Senin, 23 Mei 2011

DWI_SEPTI VIII, BAB VI

Bab 6 Teknologi 55
6 Bab
55
Kata Kunci
• berita radio/TV
• membaca
• berdiskusi
• menulis puisi
• Mendengarkan Berita Radio/TV
• Membaca Ekstensif
• Mendiskusikan Kutipan Novel
• Menulis Puisi Bebas
Materi dalam bab ini:
Sumber: www.geocities.com
TEKNOL TEKNOLOGI OGI
Bahasa Indonesia VIII SMP/MTs 56
Peta Konsep Bab 6
Teknologi
Mendengarkan Berita
Membaca Ekstensif
Mendiskusikan
Kutipan novel
Menulis Puisi
Menulis puisi bebas
dengan pilihan
kata yang sesuai
Mengomentari
kutipan novel
Menemukan
pokok berita
Menemukan masalah utama
dari beberapa teks yang
bertopik sama
Bab 6 Teknologi 57
Kamu tentu sudah tidak asing dengan siaran berita di radio ataupun
televisi. Apa saja hal penting yang kamu peroleh dari siaran berita tersebut?
Berita merupakan informasi tentang suatu hal atau peristiwa yang terjadi,
faktual, tidak ketinggalan zaman (up to date) yang disampaikan kepada
publik atau khalayak ramai. Kamu akan dapat memahami berita yang
disampaikan secara jelas apabila kamu mampu menemukan pokok-pokok
berita tersebut. Pokok-pokok berita tersebut merupakan poin penting dalam
kejadian suatu peristiwa, yaitu peristiwa apa yang terjadi, siapa saja yang
terlibat, mengapa peristiwa tersebut terjadi, di mana dan kapan terjadinya,
serta bagaimana kejadian kronologisnya (urutannya).
Dengarkan siaran berita di TV berikut!
Mendengarkan Berita Radio/TV
Tujuan Pembelajaran:
Siswa dapat menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, mengapa, di mana, kapan, bagaimana).
A
KONVOI 1.000 APV
Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-62 Kemerdekaan Republik Indonesia, PT Indomobil
Niaga Internasional dan PT Indomobil Suzuki Internasional, Minggu (26/8) pagi, mengadakan konvoi 1.000
Suzuki APV yang sekaligus dimaksudkan untuk membukukan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan
kategori kendaraan jumlah terbanyak dengan satu merek dan satu model.
Pada hari itu sebanyak 1.596 Suzuki APV terdaftar ikut berpartisipasi dalam konvoi 1.000 Suzuki APV
yang berlangsung pekan lalu. Namun, karena kemacetan lalu lintas yang terjadi, tidak semua Suzuki APV
yang berpartisipasi dalam konvoi 1.000 APV memasuki lapangan yang telah ditentukan untuk dihitung oleh
personel MURI. Dengan demikian, sampai saat terakhir, hanya tercatat 1.332 Suzuki APV yang berpartisipasi.
Konvoi 1.000 Suzuki APV itu melintas di jalan tol dalam kota. Tampak dari udara seribuan mobil Suzuki
APV yang melintas di ruas tol dalam kota menjelang pintu keluar Ancol/PRJ Kemayoran.
Sumber: Kompas, 31 Agustus 2007
○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○
1. Apa yang dimaksud dengan Konvoi 1.000 APV?
2. Peristiwa apa yang disampaikan dalam siaran berita tersebut?
3. Siapakah yang melakukan konvoi?
4. Atas prakarsa siapakah konvoi tersebut?
5. Dalam rangka apa konvoi 1.000 APV tersebut diadakan?
6. Mengapa konvoi tersebut harus melibatkan 1.000 mobil Suzuki APV?
7. Apakah konvoi tersebut berhasil memecahkan rekor MURI?
Latihan atihan 6.1
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
Bahasa Indonesia VIII SMP/MTs 58
Tugas
1. Dengarkan berita dari radio atau televisi!
2. Temukan pokok-pokok berita tersebut!
3. Catatlah: a) peristiwa apakah yang terjadi,
b) siapa yang terlibat,
c) mengapa bisa terjadi,
d) di mana kejadiannya,
e) kapan terjadinya, dan
f) bagaimana kejadiannya!
Membaca Ekstensif
Tujuan Pembelajaran:
Siswa dapat menemukan masalah utama dari beberapa berita yang bertopik sama melalui membaca ekstensif.
B
8. Di mana konvoi tersebut melintas?
9. Kapan konvoi tersebut dilaksanakan?
10. Dari siaran berita tersebut, dapatkah kamu ceritakan bagaimana
jalannya konvoi 1.000 APV tersebut?
Membaca ekstensif merupakan teknik membaca secara sekilas tanpa
mengurangi pemahaman inti bacaan. Membaca ekstensif juga disebut
sebagai teknik membaca cepat. Membaca ekstensif bertujuan untuk
menemukan atau mengetahui secara cepat masalah utama dari teks bacaan.
Apabila diperlukan pemahaman mengenai detail atau perincian isi bacaan,
barulah digunakan teknik membaca secara mendalam (intensif).
Bacalah teks berikut secara ekstensif!
Teks berita 1
KERJA SAMA MICROSOFT DAN ITB
Pada 4 Mei 2006, di bawah inisiatif Local Software Economy Development (LSED), Microsoft
berkomitmen untuk mendukung perkembangan industri piranti Innovation Centre (MIC). Wujud
dari komitmen tersebut, PT Microsoft Indonesia mendirikan pusat pengembangan inovasi yang
kedua di ITB. Sebelumnya, Microsoft bekerja sama dengan Institut Teknologi Surabaya (ITS) untuk
membuat proyek yang sama.
Sumber: Digicom, Edisi 66, Juni 2006
○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○
Bab 6 Teknologi 59
Teks berita 2
XL Meriahkan FIFA World Cup 2006
PT Excelcomindo Pratama TBK (XL) menjalin kemitraan dengan perusahaan internet
terkemuka di dunia, Yahoo Inc. Sebagai mitra resmi FIFA World Cup 2006, menyediakan akses
secara ekslusif mobile content bagi pelanggan XL melalui WAP site www.fifa.com. Penandatanganan
kerja sama dilakukan pada tanggal 11 Mei 2006 di Jakarta. Kemitraan merupakan bagian dari
rangkaian program XL dalam memeriahkan ajang bergengsi Piala Dunia yang diberi tajuk XL Sport
Life: 2006 World Cup. Kedua belah pihak akan segera menandatangani kontrak pelaksanaan dengan
Persatuan Sepak Bola Dunia FIFA, sebagai manajemen dari even piala dunia.
Sumber: Digicom, Edisi 66, Juni 2006
1. Apa yang harus kamu lakukan ketika membaca secara ekstensif?
2. Sebutkan perbedaan antara membaca ekstensif dan membaca intensif!
3. Apa yang dilakukan Microsoft untuk mendukung perkembangan industri piranti
lunak?
4. Apa tujuan kerja sama antara ITB dengan Microsoft?
5. Dalam bidang apa ITB dan Microsoft bekerja sama?
6. Apa masalah utama dari Teks Berita 1?
7. Apa masalah utama dari Teks Berita 2?
8. Dalam Teks Berita 2, siapa saja yang menjalin kemitraan?
9. Kapan kerja sama/kemitraan tersebut disahkan?
Tugas
1. Bacakan dua/lebih teks berita yang bertopik “Teknologi Modern” secara ekstensif!
2. Temukan masalah utama dari tiap-tiap teks berita tersebut!
Novel merupakan salah satu bentuk (genre) karya sastra. Novel biasanya
menceritakan seluruh atau sebagian saja tentang kehidupan seseorang.
Tokoh dalam sebuah novel tidak terpusat hanya pada seseorang tokoh seperti
dalam cerita pendek. Konflik/permasalahannya juga lebih rumit. Kisah
dalam novel diceritakan secara panjang lebar dan detail.
Di dalam sebuah karya novel, tentu ada kelebihan dan kekurangannya.
Tentu kamu akan menemukan hal-hal menarik, unik, sesuatu yang kamu
sukai, dan bahkan sesuatu yang tidak kamu sukai. Kamu dapat
Mendiskusikan Kutipan Novel
Tujuan Pembelajaran:
Siswa dapat mengomentari kutipan novel remaja (asli/terjemahan).
C
Latihan atihan 6.2
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
Bahasa Indonesia VIII SMP/MTs 60
mengomentari kekurangan dan kelebihan tersebut, atau bahkan
mengomentari isi novel. Agar bisa berkomentar dengan baik, kamu terlebih
dahulu harus dapat mengapresiasi dengan baik pula. Agar apresiasi dan
komentarmu objektif dan kreatif, kamu bisa menelaah novel yang telah
kamu baca bersama teman-temanmu dalam diskusi.
Perhatikan kutipan novel terjemahan berikut!
Judul Novel : Sang Alkemis
Karya : Paulo Coelho
Penerbit : Gramedia, Jakarta, 2006
Halaman 9–10
“Aku hendak menjual wol,” kata si anak lelaki kepada saudagar itu.
Toko itu sedang ramai, maka si saudagar menyuruh anak gembala itu
menunggu sampai sore. Anak itu pun duduk di undak-undak toko, dan
mengeluarkan buku dari tasnya.
“Ternyata anak gembala bisa juga membaca,” terdengar suara seorang
gadis di belakangnya.
Wajah gadis itu khas daerah Andalusia, rambutnya hitam bergelombang
dan sepasang matanya samar-samar mengingatkan akan bangsa Moor
penakluk.
“Yah, biasanya aku lebih banyak belajar dari domba-dombaku daripada
buku-buku,” sahut si anak. Selama dua jam berbincang-bincang, gadis itu
menceritakan bahwa dia putri sang saudagar! Dia juga menceritakan
kehidupan di desa yang dari hari ke harinya selalu sama. Si anak gembala
menceritakan pedesaan Andalusia serta berbagai berita dari kota-kota yang
pernah disinggahinya. Senang rasanya kali ini teman bicaranya bukanlah
domba-dombanya.
“Bagaimana kau belajar membaca?” tanya gadis itu di tengah obrolan
mereka.
“Seperti orang-orang pada umumnya,” sahut si anak gembala. “Di
sekolah.”
“Kalau kau bisa membaca, mengapa kau cuma menjadi gembala?”
Si anak lelaki bergumam-gumam tak jelas untuk menghindari menjawab
pertanyaan gadis itu. Dia yakin si gadis tidak bakal mengerti. Maka dia
meneruskan bercerita tentang pengalaman-pengalamannya, dan sepasang
mata gadis itu terbelalak heran bercampur takut. Waktu berlalu dan si anak
lelaki berharap hari itu tidak bakal berakhir. Dia berharap ayah gadis itu terus
sibuk sehingga dia merasakan sesuatu yang belum pernah dialaminya: hasrat
untuk menetap di satu tempat selama-lamanya. Bersama gadis berambut
hitam kelam ini hari-harinya tak kan pernah sama lagi.
Namun, akhirnya saudagar itu muncul dan meminta si anak mencukur
empat dombanya. Kemudian, dia membayar harga wol itu dan meminta si
anak gembala datang kembali tahun depan.
Bab 6 Teknologi 61
Puisi merupakan salah satu bentuk karya sastra yang terdiri atas bait dan baris. Baris dan
bait tersebut terdiri atas susunan kata yang indah dan padat. Kata tersebut dipilih sesuai situasi
dan kondisi isi puisi. Makna kata dalam puisi akan mencerminkan makna puisi secara
keseluruhan. Pilihan kata dalam puisi disebut dengan istilah diksi.
Adapun langkah-langkah menulis puisi bebas, antara lain sebagai berikut
1. Tentukan tema.
2. Tulislah baris demi baris dan bait demi bait dengan pilihan kata yang tepat sehingga tercipta
sebuah puisi.
3. Koreksi kembali antara ketepatan diksi dengan makna.
4. Padatkan kata-kata dalam puisi tanpa mengurangi makna.
Puisi bebas merupakan puisi yang tidak terikat oleh aturan-aturan tertentu, baik dalam
baris, bait, maupun pilihan kata.
Perhatikan contoh penggalan puisi bebas berikut ini!
Di Bawah Layar
Karya: D. Zawawi Imron
............
Olle ollang
Memanjat ombak
Mengejar angin
1. Siapa saja tokoh dalam kutipan novel di atas?
2. Di mana latar tempat kejadian dalam kutipan novel di atas?
3. Apa saja yang diceritakan anak gembala kepada putri saudagar?
4. Bagaimana menurutmu isi kutipan novel tersebut?
5. Menarikkah isi kutipan novel tersebut? Dapatkah kamu mengungkapkan sisi
menariknya?
6. Apa komentarmu tentang isi kutipan novel di atas?
7. Bagaimana penokohan dalam kutipan novel di atas?
8. Nilai apa yang dapat dipetik dari kutipan di atas?
Tugas
1. Bacakan novel lain karya pengarang Indonesia ataupun novel terjemahan!
2. Tuliskan kutipan novel tersebut!
3. Diskusikan kutipan novel tersebut agar kalian dapat menelaah kekurangan dan kelebihan
novel!
4. Komentarilah novel tersebut secara objektif sesuai dengan apresiasimu!
Menulis Puisi Bebas
Tujuan Pembelajaran:
Siswa dapat menulis puisi bebas dengan menggunakan pilihan kata yang sesuai.
D
Latihan atihan 6.3
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
Bahasa Indonesia VIII SMP/MTs 62
Menurut cerita
Aku ini keturunan pejuang
Penguasa laut jawa
Pada abad-abad yang lalu
Maka mekarlah daun telingaku
Maka kembanglah isi dadaku
Begitu engkau menyebut namaku
~ Karaeng Gaksong ~
Di atas pinisi
Dialah yang paling gagah berdiri di haluan
Dan tangan siap di tangkai badik
Mata nyalang berhulu ke magma
Menatap cakrawala
Di gigir laut
Seiring kapal kompeni
Siri bergolak melebihi ombak
Dalam darah
.....
1. Siapa yang dimaksud dengan keturunan pejuang dalam penggalan puisi di atas?
2. Sebutkan makna kata berikut!
No. Diksi Perwatakan
1.
2.
3.
4.
5.
Maka mekarlah daun telingaku
Maka kembanglah isi dadaku
Memanjat ombak
Mengejar angin
Siri bergolak melebihi ombak
...........................................................................
...........................................................................
...........................................................................
...........................................................................
Tugas
Tulislah sebuah puisi bebas bertema teknologi dengan menggunakan pilihan kata yang
tepat dan sesuai!
Latihan atihan 6.4
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
3. Apa yang dimaksud dengan diksi? Mengapa penggunaan diksi dalam menulis puisi
harus tepat?
4. Sebutkan langkah-langkah menulis puisi bebas?
5. Mengapa puisi karya D. Zawawi Imron di atas disebut sebagai puisi bebas? Berikan
alasanmu!
Bab 6 Teknologi 63
A. Pilihlah jawaban yang paling tepat!
1. Informasi tentang suatu hal atau peristiwa yang terjadi melalui siaran radio atau televisi
disebut ....
a. fakta
b. berita
c. kuis
d. reality show
2. Polisi sedang menyampaikan kejadian secara kronologis. Yang dimaksud dengan kronologis
adalah ....
a. up to date
b. pokok-pokok berita
c. urutan kejadian
d. peristiwa faktual
3. Berikut ini merupakan hal-hal yang harus diperhatikan untuk menemukan pokok-pokok
berita, kecuali ....
a. peristiwa apa
b. siapa yang terlibat
c. kapan dan di mana
d. bagaimana pendapat pembawa berita
4. Berita peristiwa dapat ditemukan di tempat-tempat berikut, kecuali ....
a. memorandum
b. radio
c. televisi
d. surat kabar
5. Teknik membaca sekilas tanpa mengurangi pemahaman terhadap inti bacaan disebut
....
a. membaca intensif
b. membaca ekstensif
c. membaca scanning
d. membaca indah
Perhatikan teks berikut!
KARTASURA GELAR DONOR DARAH
Sekitar 37 peserta mengikuti donor darah yang diadakan di Kantor Kecamatan Kartasura,
Rabu (22/8/2007). Kepala markas Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Sukoharjo, Ahmad
Basuki, menjelaskan bahwa pada kesempatan tersebut berhasil ditampung 37 kantong darah
dari seluruh peserta yang terdiri atas warga setempat. “Donor darah ini sebagai upaya
memenuhi ketersediaan stok di bank darah. Kegiatan dilaksanakan pukul 09.00 WIB hingga
pukul 12.00 WIB,” kata Basuki kepada Espos.
Sumber: Solopos, 23 Agustus 2007
Latihan atihan akhir bab
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
Bahasa Indonesia VIII SMP/MTs 64
6. Informasi berita di atas dimuat dalam….
a. memorandum
b. radio
c. televisi
d. surat kabar
7. Kapan kegiatan donor darah di atas dilaksanakan?
a. Rabu, 22 Agustus 2007
b. Rabu, -8-,. Thn 2007
c. pukul 12.00 – 09.00 WIB
d. pada bulan Agustus
8. Siapa kepala markas PMI cabang Sukoharjo?
a. Ahmad Basuki
b. Basuki Ahmad
c. Basuki Resobowo
d. Rahmad Basuki
9. Masalah utama teks berita di atas adalah....
a. Sekitar 37 peserta menyumbangkan darah
b. Kantor Kecamatan Kartasura menggelar acara donor darah
c. PMI menyelenggarakan acara donor darah
d. Ahmad Basuki merupakan penyelenggara donor darah
10. Membaca intensif merupakan teknik membaca secara ….
a. selayang pandang
b. cepat
c. sekilas
d. mendalam
11. Kisah cerita tentang keseluruhan atau sebagian hidup seseorang yang diceritakan secara
panjang lebar dan detail disebut ….
a. puisi
b. cerpen
c. novel
d. cerbung
12. Novel berjudul Misteri Kereta Api Biru karya Agatha Christie merupakan novel ....
a. asli Indonesia
b. terjemahan
c. saduran
d. jiplakan
13. Berikut ini merupakan contoh komentar yang baik terhadap sebuah novel, kecuali ....
a. Sang Alkenis telah menjadi salah satu novel yang paling banyak dibaca di dunia.
b. Cerita novel tersebut tidak terjebak pada kisah percintaan semata.
c. Novel tersebut sangat arogan dan sama sekali tidak pantas dibaca.
d. Menurut saya, novel tersebut kurang menarik dan alurnya membingungkan.
Bab 6 Teknologi 65
No. Membaca Ekstensif Membaca Intensif
1.
2.
3.
...................................
...................................
...................................
...........................................................................
...........................................................................
...........................................................................
14. Paruh elang itu menancap di dadaku
Mengiris manis dalam lukaku
Seperti matanya juga
Menghunus seribu anak panah
Menyergap hati dan cintaku
Bait di atas termasuk ....
a. puisi bebas
b. syair
c. pantun
d. gurindam
15. Pilihan kata dalam puisi disebut ....
a. frasa
b. diksi
c. makna
d. bait
B. Jawablah pertanyaan berikut ini!
1. PENGHARGAAN DUTA MUDA BAYER
Berkat kemampuan dan semangat melestarikan lingkungan, empat mahasiswa Indonesia
meraih penghargaan Duta Muda Bayer dalam Pengelolaan Lingkungan Tahun 2007. Mereka
adalah Muhammad Syafrudin (Fakultas MIPA ITB) dengan proyek ”Reklamasi Air untuk
Skala Komunitas”, dan Yerry Aditama (FE Universitas Udayana) dengan proyek “Rehabilitasi
Terumbu Karang di Pulau Serangan, Bali”. Pemenang lain adalah Husnul Khatimah (FISIP
UI) dengan proyek “Pertunjukan Wayang Bertema Lingkungan di Kalimantan Barat” dan
Ratu Tisha Destria (Fakultas MIPA ITB) dengan proyek “Pengendalian Mutu untuk
Mendukung Manajemen Pengelolaan Sampah di ITB”. Mereka berhak mengikuti perjalanan
studi ke Jerman untuk mempelajari praktik perlindungan lingkungan di negara industri.
(EVY)
Sumber: Kompas, 22 Agustus 2007
Apakah pokok-pokok berita di atas?
2. Hal-hal apa saja yang perlu kamu perhatikan untuk menemukan pokok-pokok berita?
3. Sebutkan perbedaan antara membaca ekstensif dan membaca intensif
4. Bagaimana cara yang baik untuk mengomentari sebuah novel?
5. a. Bagaimana langkah-langkah menulis puisi bebas?
b. Tuliskan puisi bebas dengan tema “Remaja dan Kreativitasnya”!
66
Latihan Semester 1
Kerjakan pada buku tugasmu.
A. Pilihlah Jawaban yang paling tepat!
Bacalah teks berikut secara ekstensif!
PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN
Yogyakarta, kewirausahaan merupakan strategi nyata untuk mewujudkan kesejahteraan
bangsa. Karena itu, sekolah sepatutnya menanamkan jiwa kewirausahaan kepada anak didiknya
yang mendalami bidang bisnis.
“Dengan hati menangis, saya menyaksikan generasi muda terdidik bangsa tidak berhasil
memperoleh pekerjaan dan dianggap rendah oleh bangsa lain,” ujar pebisnis Ir. Ciputra dalam
kuliah perdana sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Senin (10/9).
Oleh karena itu, dia berharap lembaga pendidikan mampu menciptakan generasi muda
yang memiliki jiwa kewirausahaan sehingga mereka bisa mengubah rongsokan menjadi emas.
”Peran sekolah dan perguruan tinggi untuk menanamkan jiwa enterpeneur sangat tinggi.
Kewirausahaan perlu diperkenalkan, dipromosikan, dan dipelajari oleh generasi muda. Apalagi
kebanyakan generasi muda tidak dibesarkan dalam budaya wirausahaan sehingga ketika dewasa
memiliki pola pikir untuk mencari kerja dan bukan menciptakan kerja,” katanya.
Sekolah dan lembaga pendidikan formal lainnya, menurut Ciputra adalah sarana terbaik
untuk menanamkan jiwa kewirausahaan. “Dari pengalaman 50 tahun praktik wirausaha di
Indonesia dan dunia internasional, kewirausahaan dapat dipelajari,” kata pemilik tiga grup bisnis
bidang properti itu.
”Perguruan tinggi,” lanjut Ciputra. ”Harusnya bisa menjadi pusat pengembangan
kewirausahaan dengan cara, antara lain membangun pusat pengkajian dan pembelajaran
kurikulum kewirausahaan.”
Sumber: Kompas, 11 September 2007
1. Kewirausahaan merupakan gerakan bisnis untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa
dengan cara menciptakan….
a. jaringan kerja baru c. usaha formal institusi baru
b. lapangan kerja baru d. lapangan pendidikan baru
2. Pendidikan kewirausahaan merupakan strategi nyata untuk mewujudkan….
a. Kesejahteraan c. Dunia bisnis
b. Kekayaan d. Ekonomi mapan
3. Jiwa pebisnis atau pengusaha, disebut sebagai….
a. jiwa baja c. jiwa cendekiawan
b. jiwa nasionalisme d. jiwa entrepreneur
4. Sarana terbaik untuk menanamkan jiwa kewirausahaan adalah….
a. lembaga swadaya c. lembaga sekolah
b. lembaga agama d. lembaga masyarakat
5. Siapakah pebisnis pemilik tiga grup bisnis bidang properti yang mengisi kuliah perdana
sekolah Pascasarjana UGM dalam teks di atas?
a. Drs. Putra Hadi c. Ir. Ciputra
b. Ir. Hadi Ciputra d. Ir. Budiharjo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar