburan
(1985), dan Rayya Rambu Robbani (2002). Sebelum berpulang ke pangkuan
Illahi (April 1997), Galang --yang juga menjadi judul lagu Iwan dan cukup
populer --mengikuti jejak ayahnya terjun di bidang musik.
Musik yang diusung galang berbeda dengan jenis musik yang menjadi
trade mark ayahnya. Galang menjadi gitaris kelompok Bunga dan sempat
merilis satu album, Jangan Kau Pergi. Sepeninggal Galang, Iwan Fals
mengaku makin mencintai keluarganya. Sejak kecil Iwan sebenarnya
bercita-cita jadi tentara. Untuk mewujudkan cita-citanya itu, dia menekuni
olahraga karate dan sepakbola. Iwan sempat mencatat prestasi; juara II
karate tingkat nasional. Ia pun sempat masuk pelatnas dan juga melatih
karate. Iwan juga menjadi pemain inti tim sepakbola di kampusnya, Sekolah
Tinggi Publisistik (STP) pada 1985-1988 di Liga Mahasiswa.
Belum lama meluncurkan album In Collaboration With, Iwan Fals merilis
album terbarunya pada 2 April lalu. Album baru yang diberi tajuk Manusia
Setengah Dewa itu akan menyuguhkan lagu-lagu khas Iwan yang dikenal
sarkastik, dengan hanya menggandalkan vokal dan petikan gitar saja.
Album yang dirilis Musica Studio ini konon dibuat dengan konsep seperti
album Suara Hati. Judul beberapa lagu dalam album itu tampak jelas
menyiratkan perasaan Iwan. Sebut saja; Politik Uang, Para Tentara Desa,
dan Negeriku. Manusia Setengah Dewa ini rupanya juga saluran jawaban
atas kegelisahannya yang tak terbendung. Iwan Fals tetap konsisten memilih
musik sebagai jawaban, tak ikutan menjadi caleg, misalnya. Apalagi Iwan
lebih memilih tidak manggung walau dibayar berapa pun di saat kampanye
pemilu berlangsung. Ia lebih suka tampil di stasiun televisi swasta untuk
menyanyi sambil memetik gitar dengan gaya tetap bersahaja.
Di sela-sela acara selamatan sinetron Oemar Bakrie di Kampung Artis,
Jakarta Timur, Sabtu, (10/4), Iwan Fals yang oleh majalah Time dinobatkan
sebagai Pahlawan Asia, menjawab pertanyaan wartawan Republika, Rusdy
Nurdiansyah. Berikut cuplikannya:
Katanya Anda akan meluncurkan album baru?
Album terbaru saya Manusia Setengah Dewa yang diluncurkan pada 2 April
lalu. Album tersebut mengenai persoalan-persoalan sosial politik dari zaman
Orba sampai orde yang paling baru.
Kenapa nama albumnya Manusia Setengah Dewa?
Karena ada misi, yaitu harapan terhadap seorang presiden yang baru. Harapan
saya, presiden yang baru nanti dapat melakukan penegakan hukum dan dapat
menekan harga sehingga harga-harga murah dapat terjangkau oleh rakyat. Dan
108 Bahasa Indonesia, Bahasa Kebanggaanku Kelas VII SMP dan MTs
kalau itu berhasil, saya tidak keberatan menyebut presiden tersebut sebagai
manusia setengah dewa.
Apa kriterianya untuk dapat menjadi presiden?
Bagi saya, untuk seseorang dapat menjadi presiden, dia yang jelas tidak
melanggar hukum, percaya kepada Tuhan, syukur-syukur kalau orang Islam,
karena kan mayoritas kita 90 persen penduduknya beragama Islam. Terus, dia
mampu memberikan motivasi buat orang lain untuk bekerja. Ada orang yang
pintar, tapi tidak dapat memberikan motivasi, percuma juga. Penting sekarang
ini seorang presiden bisa mendorong rakyat untuk bekerja. Banyak hal lain,
seperti dia harus berkepribadian, kejujuran, sopan santun, punya prestasi. Nggak
ujuk-ujuk nongol begitu aja, jelas perjalanannya. Terus juga dia harus mampu
mengendalikan diri. Kenapa? Karena semua keputusan kan di dia. Apalagi
soal keputusan perang, kalau dia tidak bisa menggendalikan diri, ya kacau
nanti.
Kembali ke album Manusia Setengah Dewa, katanya liriknya lebih
keras mengecam pemerintah dari album-album sebelumnya?
Album ini merupakan potret menyikapi keadaan-lah. Nggak ada waktu lagi
untuk menunda album itu, sebenarnya album itu harus dikeluarkan saat pemilu
tahun 1999. Tapi, karena ada pertimbangan lain, nggak jadi keluar. Sekarang
ini nggak ada pilihan lain buat saya untuk keluarkan album itu.
Apa yang membedakan album Manusia Setengah Dewa dengan album-
album sebelumnya?
Secara fisik, itu sendirian. Saya main gitar sama vokal. Jadi, instrumen yang
ada itu vokal sama gitar saja. Terus, lagu saya buat sendiri semua, kemudian
temanya lebih ke politik.
Temanya seperti apa?
Lagunya menyikapi mengenai soal turunkan harga, hukum ditegakkan, politik
uang, dan pesta poranya para binatang. Itulah yang saya nyanyikan di situ.
Bisa dibilang sebenarnya album ini terlambat, bukankah fans Anda
telah menantikan hal-hal seperti itu?
Di album, ya, terlambat. Tapi, kalau secara penampilan, tidak. Karena kan di
rumah saya ada panggung, saya sering bawakan lagu-lagu itu di rumah saya.
Sebenarnya sudah lama. Jadi, album itu saya buat dari zaman peralihan, dari
zaman Pak Harto ke Pak Habibie, kemudian zaman Gus Dur dan Megawati
sekarang ini.
109 Hiburan
Tertunda karena keterlibatan Anda di Kantata?
Tidak juga, karena saya juga banyak pekerjaan lain yang menyita waktu saya.
Cuma sekarang ini saya tidak bisa tunda. Kalau dulu saya masih bisa nafas,
masih bisa tahan. Kan gini, buat album itu rezeki-rezekian. Kayak orang
melahirkan gitu, kan nggak bisa dipaksakan, kecuali pengin operasi. Atau
seperti orang kebelet pengin buang air. Seperti itu rasanya. Akhirnya, bismillah
aja deh, keluarlah album ini. Dan, gilanya Musica mau. Padahal Musica nggak
pernah mau untuk mengeluarkan album seperti itu. Bukan aja karena tema
politik, tapi juga musiknya kok cuman gitar. Tapi kok sekarang mau, menjadi
pertanyaan besar buat saya. Menjadi menarik karena selama ini Musica kan
selalu melihat pasar. Oh, berarti masyarakat sekarang dapat menerima musik
seperti ini.
Sumber: Republika, Minggu, 18 April 2004, dengan pengubahan
Latihan
Tuislah hal-hal penting dan menarik dalam wawancara tersebut dengan
menggunakan format seperti berikut.
1) Tema : ..............................................................................................
2) Nara sumber : ..............................................................................................
3) Pewawancara : ..............................................................................................
4) Isi wawancara : ..............................................................................................
..............................................................................................
..............................................................................................
..............................................................................................
2. Mencatat Hal Penting dan Menarik
Berdasar pada wawancara yang kamu dengarkan, jawablah pertanyaanpertanyaan
berikut ini:
1) Di mana wawancara itu terjadi?
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
110 Bahasa Indonesia, Bahasa Kebanggaanku Kelas VII SMP dan MTs
2) Kapan wawancara itu dilakukan?
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
3) Apa saja yang dikemukakan nara sumber dalam wawancara tersebut?
Hal-hal penting dari wawancara:
a) ...............................................................................................................
...............................................................................................................
b) ...............................................................................................................
...............................................................................................................
c) ...............................................................................................................
...............................................................................................................
d) ...............................................................................................................
...............................................................................................................
e) ...............................................................................................................
...............................................................................................................
...............................................................................................................
...............................................................................................................
4) Bagaimana pandangan atau pendapat nara sumber terhadap
permasalahan yang dibicarakan dalam wawancara?
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
111 Hiburan
3. Penilaian Menyimak Wawancara
Berikan penilaian terhadap hasil simakan temanmu dengan pedoman
penilaian berikut ini.
Format Penilaian
Pembelajaran Menyimak Wawancara
Nama Siswa : ..........................................
Kelas : ..........................................
Kegiatan : Mencatat hal-hal penting
No Aspek/Indikator Skor Keterangan
1 2 3 4 5
1. Aspek kebahasaan
a. pemahaman isi
b. ketepatan penangkapan
isi
c. ketahanan konsentrasi
2. Aspek pelaksanaan
dan sikap
a. menghormati
b. menghargai
c. kritis
Keterangan: Bobot skor 1 - 5
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik
112 Bahasa Indonesia, Bahasa Kebanggaanku Kelas VII SMP dan MTs
B. Berbicara untuk Menceritakan Tokoh Idola
Setelah mengikuti pembelajaran berikut ini, kamu diharapkan dapat:
menceritakan tokoh idolanya dengan mengemukakan identitas tokoh, keunggulan,
dan alasan mengidolakannya dengan pilihan kata yang menarik,
memberi tanggapan penceritaan tokoh idola yang disampaikan siswa lain.
1. Berdiskusi tentang Tokoh Idola
Kamu memiliki idola bukan? Jika kamu mengidolakan seseorang, pasti
kamu akan berusaha untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya
mengenai idolamu. Dapat dipastikan pula bahwa kamu memiliki rasa ingin
tahu yang sangat besar mengenai tokoh idolamu itu.
Memiliki tokoh idola memang perlu dan penting agar kamu termotivasi
untuk mengikuti jejak dan langkah tokoh idolamu itu. Tentu saja yang diikuti
dan diteladani adalah keistimewaan-keistimewaan tokoh.
Berikut ini ditampilkan gambar-gambar tokoh terkenal yang mungkin
saja salah satu di antara mereka adalah idola kamu.
Amatilah gambar-gambar tokoh berikut ini dengan seksama!
Berdasarkan gambar tersebut, kerjakan tugas-tugas berikut ini !
a. Tentukan siapa tokoh idolamu!
b. Bentuk kelompok diskusi, tiap kelompok terdiri atas empat anak.
c. Diskusikan dalam kelompokmu apa saja yang harus diceritakan
mengenai tokoh idolamu?
113 Hiburan
5
3
2
d. Secara individu, tuliskan hal-hal yang berhubungan dengan tokoh
idolamu:
1) tulis identitasnya secara lengkap
2) keunggulannya
3) alasan mengidolakannya
4) manfaat yang diperoleh dengan mengidolakannya.
2. Menceritakan Tokoh Idola
Secara individu, ceritakan di depan kelas tokoh idolamu dengan ekspresi
yang baik, lafal, dan intonasi yang baik. Ketika bercerita kamu dapat
membayangkan seolah-olah kamu sedang menjadi prsenter sehingga cerita
yang kamu sampaikan tampak lebih hidup.
Berikan penilaian terhadap penampilan temanmu dengan
menggunakan format berikut ini!
Format Penilaian untuk Menceritakan Tokoh Idola
Nama Siswa : ………………………………
Nomor : ………………………………
No Aspek/Indikator bobot Jumlah
1. Kejelasan isi cerita
a. Isi cerita jelas skor 3
b. Isi cerita kurang jelas skor 2
c. Isi cerita tidak jelas skor 1
2. Kelancaran
a. Lancar dalam bercerita skor 3
b. Kurang lancar dalam bercerita skor 2
c. Tidak lancar dalam bercerita skor 1
3. a. Lafal, intonasi, dan ekspresi baik skor 3
b. Lafal, intonasi, dan ekspresi kurang baik
skor 2
c. Lafal, intonasi, dan ekspresi tidak baik
skor 1
Jumlah
Nilai : skor x bobot x 10 = ……
3
114 Bahasa Indonesia, Bahasa Kebanggaanku Kelas VII SMP dan MTs
3. Memahami dan Menggunakan Kata Sifat Perbandingan dalam
Menceritakan Tokoh Idola
a. Ajektiva tingkat perbandingan ekuatif (biasa) menyatakan dua hal yang
dibandingkan sama.
Contoh:
1) Dian sama cantiknya dengan Mulan.
2) Rumah selebritis itu sebagus istana.
b. Ajektiva tingkat perbandingan komparatif menyatakan dua hal yang
dibandingkan yang satu lebih dari yang lain.
Contoh:
1) Saya lebih suka penampilan Maudy daripada Dessy.
2) Taufik Hidayat kurang semangat daripada Raymon.
c. Ajektiva tingkat perbandingan superlatif, yaitu dari beberapa hal yang
dibandingkan, ada satu yang melebihi dari yang lain.
Contoh:
1) Saat ini Pasha merupakan salah satu artis terpopuler.
2) Dessy pernah mendapat honor tertinggi di antara para artis.
Latihan
Sebagai ajektiva, tingkat perbandingan apakah kata-kata dalam kalimat berikut
ini?
1. Ayah berjanji membelikan baju paling mahal pada ulang tahunku nanti.
2. Adikku sama tingginya dengan adikmu.
3. Meskipun cedera, ia tetap pemain terbaik di timnya.
4. Wiwit paling ceria hari ini.
5. Mulan kurang pandai menyanyi lagu dangdut.
6. Tono lebih mahir bermain bulu tangkis daripada bermain tenis.
7. Gadis berbaju merah itu secantik bintang sinetron.
8. Gedung tertinggi di kota ini milik bank swasta.
9. Tampaknya ia kurang semangat mengikuti kegiatan ini.
10. Astri sama cantiknya dengan kakaknya.
115 Hiburan
C. Membaca Buku Cerita
Setelah mengikuti pembelajaran berikut ini, kamu diharapkan dapat:
menyebutkan hal-hal yang menarik dan tidak menarik dengan alasan yang logis,
menceritakan kembali cerita anak-anak dengan urutan yang tepat dan bahasa
yang menarik.
Banyak hal menarik yang kita petik dari cerita anak. Pada pembelajaran
ini kamu diajak mengungkapkan hal-hal menarik dari cerita anak. Bagaimana
cara menceritakan kembali cerita anak yang telah kita baca secara menarik?
Mari kita pelajari kembali materi pembelajaran berikut ini!
1. Membaca Cerita Anak
Bacalah kembali cerita berikut ini!
Bagaimana Tuhan Menghukum Anak Nakal
Nasrudin sangatlah sabar dan bisa bersahabat, baik dengan anak-anak
maupun dengan orang dewasa. Salah satu dari anak-anak itu sangatlah
nakal. Ia tidak menghormati orang dewasa dan sering mengusik anak-anak
lain.
Suatu hari anak yang sangat nakal itu pergi ke kedai kopi tempat
Nasrudin dan temannya biasa berkumpul dan bercakap-cakap. Ia datang
menghampiri Nasrudin dan meminta uang. Nasrudin memberinya sedikit
uang. Ia tidak berterima kasih bahkan memukul kepala Nasrudin sehingga
sorban Nasrudin jatuh ke lantai. Lalu anak itu berlari. Nasrudin tidak marah
dengannya. Ia tidak berkata apa-apa dan mengambil sorbannya dan
memakainya kembali.
"Betapa nakalnya anak itu!" bisik seorang temannya. Hari selanjutnya
anak itu datang lagi ke Nasrudin. Tapi, Nasrudin tidak punya uang. Anak
itu marah dan memukul kepala Nasrudin lagi hingga sorbannya
menggelinding ke lantai. Anak itu lari. Nasrudin dengan kalem mengambil
sorbannya dan memakainya kembali. Besoknya anak itu datang lagi ke
kedai kopi dan melakukan hal yang sama seperti hari sebelumnya.
"Nasrudin, anak itu terlalu nakal, kenapa tidak kau tangkap dan
menghukumnya?" tanya salah satu temannya.
116 Bahasa Indonesia, Bahasa Kebanggaanku Kelas VII SMP dan MTs
"Itu bukan cara yang baik dan waktunya belum tepat", ia menjawab.
"apa maksudmu?" tanya temannya. "Tunggu, lihat saja. Tuhan akan
menghukumnya sendiri", jawab Nasrudin.
Hari besoknya teman Nasrudin yang menjadi tentara, yang kuat,
mengunjunginya. Nasrudin mengundangnya ke kedai kopi dan bersamasama
menikmati segelas kopi. Nasrudin mengatakan kepadanya untuk
duduk di kursi yang biasanya ditempatinya.
Beberapa saat kemudian anak nakal itu datang dan memukul kepala
tentara itu dari belakang. Tentara itu terkejut dan marah kepadanya. Ia
cepat cepat berdiri dan mengejar anak nakal itu dan dengan mudah dapat
menangkapnya. Orang-orang di dalam kedai kopi itu bisa melihat
bagaimana tentara itu memukul anak itu beberapa kali.
Nasrudin berkata kepada teman-temannya, "Itulah apa yang telah
kukatakan kemarin. Tunggu dan lihat saja, Tuhan akan memberi keadilan
kepada anak itu".
(dikutip dari Nasrudin, Seorang yang tak pernah putus asa, 1995)
2. Mendiskusikan Hal-hal yang Menarik dari Cerita
Berbagilah menjadi beberapa kelompok! Diskusikan hal-hal yang kamu
anggap menarik dari cerita tersebut! Hal menarik itu, antara lain tentang
tokoh dan wataknya, aspek humor dalam cerita itu, cara pengarang
menyajikan cerita itu, hikmah atau nilai-nilai yang dapat dipetik dari cerita
itu, dan lain-lain. Deskripsikan kemenarikan cerita itu dalam bentuk
karangan pendek. Kerjakan deskripsi ini secara individual, kemudian
tempelkan hasil karyamu di dinding kelasmu secara menarik!
Contoh: Mengemukakan hal menarik dari cerita.
Cerita yang berjudul Bagaimana Tuhan Menghukum Anak Nakal
sungguh sangat menarik. Aku tak bosan-bosan membacanya berulangulang.
Anak nakal yang diceritakan membuat aku gemes. Mengapa terusmenerus
anak itu melakukan kenakalan? Mengapa dia tidak takut?
Mengapa nakalnya sangat keterlaluan? Dan mengapa Nasrudin begitu
sabar? Jika aku yang mengalami hal seperti itu, apakah aku juga akan sabar
seperti Nasrudin?
117 Hiburan
3. Memberikan Komentar terhadap Karya Teman
Pilihlah salah satu karya temanmu yang sudah ditempel di majalah
dinding dan bacalah! Setelah itu, berikan komentar secara lisan tentang
hasil karya temanmu itu! Komentar difokuskan pada dua kriteria, yaitu
kebenaran isi dan kreativitas, jabaran dari kedua kriteria tersebut dapat
dilihat pada tabel berikut!
Contoh komentar
Deskripsi tentang kemenarikan cerita bersumber dari fakta yang
terungkap dalam cerita. Pengungkapan dengan gaya retoris
(bertanya) cukup menarik dan enak dibaca. Ide yang dimunculkan
cukup kreatif, tidak mengutip paparan yang ada dalam cerita.
Latihan
Bacalah dan hayati kutipan cerita dari buku cerita yang berjudul "Si Bahlul"
karya Kubra Jafri di bawah ini. Selanjutnya, kemukakan hal-hal yang menarik
dan tidak menarik dari kutipan buku cerita tersebut!
Aspek
kebenaran isi
kreativitas penggunaan
bahasa
kreativitas
penggarapan isi
Deskripsi
Isi mengacu pada fakta cerita, tidak
mengada-ada
Kalimat bervariasi, tidak monoton
Kata-kata khas, menarik
Gaya pengungkapan khas
Ide yang dimunculkan asli, tidak
mencontoh paparan yang ada dalam
cerita yang dibaca
118 Bahasa Indonesia, Bahasa Kebanggaanku Kelas VII SMP dan MTs
Bahlul Duduk Di Singgasana Harun Ar Rasyid
Suatu hari, Bahlul datang ke istana Harun dan melihat bahwa singgasana
dalam keadaan kosong. Tak ada seorang pun yang menghentikannya
sehingga ia tanpa ragu-ragu dan tanpa takut duduk di singgasana Harun
itu. Ketika para budak istana melihat hal itu, mereka dengan segera
mencambuknya dan menariknya dari singgasana. Bahlul pun menangis.
Seorang budak menceritakan kejadiannya. Harun pun memarahi mereka
dan mencoba untuk menghibur Bahlul.
Bahlul berkata bahwa ia tidak menangisi keadaannya, tetapi ia
menangisi keadaan Harun. Ia berkata "Aku duduk di kursi kekhalifahan
dengan tidak sah untuk beberapa saat, akibatnya aku menerima pukulan
dan menanggung kemalangan seperti tadi. Tetapi, engkau telah duduk di
singgasana itu selama hidupmu. Alangkah banyak kesulitan yang mesti
kau tanggung, namun masih saja engkau tidak takut akibatnya".
Bahlul dan Pedagang
Suatu hari, seorang pedagang dari Baghdad bertemu dengan Bahlul
dan berkata, "Tuan Bahlul! Berilah aku saran apa yang harus aku beli, yang
akan menguntungkanku." Bahlul lalu menjawab," Besi dan kapas".
Pedagang itu pun pergi dan membeli banyak besi dan kapas. Setelah
beberapa bulan, ia menjual barang-barang itu dan mendapat keuntungan
yang banyak. Ia lalu bertemu lagi dengan Bahlul dan berkata,"Wahai Bahlul
Gila! Apa yang harus aku beli, yang akan menguntungkanku?
Kali ini Bahlul mengatakan untuk membeli bawang dan semangka.
Pedagang itu pun pergi dan membeli bawang dan semangka dengan seluruh
simpanannya. Hanya beberapa hari kemudian, bawang dan semangka itu
semuanya membusuk sehingga ia mengalami banyak kerugian. Ia lalu
segera menemui Bahlul dan berkata, "Ketika aku meminta nasihat padamu
pertama kali, kau menyarankan aku untuk membeli besi dan kapas. Dan
aku memperoleh keuntungan banyak sekali darinya. Tetapi yang kedua,
saran macam apa yang kau berikan padaku! Seluruh kekayaanku habis!".
Bahlul berkata, "pada kali yang pertama kau menyapaku tuan Bahlul,
dan karena kau menyapaku sebagai seorang yang cerdas, maka aku
memberi saran padamu dengan kebijaksanaanku. Sementara pada kali
yang kedua, kau memanggilku dengan panggilan Bahlul Gila, maka aku
memberimu saran layaknya orang gila."
119 Hiburan
Pedagang itu pun malu atas perbuatannya dan memaklumi jawaban
Bahlul.
Bahlul dan Temannya
Suatu hari, seorang teman Bahlul membawa beberapa butir gandum
untuk digiling ke penggilingan. Setelah selesai menggiling, ia mengangkat
ke atas keledainya dan pulang. Di dekat rumah Bahlul, keledai mulai
limbung lalu jatuh. Ia kemudian memanggil Bahlul dan berkata,"Pinjami
aku keledaimu agar aku dapat membawa barangku pulang ke rumah.."
Bahlul telah bersumpah bahwa ia tidak akan meminjamkan keledainya
pada siapa pun, ia pun lalu berkata," Aku tak mempunyai seekor keledai."
Tetapi, kemudian terdengar suara ringkikan keledai."
Laki-laki itu berkata pada Bahlul,"Kau mempunyai seekor keledai, tetapi
kau katakan bahwa kau tidak punya." Bahlul menjawab, "Teman macam
apa kau ini! Meskipun kita telah berteman selama lima puluh tahun, kau
tidak mendengarkanku, kau malah mendengarkan seekor keledai!"
Tugas
Berbagilah menjadi beberapa kelompok! Pinjam buku cerita berjudul "Si
Bahlul" karya Kubra Jafri di perpustakaan sekolahmu atau jika
memungkinkan membeli dari toko buku. Jika tidak ada, kalian bisa
membaca buku cerita lainnya. Diskusikan garis besar, isi cerita, dan halhal
menarik dari cerita yang baru saja kamu baca!
Apa yang kamu Diskusikan?
- Hal-hal yang menarik
atau tidak menarik
- Tokoh dan wataknya
- Nilai-nilai yang terkandung
dalam buku
cerita
120 Bahasa Indonesia, Bahasa Kebanggaanku Kelas VII SMP dan MTs
D. Menulis Puisi
Setelah mengikuti pembelajaran berikut ini, diharapkan kamu mampu:
menunjukkan keaslian gagasan puisi yang ditulis,
menulis puisi tentang peristiwa yang dialami dengan memperhatikan rima,
irama, tipografi, nada, suasana, dan makna puisi.
1. Bahan Penulisan Puisi
Pada pembelajaran yang lalu (Bab III bagian D), kamu sudah dapat
menulis puisi tentang keindahan alam. Seperti penjelasan terdahulu bahwa
banyak hal dan banyak kejadian yang dapat kamu tulis menjadi puisi.
Banyak hal yang dapat kamu gubah menjadi puisi. Untuk menulis puisi
kamu harus peka terhadap setiap peristiwa atau fenomena yang bisa
dituangkan dalam bentuk puisi. Kepekaan seperti itulah yang membedakan
antara seorang penulis puisi dengan orang kebanyakan atau orang awam.
Sering seorang penulis puisi pemula mengalami kebingungan dalam
memulai menulis puisi. Dari mana kita harus memulai menulis puisi? Tentu
saja dari bahan. Bahan puisi adalah realitas kehidupan dan pengalamanmu
sehari-hari. Kamu dapat menulis puisi dari pengalaman-pengalaman itu.
Tugas Portofolio
Berdasarkan penjelasan mengenai unsur-unsur yang membangun atau
membentuk puisi yang telah dijelaskan di depan, tulislah puisi berdasarkan
pengalaman atau peristiwa yang pernah kamu alami. Dalam menulis puisi,
perhatikan rima, irama, tipografi, nada, suasana, dan makna puisi yang
akan kamu tulis itu.
1. Dengarkan petikan wawancara antara wartawan Republika dengan Tukul
Arwana yang akan dibacakan oleh Bapak/Ibu guru! Teks petikan
wawancara dapat diambil pada lampiran! Tuliskan empat hal penting yang
disampaikan Tukul Arwana dalam petikan wawancara tersebut!
2. Tulislah puisi dengan ide kamu sendiri berdasarkan pengalaman terindah
atau paling menyedihkan yang pernah kamu alami. Perhatikan persamaan
bunyi dan pilihan kata yang tepat untuk mengekspresikan pikiran dan
perasaanmu!
Uji Kompetensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar