Senin, 23 Mei 2011

DWI-SEPTI VIII, BAB I

Bab 1 Kebudayaan Indonesia 1
Kebudayaan Indonesia
Sehat Secara Alami
Transportasi
Kegiatan Sekolah
Dokumentasi
Teknologi
Semester 1
Bahasa Indonesia VIII SMP/MTs 2
Bab 1 Kebudayaan Indonesia 3
KEBUDAYAAN INDONESIA 1 Bab
3
Kata Kunci
• laporan
• sistematika
• teks drama
• menulis
• Mendengarkan Laporan
• Sistematika Laporan
• Membaca Teks Drama
• Menulis Naskah Drama
Materi dalam bab ini:
Sumber: keraton.yogya.indo.net
Bahasa Indonesia VIII SMP/MTs 4
Peta Konsep Bab 1
Kebudayaan Indonesia
Mendengarkan Laporan
Sistematika Laporan
Membaca Teks Drama
Menulis Naskah Drama
Menganalisis laporan
Menyampaikan laporan
secara lisan
Mengidentifikasi unsur-unsur
instrinsik teks drama
Menulis naskah drama
satu babak sesuai kaidah
Bab 1 Kebudayaan Indonesia 5
Laporan adalah sesuatu yang dilaporkan. Sesuatu tersebut dapat berupa
penelitian, perjalanan, ataupun peristiwa. Dalam penulisan dan
penyampaian laporan, tentu terdapat kesalahan atau kekurangan sehingga
diperlukan analisis atau penilaian dari orang lain. Hal-hal yang perlu
diperhatikan dalam memenuhi laporan adalah sistematika atau susunannya
dan bahasa yang digunakan.
Tutuplah bukumu! Dengarkan pembacaan laporan berikut ini!
Mendengarkan Laporan
Tujuan Pembelajaran:
Siswa mampu menganalisis laporan
A
PENERIMA BEASISWA SENI DAN BUDAYA INDONESIA (BSBI)
Negara Indonesia kaya akan kebudayaan daerah yang tersebar di seluruh Nusantara. Untuk mengenalkan
budaya Nusantara tersebut kepada masyarakat domestik dan mancanegara, pemerintah menyelenggarakan
program Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) bagi warga asing. Selain itu, BSBI ini juga bertujuan
untuk memantapkan identitas Indonesia di mata dunia.
Saya, ketua panitia penyelenggara pergelaran, melaporkan sebanyak 50 penerima beasiswa Seni dan
Budaya Indonesia, pada Minggu, 19 Agustus 2007, telah sukses menggelar pementasan hasil pelatihan seni
dan studi mereka selama tiga bulan di Indonesia. Pergelaran para mahasiswa asing itu berlangsung meriah
dengan dukungan 1.000 mahasiswa dari 19 perguruan tinggi di seputar Jabotabek dan Bandung.
Acara tersebut dibuka oleh Direktur Diplomasi Publik Departemen Luar Negeri Republik Indonesia, yaitu
Bapak Umar Hadi. Pada akhir acara, acara itu ditutup oleh Menteri Luar Negeri, Bapak Hasan Wirajuda.
Peristiwa tersebut juga disaksikan langsung oleh sejumlah pejabat tinggi negara dan sejumlah duta besar
dari berbagai negara.
Pergelaran seni dan budaya Indonesia pada Minggu, 19 Agustus 2007 mempertunjukkan seni tari, seni
musik, dan lagu dari empat daerah, yaitu Bandung, Solo, dan Yogyakarta. Latihan proses prapergelaran
dilaksanakan di Taman Sari Art Center, selama tiga bulan, kemudian pertunjukkan digelar di Taman Ismail
Marzuki, Jakarta.
Peraih BSBI dari Malaysia, Noor Aznizar, tampil meyakinkan dalam memerankan tokoh Sri Rama dalam
pergelaran Rama Sinta. Pemain yang lain tampil tidak kalah memukau. Program BSBI ini diperkenalkan
pada tahun 2003 dan jumlah peserta terus bertambah sampai tahun ini. Dua puluh lima negara peserta BSBI,
yaitu negara Forum Dialog Pasifik Barat Daya, Forum Kepulauan Pasifik, ASEAN dan plus tiga negara (Cina,
Jepang, dan Korea Selatan).
○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○
Bahasa Indonesia VIII SMP/MTs 6
Pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan biasanya disampaikan
melalui laporan hasil kegiatan. Laporan tersebut dapat disampaikan secara
tertulis atau lisan. Biasanya laporan secara tertulis berbentuk uraian dengan
isi lebih lengkap dan terperinci. Bahasa yang digunakan dalam laporan
tertulis adalah bahasa baku yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.
Sistematika dalam laporan, baik tertulis maupun lisan, terdiri atas
pembukaan, isi, dan penutup. Dalam menyampaikan laporan secara lisan,
bahasa yang digunakan hendaknya merupakan bahasa yang baik, benar,
sesuai dengan konteks (situasi), sederhana, dan mudah dipahami. Laporan
secara lisan hanya menyampaikan hal-hal yang dianggap penting, dan pokok
1. Sebutkan sistematika laporan yang baik?
2. Apa isi pembukaan laporan di atas?
3. Sebutkan tiga isi laporan di atas?
4. Bagaimana pendapatmu tentang bahasa yang digunakan dalam laporan di atas?
5. Bagaimana pendapatmu tentang penutup laporan di atas?
Tugas
1. Dengarkan pembacaan sebuah laporan secara berkelompok!
2. Buatlah analisis dari laporan yang kalian dengarkan!
3. Bandingkan analisismu dengan milik teman-temanmu!
1. Apa yang dimaksud dengan BSBI?
2. Peristiwa apa yang dilaporkan dalam laporan di atas?
3. Siapa yang tampil meyakinkan memerankan tokoh Sri Rama?
4. Siapa saja peserta BSBI?
5. Kapan program BSBI mulai diperkenalkan?
6. Berapa lama program pelatihan dilaksanakan?
7. Sebutkan tujuan program BSBI!
Latihan atihan 1.1
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
Latihan atihan 1.2
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
Sistematika Laporan
Tujuan Pembelajaran:
Siswa mampu menyampaikan laporan secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar.
B
Bab 1 Kebudayaan Indonesia 7
Perhatikan contoh laporan lisan berikut.
1. Siapakah yang menyampaikan laporan di atas?
2. Kegiatan apa yang telah diselenggarakan?
3. Kapan acara tersebut dilaksanakan?
4. Apa tujuan kegiatan Parade Seni tersebut?
5. Pertunjukan apa saja yang ditampilkan?
6. Tulislah pokok-pokok laporan di atas?
7. Tunjukkan bagian yang dapat dihilangkan dalam laporan di atas?
8. Bagaimana penggunaan bahasa dalam laporan lisan di atas?
Kepala sekolah yang kami hormati, Bapak dan Ibu Guru yang kami hormati, dan teman-teman yang
berbahagia.
Saya, Ketua Panita Parade Seni Tradisi dan atas nama seluruh anggota panitia, melaporkan bahwa
kami telah berhasil menyelesaikan kegiatan seni bertajuk “Merah Putih”. Acara tersebut dimulai pada 1
Agustus 2007 dan berakhir pada 5 Agustus 2007. Parade Seni Tradisi ini menampilkan pertunjukan seni tari,
seni musik, dan seni teater. Pertunjukan tersebut tidak lepas dari seni tradisi Jawa. Pertunjukan yang
dipentaskan, antara lain tari Bedhaya, tari Srimpi, tari Merak, instrumen gamelan, karawitan, pembacaan
geguritan, dan ditutup dengan pertunjukan ketoprak yang berjudul “Ronggolawe Gugur”. Parade Seni Tradisi
ini bertujuan untuk mengenal tradisi di Indonesia, khususnya pada tradisi Jawa.
Kami bersyukur kepada Tuhan YME dan kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu
terlaksananya Parade Seni Tradisi ini. Kami berharap acara ini dapat menjadi acara tahunan yang bermanfaat.
Terima kasih.
Tugas
1. Tulislah kerangka laporan lisan tentang sebuah kegiatan!
2. Sampaikan laporan tersebut secara lisan di depan kelas!
3. Berilah tanggapan atas laporan teman-temanmu!
Membaca Teks Drama
Tujuan Pembelajaran:
Siswa mampu mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik teks drama.
C
Naskah drama adalah jenis karya sastra yang ditulis dalam bentuk dialog
antartokoh dalam cerita drama. Dalam membaca dan memahami naskah
drama, kalian harus mengetahui unsur yang membangun naskah drama.
Unsur dalam yang membangun naskah drama disebut unsur intrinsik.
Latihan atihan 1.3
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
Bahasa Indonesia VIII SMP/MTs 8
Unsur intrinsik naskah drama, antara lain adalah.
1. tema, yaitu ide/gagasan utama cerita drama,
2. tokoh, yaitu pelaku dalam cerita drama,
3. penokohan atau perwatakan, yaitu penggambaran keadaan batin dan
fisik tokoh sehingga dapat membedakan tokoh satu dengan yang lain,
4. latar, yaitu tempat dan waktu kejadian peristiwa drama,
5. pesan, yaitu sesuatu/maksud yang ingin disampaikan pengarang,
Bacalah kutipan teks drama berikut ini.
Judul : Zaman
Karya : Sri Kuncoro
Tokoh-tokoh:
Ayah : Kepala rumah tangga, umur 55 tahun, berwatak sabar dan
penyayang.
Ibu : Ibu rumah tangga, umur 50 tahun, berwatak mudah panik dan
mudah tersinggung.
Anak 1 : Gadis, umur 22 tahun, cantik, energik, berjiwa pemberontak, dan
idealis.
Anak 2 : Laki-laki, umur 19 tahun, tegap, kuat, dan egois.
Ibu : Ayah, sepertinya hujan akan turun. Lihatlah mendung itu gelap
sekali. Di mana anak-anak?
Ayah : Tenanglah Bu. Mereka, ‘kan sudah dewasa.
Ibu : Tapi, ‘kan tidak biasanya mereka pulang terlambat. Lagi pula
mendung begini dahsyat.
Ayah : Mereka toh bisa berlindung, jika nanti hujan turun dengan lebat.
Ibu : Ah, Ayah selalu begitu!
Ayah : Ah, Ibu juga selalu begitu!
(Keduanya diam, lalu anak ke-2 memasuki pintu panggung)
Ibu : Kenapa pulang terlambat, Man? Sudah makan siang, Nak?
Anak 2 : Sudah Bu. Tadi, ada demo yang menghambat lalu lintas.
Ayah : Demo tentang apa dan oleh siapa?
Anak 2 : Tidak tahu, Ya. Saya tidak peduli demo macam apa dan oleh siapa.
(Masuk ke kamar, ganti baju, dan keluar lagi).
Ibu : Kau mau kemana lagi, Man?
Anak 2 : Voli, Bu. Ada latihan di stadion.
Ibu : Mendung begitu gelap, kakakmu belum pulang. Carilah dulu!
Anak 2 : Saya sudah terlambat, Bu. Lagi pula Kakak pasti bisa menjaga
diri.
Ibu : Hujan akan segera turun. Nanti dia terjebak hujan. Jemputlah dulu!
Anak 2 : Bu, saya sudah berumur 19 tahun. Jadi, saya rasa, Kakak juga
sudah bukan balita lagi.
Ayah : Man, jangan kasar kepada ibumu!
(Anak 1 mendadak nyelonong masuk dan menghempaskan
tubuhnya ke sofa)
Anak 2 : Tuh, Bu, Putri Cinderela sudah kembali ke istana. Saya pergi dulu!
Anak 1 : Reseh, lu!
Bab 1 Kebudayaan Indonesia 9
Ibu : Dari mana kau, Martha?
Anak 1 : Biasalah, Bu, memperjuangkan keadilan.
Ayah : Keadilan macam apa?
Anak 1 : Keadilan bagi rakyat jelata. Sekarang ini, ya, segala kepentingan umum sudah
dimanipulasi oleh kepentingan golongan dan orang-orang tertentu. Tadi, ya, seandainya
tidak ada bentrok dengan polisi, kami sudah bisa menembus gedung yang angkuh itu.
Ibu : Kau berurusan dengan polisi?
Anak 1 : Demi keadilan, Bu.
Ibu : Jangan macam-macam kamu, ya,!
Anak 1 : Ibu jangan khawatir. Jangan panik seperti itu!
1. Apa tema yang dapat kamu tangkap dari kutipan drama di atas?
2. Siapa saja tokoh dalam kutipan drama di atas?
3. Sebutkah perwatakan tokoh berikut!
4. Di mana dan kapan latar drama di atas?
5. Bagaimana suasana yang melatarbelakanginya?
6. Mengapa Martha bentrok dengan polisi?
7. Apa tujuan Martha berdemonstrasi?
8. Amanat apa yang kamu temukan dalam kutipan drama di atas?
No. Tokoh Perwatakan
1.
2.
3.
4.
Ayah
Ibu
Anak 1 (Martha)
Anak 2 (Arman)
...........................................................................
...........................................................................
...........................................................................
...........................................................................
Tugas
1. Bacalah naskah drama yang lain!
2. Sebutkan unsur intrinsik drama tersebut!
3. Isilah unsur intrinsik drama dalam tabel berikut!
No. Tokoh
1.
2.
3.
4.
............
............
............
............
Perwatakan
.......................
.......................
.......................
.......................
Latar
............
............
............
............
Pesan
............
............
............
............
Kalimat yang Mendukung
.........................................
.........................................
.........................................
.........................................
Latihan atihan 1.3
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
Bahasa Indonesia VIII SMP/MTs 10
Ayah : Asal kamu juga tidak sembrono dalam bertindak. Zaman ini zaman
badak. Semoga kamu dan teman-temanmu tak turut jadi badak.
Drama berasal dari kata draomaoi yang artinya bergerak atau berbuat.
Drama adalah perbuatan manusia yang dipentaskan di atas panggung.
Semua pentas drama berasal dari naskah drama, baik tertulis maupun tidak
tertulis.
Zaman dahulu, bermain drama tidak memerlukan naskah tertulis.
Mereka menghafalkan dialog, jalan cerita, dan karakter tokohnya, misalnya
ketoprak, ludruk, dan lenong.
Siapa yang menulis naskah drama? Apa isi naskah drama? Bagaimana
kaidah penulisannya? Pernahkah kalian menulis naskah drama? Perhatikan
hal-hal yang berkaitan dengan penulisan drama berikut!
1. Sumber penulisan
a. Ide atau imajinasi,
b. Cerita-cerita legenda, cerpen, novel dan sebagainya, dan
c. Kejadian-kejadian/keadaan sosial masyarakat.
2. Bentuk naskah drama
Naskah drama berbentuk dialog-dialog tokoh (disertai petunjuk/teknis
permainan).
3. Kaidah penulisan drama
Perhatikan contoh berikut!
Aman dan Amat : Selamat pagi!
(Lalu kedua nona itu duduk di tempat duduknya
masing-masing. Sebentar kemudian bangkit lagi, lalu
berkata kepada Aman)
Ningsih : Saudara Aman, kalau Pak Tembak datang nanti, dan
kami belum kembali, bilang saja kami pergi ke Pasar
Baru sebentar.
Aman : (kaget) Lo! Saya tidak mau tanggung, Saudara. Dia
sudah acap kali marah-marah karena pegawainya tidak
pernah ada di tempatnya masing-masing.
(dikutip dari naskah drama “Tuan Amin” karya Amal
Hamzah)
Dari contoh di atas, dapat disimpulkan kaidah penulisan drama.
a. Kalimat dialog tidak menggunakan tanda petik (“…..”)
b. Nama tokoh ditulis sejajar dengan dialog
Aman dan Amat : Selamat pagi ….
Ningsih : Saudara Aman ….
Aman : (kaget) Lo! ….
Menulis Naskah Drama
Tujuan Pembelajaran:
Siswa mampu menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama
D
Bab 1 Kebudayaan Indonesia 11
Model lain penulisan ialah nama tokoh ditulis di atas dialog.
Aman dan Amat:
Selamat pagi ….
Ningsih:
Saudara Aman ….
c. Petunjuk teknis (keterangan) ditulis dengan huruf yang berbeda
atau dengan huruf kapital. Petunjuk teknis ini boleh diletakkan
pada awal, tengah, atau akhir dialog.
4. Langkah-langkah penulisan drama adalah
a. menentukan tema/topik,
b. menentukan isi cerita,
c. menentukan alur,
d. membuat kerangka,
e. mengembangkan kerangka, dan
f. melakukan evaluasi dan pembenahan.
Bacalah dan perhatikan contoh kutipan naskah drama berjudul “Tuan
Amin” karya Amal Hamzah berikut ini!
Aman : (Merengut) Ah, gadis-gadis ini, yang dapat susah saya juga. Si
Tembak meradang-radang sama saya juga.
Amat : Saudara Aman, bodoh! Suruh saja si Tembak terus langsung.
Masuk dalam ruangan yang sekecil ini kalau mau ngomong sama
yang lain mesti pakai pengacara.
Aman : Itulah, makanya saya kesal di sini. Telah berpuluh-puluh kali saya
bilang sama dia. Tuan Amin, kalau saya yang bilangin, pegawai itu
toh tak ambil pusing.
Amat : Lantas apa jawabnya?
Aman : Jawabannya begini, Saudara! Dalam tiap-tiap kantor, mesti ada
organisasi. Kita bekerja mesti ada aturan, kalau tidak, tentu tidak
beres. Saya di sini sebagai kepala dan Saudara saya angkat jadi
wakil kepala. Kalau ada apa-apa saya bilang sama Saudara, dan
Saudaralah yang menyampaikannya pada pegawai rendah.
Amat : (Tertawa mencemooh) Ha, ha ha…Saudara Aman, saya mengerti
kalau sekiranya di ruangan ini ada enam ribu pegawainya. Tapi,
untuk orang yang hanya delapan ekor dengan dia sendiri, apa dia
tidak bisa berbicara langsung? Dan lagi, berapa meterkah jarak
dari mejanya sampai ke meja masing-masing kulitnya?
Aman : Ah, Saudara, dia tidak mau ambil pusing! Dia bilang “Saya tidak
bisa disamakan dengan pegawai biasa. Saya kepala” bilangnya.
1. Apa yang dimaksud dengan seni drama?
2. Apa yang dimaksud dengan naskah drama?
3. Apa bentuk naskah drama?
Latihan atihan 1.5
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
Bahasa Indonesia VIII SMP/MTs 12
A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!
1. … Untuk melihat semua kebudayaan daerah Indonesia, kalian tak perlu menyusuri
Nusantara. Di TMII semua kebudayaan daerah Indonesia ditampilkan. Untuk itulah, penulis
melakukan perjalanan wisata ke TMII.
Kalimat di atas merupakan kutipan … laporan.
a. pendahuluan c. penutup
b. isi d. kesimpulan
2. Tempat pertama yang kami kunjungi adalah anjungan Sumatra. Di sana banyak terdapat
contoh budaya, resepsi Batak, Minang, dan Aceh.
Kalimat di atas merupakan kutipan … laporan
a. kata pengantar c. isi
b. pendahuluan d. penutup
3. Kami berharap semoga laporan ini bermanfaat bagi kami dan pembaca.
Kalimat di atas merupakan kutipan laporan bagian ….
a. kata pengantar c. isi
b. pendahuluan d. penutup
4. Kepala Sekolah yang kami hormati,
Bapak dan Ibu Guru yang kami hormati, dan teman-teman yang berbahagia.
Kalimat di atas merupakan …. laporan
a. kata pengantar c. isi
b. pendahuluan d. penutup
5. Contoh kata yang telah mengalami perluasan makna adalah ….
a. kitab c. bapak
b. buku d. ibu
Tugas
1. Tulislah sebuah teks drama satu babak sesuai dengan idemu sendiri!
2. Bacakan naskah tersebut di depan kelas!
3. Mintalah tanggapan dari teman-teman dan gurumu!
4. Perbaikilah naskah drama itu berdasarkan masukan dari teman-teman dan gurumu!
Latihan atihan
Kerjakan pada buku latihanmu.
4. Mengapa zaman dahulu pementasan drama tidak menggunakan naskah tertulis?
5. Sebutkan kaidah penulisan naskah drama?
6. Tulislah 4 dialog dari 2 tokoh sesuai dengan kaidah penulisan naskah drama!
7. Tulislah sebuah dialog drama dalam suasana sedih, lengkap dengan petunjuk teknisnya!
8. Tulislah sebuah penggambaran latar dalam peristiwa drama!
9. Siapa saja tokoh dalam kutipan drama di atas?
10. Bagaimana perwatakan setiap tokoh tersebut?
Bab 1 Kebudayaan Indonesia 13
6. Koswara : Sejak aku pulang tadi malam tak sedikit pun engkau gembira.
Rini : Engkau dan aku tentu saja berbeda. Di sini dalam serba kekurangan. Di sana
dalam sorga kenangan berjalan-jalan di bawah rembulan ....
Koswara : Sejak Nona Zahra di sini tak habis-habisnya engkau menyindir aku.
Rini : Katakan saja, “pucuk dicinta ulam tiba” (tertawa mengejek). Tidakkah engkau
gembira bertemu lagi dengan nona yang manis itu? Dan sekali ini, tidak disertai
pula! Tentu banyak yang kaucurahkan kepadanya.
Koswara : Kenalanku perempuan ada beberapa orang dulu. Tidak pernah engkau cemburu
sekeras itu!
Rini : Sikapmu pada yang lain itu berbeda.
Sikap Rini yang tampak dalam adegan penggalan drama tersebut adalah ....
a. tidak gembira c. pencemburu
b. suka menyindir d. suka mengejek
7. Hendra : Terima kasih, Dik.
Erwin : Sebenarnya, sudah lama aku ingin mengajakmu ke kota, tapi mengingat ibuku
masih sakit, ya, kutunda sampai hari ini.
Hendra : Ya, itulah Dik, makanya, aku belum mau melangkah ke luar kota. Sekarang ibuku
sudah sehat dan sudah mulai bekerja lagi. Kapan kita berangkat?
Erwin : Seminggu lagi? Bagaimana?
Hendra : Baiklah aku nanti minta izin kepada ibuku dulu.
Isi penggalan drama di atas adalah ….
a. Ibu Hendra sedang sakit dan Hendra harus menunggu
b. Erwin ingin mengajak Hendra ke kota
c. Hendra merasa kecewa karena ibunya sakit
d. Erwin menengok Hendra karena ibunya sakit
8. Adi : Benar dalam liburan ini sekolah kita akan berdarmawisata, Pak?
Kepala sekolah : Benar! Mengapa Adi bertanya?
Adi : Untuk meyakinkan diri. Darmawisata ke mana, Pak?
Kepala sekolah : Belum dipastikan. Mungkin ke Kebun Raya Bogor. Mungkin pula ke
Pantai Pangandaran.
Adi : Mudah-mudahan ke Kebun Raya Bogor. Saya belum pernah pergi ke
sana.
Kepala sekolah : Hal itu ditentukan oleh hasil rapat.
Watak kepala sekolah berdasarkan penggalan drama di atas adalah ….
a. bijaksana
b. pemberani
c. penakut
d. keras kepala
9. Watak Adi dalam kutipan nomor 8 adalah ….
a. bijaksana c. penakut
b. pemberani d. keras kepala
10. Bacalah kutipan drama berikut!
Ishak : Aku akan tetap mencintaimu. Tapi, aku tidak dapat berbuat apa-apa.
Satilawati : Perkara cinta jangan disebut juga. Engkau tahu sendiri, aku cinta pula
kepadamu. Tapi, apa maksudmu?
Ishak : Aku tidak mau mengikuti engkau. Artinya, engkau jangan menunggu aku.
Kawin saja dengan orang lain.
Satilawati : (berontak) Tapi, itu aku tidak mau, tidak bisa. Engkau boleh pergi sekarang,
tapi lekas kembali. Aku tetap menunggumu.
Bahasa Indonesia VIII SMP/MTs 14
Watak Satilawati dalam drama tersebut adalah ….
a. lembut c. pasrah
b. keras d. penurut
11. Bahasa yang digunakan dalam laporan adalah bahasa ….
a. baku c. daerah
b. tutur d. ilmiah
12. Waktu, tempat, dan tujuan kegiatan dalam laporan terdapat pada bagian ….
a. pendahuluan c. penutup
b. isi d. kesimpulan
13. Tempat dan waktu kejadian peristiwa drama disebut ….
a. latar
b. tema
c. alur
d. perwatakan
Aman : Saya juga telah memerhatikan sikap Saudara terhadap dia. Kok, Saudara berani benar?
Amat : Begini Saudara Aman kalau orang hormat dan sopan terhadap saya, saya seribu kali
sopan dan hormat terhadap dia. Tapi, kalau saya lihat dia angkuh dan sombong dan
mau memperlihatkan kepada saya bahwa dia di kantor ini kepala, wah, sayalah yang
lebih angkuh dan sombong lagi. Saudara Aman, lihat sajalah sikap saya terhadap dia.
14. Watak Amat dalam kutipan drama di atas ….
a. sopan c. angkuh
b. baik hati d. pendendam
15. Latar kutipan drama di atas, yaitu di ….
a. teras rumah c. dalam kantor
b. teras kantor d. pinggir jalan
B. Jawablah pertanyaan berikut!
1. Apa perbedaan laporan yang disampaikan secara tertulis dengan lisan?
2. Bagaimana sistematika laporan yang baik?
3. Sebutkan unsur-unsur intrinsik naskah drama?
Gito : Ini pasti ulah si Rika. Ia balas dendam kepada kita.
Nadia : Rasanya, hal itu tidak mungkin Rika bukan tipe anak pendendam. Setahuku, selama
ini ia baik.
Gito : Mungkin juga. Buktinya, kelas kita sekarang kotor. Mungkin sepulang sekolah
kemarin, ia sengaja membuang sampah-sampah ini.
4. Apa isi kutipan drama di atas?
5. Lengkapilah dialog drama berikut!
Munawardi : Tolong …, ada yang mau berbuat jahat kepada saya!
Orang-orang : Mana … mana orangnya?
Munawardi : Itu, Pak!
Dudi : Ayo, kita hajar. Biar kapok!
Kundi : ….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar