Senin, 23 Mei 2011

DWI-SEPTI VIII, BAB II

Bab 2 Sehat Secara Alami 15
SEHAT SECARA ALAMI 2 Bab
15
Kata Kunci
• wawancara
• denah
• menulis
• apresiasi
• Berwawancara
• Membaca Denah
• Menulis Petunjuk
• Mengapresiasikan Pementasan Drama
Materi dalam bab ini:
Sumber: www.tribuneindia
Bahasa Indonesia VIII SMP/MTs 16
Peta Konsep Bab 2
Sehat Secara Alami
Berwawancara
Membaca Denah
Menulis Petunjuk
Mengapresiasi
Pementasan Drama
Berwawancara dengan
narasumber
(etika wawancara)
Menemukan tempat atau
arah dalam konteks
yang sebenarnya
Menulis petunjuk sesuatu
dengan urutan yang tepat
Menanggapi unsur-unsur
pementasan drama
Bab 2 Sehat Secara Alami 17
Pernahkah kamu dan teman-temanmu berwawancara dengan
narasumber? Jika pernah, tentu kamu mengetahui apa yang dimaksud
dengan wawancara. Wawancara adalah tanya jawab antara pewawancara
dan seorang pakar atau ahli untuk mendapatkan informasi tentang suatu
hal. Ahli atau pakar yang diwawancarai disebut narasumber. Narasumber
dapat ditentukan sesuai dengan bidang yang ingin dikaji secara mendalam.
Bidang tersebut, antara lain kedokteran dengan narasumber seorang dokter,
bidang pendidikan dengan narasumber seorang guru, serta bidang kesenian
dengan narasumber seniman.
Dalam melakukan wawancara dengan narasumber, kamu harus
memperhatikan etika berwawancara. Sebelum menemui narasumber,
buatlah daftar pertanyaan terlebih dahulu. Kemudian, buatlah janji dengan
narasumber untuk melakukan wawancara. Ketika wawancara akan dimulai,
awalilah dengan perkenalan, baru kemudian mengajukan pertanyaan.
Gunakan bahasa yang baik, benar, dan santun. Ucapkan terima kasih setelah
wawancara selesai.
Perhatikan contoh wawancara berikut ini!
Herlina : Selamat pagi Dokter Yoga, perkenalkan nama saya Herlina. Saya
dari SMP Taman Laut.
Dokter Yoga : Selamat pagi! Saya senang sekali berjumpa dengan Adik.
Herlina : Dok, maksud kedatangan saya ini adalah untuk mewawancarai
Dokter mengenai sejumlah tanaman obat di Indonesia, khususnya
temu lawak. Beberapa waktu yang lalu, saya membaca profil
Anda di jurnal yang menyebutkan bahwa Anda adalah peneliti
Temu lawak di Korea. Dokter Yoga tidak keberatan ‘kan?
Dokter Yoga : Oh... tentu saja tidak. Saya justru senang karena temu lawak yang
berkasiat itu menjadi dikenal dan diperhatikan manfaatnya oleh orang
banyak. Silakan saja apa yang ingin Adik ketahui tentang temu lawak?
Herlinda : Mengapa Anda tertarik meneliti temu lawak, Dok?
Dokter Yoga : Jika Anda berbicara tentang ginseng pasti yang terlintas negara Korea,
padahal, negara penghasil ginseng terbesar di dunia adalah Kanada
dan Cina. Orang Korea sendiri juga mengimpor bahan dasar gingseng
dari Kanada dan Cina. Sebaliknya, tanaman temu lawak hanya terdapat
di Indonesia. Saya berharap temu lawak bisa menjadi ikon tanaman
obat dari Indonesia, sama seperti gingseng yang sudah menjadi ikon
Korea.
Herlina : Apakah temu lawak termasuk tumbuhan yang sulit tumbuh?
Dokter Yoga : Oh, tidak. Temu lawak mudah tumbuh di berbagai daerah di Indonesia,
temu lawak dapat ditemukan di Jawa, Bali, NTB, dan Maluku Selatan.
Temu lawak yang nama latinnya Curcuma zanthorrhiza merupakan
tanaman yang hampir tidak memiliki musuh (hama). Tanaman itu
Berwawancara
Tujuan Pembelajaran:
Siswa mampu berwawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan
etika berwawancara.
A
Bahasa Indonesia VIII SMP/MTs 18
menghasilkan antijamur, ia tidak akan terkena jamur karena temu
lawak sendiri menghasilkan jamur.
Herlina : Apa saja manfaat temu lawak, Dok?
Dokter Yoga : Manfaat temu lawak, antara lain sebagai antiketombe, untuk pasta
gigi, dan dimungkinkan dapat digunakan untuk mengatasi penyakit
kanker.
Tugas
1. Buatlah daftar pertanyaan untuk wawancara (pendidikan, kesehatan, olahraga, dan
agama)!
2. Lakukan wawancara dengan narasumber sesuai dengan daftar pertanyaan yang kamu
buat! Perhatikan etika wawancara!
3. Rekamlah wawancaramu dengan kaset/recorder!
4. Putarlah rekamanmu bersama teman-temanmu untuk saling memberi masukan!
5. Sebutkan etika wawancara yang kamu ketahui! Adakah etika yang kamu langgar ketika
melakukan wawancara? Jika ada, koreksi dan perbaikilah!
Tujuan Pembelajaran:
Siswa mampu menemukan tempat atau arah dalam konteks yang sebenarnya sesuai dengan yang tertera pada denah.
Membaca Denah B
Denah adalah gambaran mengenai letak suatu tempat. Ada tempat
tertentu yang sering dilengkapi denah, misalnya di pintu masuk kawasan
wisata, di kampung dalam kota, di rumah sakit, atau di kartu undangan.
1. Dokter Yoga adalah seorang peneliti temu lawak.
2. Nama Latin temu lawak adalah Curcuma zanthorrhiza.
3. Tanaman temu lawak di Indonesia hanya ada di Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan
Maluku Selatan.
4. Jika orang berbicara tentang ginseng, yang akan terlintas adalah negara Korea.
5. Penghasil ginseng terbesar adalah Kanada dan Cina, bahkan orang Korea juga
mengimpor ginseng dari Kanada dan Cina.
6. Dr. Yoga berharap agar tanaman obat temu lawak menjadi ikon tanaman obat dari
Indonesia.
7. Tanaman temu lawak menghasilkan antijamur.
8. Temu lawak dapat dimanfaatkan sebagai antiketombe, untuk pasta gigi, dan
dimungkinkan untuk mengatasi penyakit kanker.
Latihan atihan 2.1
Buatlah daftar pertanyaan yang sesuai dengan pernyataan berikut!
Bab 2 Sehat Secara Alami 19
Untuk mempermudah, denah dilengkapi dengan arah mata angin.
Biasanya, yang ditulis atau ditandai hanya arah utara.
Bacalah denah di bawah ini.
U
1. Di mana letak gedung balai kota?
2. Gedung apa yang lokasinya berada di tepi sungai?
3. Jalan apa yang harus ditempuh dari Semarang menuju stasiun kereta api Purwosari?
4. Di mana terletak terminal bus Tirtonadi?
5. Sebutkan jalan apa saja yang dapat dilalui agar sampai ke lokasi keraton!
6. Gedung apa yang terletak di Jalan Ir. Sutami?
7. Menghadap ke mana POM bensin di Purwosari?
Tugas
1. Carilah denah yang lain! Jelaskan denah tersebut kepada teman-temanmu!
2. Sebutkan letak tempat yang tertera dalam denah tersebut!
Latihan atihan 2.2
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
Bahasa Indonesia VIII SMP/MTs 20
Pernahkah kalian membuka kemasan sebuah produk obat? Di kemasan
itu, kalian akan membaca kegunaan obat, komposisi obat, larangan, dan
petunjuk pemakaian. Hal-hal yang berkaitan dengan petunjuk produk juga
terdapat pada kemasan yang lain.
Penulisan petunjuk bertujuan agar konsumen tidak mengalami kesulitan
atau keliru dalam menggunakan sebuah produk. Oleh karena itu, petunjuk
penggunaan atau petunjuk yang lain harus ditulis dengan bahasa yang
efektif dan jelas.
Perhatikan contoh petunjuk berikut!
Petunjuk menggunakan pasta gigi.
– Penggunaan untuk dewasa
Untuk hasil terbaik, gunakan pasta sepanjang bulu sikat.
– Penggunaan untuk anak-anak di bawah 6 tahun
Gunakan pasta sebesar biji jagung. Sebaiknya, pasta gigi dengan pengawasan
orang dewasa.
– Sikatlah gigi minimal dua kali seharí!
Penggunaan pasta gigi membantu mencegah masalah gigi dan mulut:
1. Perlindungan terhadap gigi berlubang,
2. Melawan kuman ketika menyikat gigi,
3. Gigi tetap sehat,
4. Mengurangi pembentukan plak,
5. Membantu memperkuat email gigi,
6. Gusi tetap sehat,
7. Mencegah kerusakan gigi, dan
8. Napas tetap segar.
Menulis Petunjuk
Tujuan Pembelajaran:
Siswa mampu menulis petunjuk sesuatu dengan urutan yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif.
C
1. Apa manfaat/fungsi petunjuk penggunaan?
2. Bagaimana ukuran penggunaan pasta gigi untuk anak-anak di bawah 6 tahun?
3. Apa manfaat penggunaan pasta gigi?
4. Urutkan petunjuk pemakaian jamu berikut!
a. Pisahkan/saring ampas dengan air!
b. Sisakan hingga satu gelas!
c. Rebus jamu dengan tiga gelas air mendidih!
d. Dinginkan!
e. Minumlah setiap pagi dan sore!
Latihan atihan 2.3
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
Bab 2 Sehat Secara Alami 21
Pementasan drama merupakan salah satu bentuk seni pertunjukan.
Dalam pentas, aktor bermain peran dan menunjukkan kebolehannya. Aktor
memerankan tokoh cerita dengan karakter tertentu. Setiap tokoh cerita
mempunyai peranan dan watak yang berbeda.
Dalam memberikan apresiasi terhadap pementasan drama, ada
beberapa hal yang perlu diperhatikan.
1. Aktor
Seorang aktor dituntut untuk mampu memerankan tokoh cerita.
Keahlian aktor dapat menghadirkan sosok tokoh yang diperankan seperti
nyata, baik tingkah laku, dialog, maupun jiwanya. Selain bermain secara
individu, aktor juga diharuskan dapat bermain secara kelompok. Artinya,
di atas panggung seorang pemain tidak bermain sendiri, ada tokoh cerita
lain yang harus bekerja sama dalam menghadirkan permainan yang baik.
Kekompakan antarpemain sangat menentukan keberhasilan sebuah
pementasan.
2. Latar
Dalam pementasan drama, yang dimaksud latar atau setting adalah
tempat yang dipakai untuk pementasan. Latar dalam pementasan drama
juga berfungsi untuk memberi gambaran tentang cerita, yakni tempat,
waktu, dan suasana sebuah peristiwa dalam cerita. Selain memberikan
gambaran tempat, latar juga mempunyai fungsi sebagai arena permainan,
waktu, suasana, dan kesan artistik. Sebaiknya, pembuatan panggung
disajikan secara proporsional.
3. Kostum
Kostum atau busana pentas merupakan pakaian penunjang karakter
pemain dalam menghadirkan sosok tokoh cerita. Selain itu, kostum juga
dapat menggambarkan sebuah kurun waktu kejadian drama dan artistik
pementasan.
4. Tata rias (make up)
Tata rias adalah riasan wajah pemain yang bertujuan untuk membantu
pemain menghadirkan karakter tokoh cerita.
Tugas
1. Tulislah petunjuk pembuatan makanan, alat, atau lainnya!
2. Gunakan bahasa yang singkat dan jelas!
3. Tukarkan tulisanmu dengan milik teman sebangkumu!
4. Berilah komentar terhadap petunjuk yang ditulis temanmu!
Mengapresiasikan Pentas Drama
Tujuan Pembelajaran:
Siswa mampu menanggapi unsur pementasan drama
D
Bahasa Indonesia VIII SMP/MTs 22
5. Musik
Musik berfungsi untuk membangun suasana tertentu, seperti tuntutan
peristiwa drama. Musik yang kurang baik dan kurang tepat dapat merusak
suasana drama.
6. Menanggapi Hasil Pementasan
Apa yang harus ditanggapi dari hasil pementasan? Hal-hal yang
ditanggapi penonton dari sebuah pementasan, antara lain akting, aktor,
penokohan, kostum, tata rias (make-up), musik, latar, dan penataan
panggung. Pertanyaan berikut, dapat digunakan sebagai penolong untuk
membuat tanggapan atas pementasan drama.
a. Bagaimana permainan aktornya?
b. Bagaimana pemeranan tokohnya?
c. Bagaimana kostum dan tata riasnya?
d. Bagaimana ilustrasi musiknya?
e. Bagaimana penataan panggungnya?
1. Hal apa saja yang diapresiasi dalam pementasan drama?
2. Apa tugas pemain di atas panggung?
3. Bagaimana penataan panggung yang baik?
4. Apa fungsi kostum?
5. Apa fungsi tata rias?
6. Apa fungsi lampu?
7. Apa fungsi musik dalam pementasan drama?
8. Apa yang dimaksud dengan akting?
Tugas
1. Tontonlah sebuah pementasan drama!
2. Buatlah tanggapan terhadap pementasan drama tersebut tentang
a. penokohan,
b. permainan aktor,
c. kostum,
d. tata rias,
e. lampu,
f. tata panggung,dan
g. musik.
3. Sajikan tanggapanmu dalam bentuk laporan tertulis!
Latihan atihan 2.4
Saksikan sebuah pementasan drama (langsung/rekaman)!
Bab 2 Sehat Secara Alami 23
A. Pilihlah salah satu jawaban yang tepat!
1. Koswara : Sejak aku pulang tadi malam tak sedikit pun engkau gembira tampaknya.
Rini : Engkau dan aku tentu saja berbeda. Di sini dalam serba kekurangan, di sana
dalam sorga kenangan berjalan-jalan di bawah rembulan ....
Koswara : Sejak Nona Zahra di sini tak habis-habisnya engkau menyindir aku.
Rini : Katakan saja, “Pucuk dicinta ulam tiba” (tertawa mengejek). Tidakkah engkau
gembira bertemu lagi dengan nona yang manis itu? Dan, sekali ini tidak disertai
pula! Tentu banyak yang kaucurahkan kepadanya.
Koswara : Kenalanku perempuan ada beberapa orang dulu. Tidak pernah engkau cemburu
sekeras itu!
Rini : Sikapmu pada yang lain itu berbeda.
Teks percakapan di atas merupakan teks ....
a. drama c. prosa
b. wawancara d. film
2. Hendra : Terima kasih, Dik.
Erwin : Sebenarnya sudah lama aku ingin mengajakmu ke kota, tapi mengingat ibumu
masih sakit, ya, kutunda sampai hari ini.
Hendra : Ya, itulah Dik, makanya, aku belum mau melangkah ke luar kota. Sekarang ibuku
sudah sehat dan sudah mulai bekerja lagi, kapan kita berangkat?
Erwin : Seminggu lagi? Bagaimana?
Hendra : Baiklah aku nanti minta izin kepada ibuku dulu.
Isi penggalan drama di atas adalah ….
a. Ibu Hendra sedang sakit dan Hendra harus menunggu
b. Erwin ingin mengajak Hendra ke kota
c. Hendra merasa kecewa karena ibunya sakit
d. Erwin menengok Hendra karena ibunya sakit
3. Mengapa Hendra tidak mau ke luar kota?
a. Ibunya pergi ke luar kota c. Ibunya meninggal
b. Ibunya sakit d. Ibunya menikah lagi
4. Adi : Benar dalam liburan ini sekolah kita akan berdarmawisata, Pak?
Kepala sekolah : Benar! Mengapa Adi bertanya?
Adi : Untuk meyakinkan diri. Darmawisata ke mana, Pak?
Kepala sekolah : Belum dipastikan. Mungkin ke Kebun Raya Bogor. Mungkin pula ke
Pantai Pangandaran.
Adi : Mudah-mudahan ke Kebun Raya Bogor. Saya belum pernah ke sana.
Kepala sekolah : Hal itu ditentukan oleh hasil rapat.
Ciri ciri berikut dapat menggambarkan watak kepala sekolah berdasarkan penggalan drama
di atas adalah ....
a. bijaksana c. dewasa
b. pemarah d. lembut
Latihan atihan
Kerjakan pada buku latihanmu.
Bahasa Indonesia VIII SMP/MTs 24
5. Bacalah kutipan drama berikut!
Ishak : Aku akan tetap cinta kepadamu. Tapi, aku tidak dapat berbuat apa-apa.
Satilawati : Perkara cinta jangan disebut juga. Engkau tahu sendiri, aku cinta pula
kepadamu. Tapi, apa maksudmu?
Ishak : Aku tidak mau mengikuti engkau. Artinya, engkau jangan menunggu aku.
Kawin saja dengan orang lain.
Satilawati : (berontak) Tapi, itu aku tidak mau, tidak bisa. Engkau boleh pergi sekarang,
tapi lekas kembali. Aku tetap menunggumu.
Tema dasar dari penggalan cerita drama di atas adalah ….
a. cinta c. pasrah kepada pacar
b. pertentangan d. masalah rumah tangga
6. (1) Minumlah pagi dan sore!
(2) Sisakan hingga 1 gelas!
(3) Rebuslah jamu dengan tiga gelas air sampai mendidih!
(4) Dinginkan!
(5) Saringlah ampas dari air!
Urutan petunjuk pembuatan jamu yang tepat adalah ….
a. 3-2-4-5-1 c. 3-5-2-4-1
b. 3-2-5-4-1 d. 3-5-4-21
7. (1) Sediakan dua buah mengkudu matang!
(2) Ambil air hasil perasaannya!
(3) Hancurkan dengan blender!
(4) Tambahkan dua sendok makan gula pasir!
(5) Tambahkan aroma stroberi atau yang lain!
(6) Minumlah setiap menjelang tidur!
Urutan pembuatan jamu yang benar adalah ....
a. 1-2-3-4-5-6 c. 1-3-4-2-5-6
b. 1-3-4-5-2-6 d. 1-3-2-4-5-6
8. Ponirah : Hampir tiba saat sirine malam berbunyi, Bung Slamet silakan jalan! Bung Samin,
surat itu akan saya antarkan ke alamatnya Bung, segera cari teman Bung.
Marni : Setelah tugas selesai, Bung harus mempertanggungjawabkan!
Samin : Nyawa saya taruhannya. Saya akan menebus kesalahan saya.
Ponirah : Bagus! Selamat berjuang. Merdeka!
Marni : Mari kita berpisah ke pos kita masing-masing!
Latar tempat kutipan drama di atas adalah ....
a. medan perang c. zaman perang
b. markas perang d. prajurit perang
9. Tokoh drama di atas yaitu ....
a. Ponirah, Bung Slamet, dan Samin c. Ponirah, Bung Slamet, Marni
b. Ponirah, Marni, dan Samin d. Bung Slamet, Marni, Samin
10. Latar waktu kutipan drama di atas pada waktu ….
a. perang kemerdekaan c. mengisi kemerdekaan
b. proklamasi kemerdekaan d. menentukan kemerdekaan
Bab 2 Sehat Secara Alami 25
11. Sesampainya di rumah, Pak Salim terus tidur, berpura-pura sakit. Ketika ditanya oleh
istrinya, ia tidak mau menjawab. Istrinya makin ketakutan. Dibuatkannya minuman dan
disediakannya jagung rebus beberapa buah. Lepas siang hari Pak Salim berkata, “Besok,
saya mau berjualan buah-buahan dan sayuran seperti biasa, tidak mau bekerja lain. Tuhan
tidak adil, mengapa orang lain senang dan bahagia, sedangkan saya tidak.”
“Jangan begitu, Pak! Siapa menyuruh engkau bekerja lain. Jangan menyalahkan Tuhan. Itu
salahmu sendiri!” jawab istrinya.
....
Pesan moral yang terdapat pada cuplikan cerpen tersebut adalah ....
a. Kita tidak boleh menyalahkan Tuhan.
b. Kita tidak boleh menyalahkan orang lain, apalagi suami sendiri.
c. Kita tidak boleh bohong dengan cara berpura-pura sakit.
d. Seorang istri apabila suaminya sakit harus merawatnya.
12. 1. Pak Burhan mengajarkan Bahasa Indonesia
2. Pak Rame berjalan-jalan tiap pagi.
3. Adik menangis tadi pagi?
4. Hal itu merupakan tanggung jawab kita!
Kalimat di atas yang benar menurut EYD adalah kalimat nomor ....
a. (1) c. (3)
b. (2) d. (4)
13. (1) Di Indonesia pemisahan sampah dilakukan oleh para pemulung yang diberi upah. (2)
Aneka botol kosong hasil pemulung dihancurkan di pabrik gelas, dilelehkan dalam tungku
bersuhu tinggi, kemudian dicetak menjadi gelas minum, piring makan, dan asbak. (3)
Harganya begitu murah. (4) Biasanya, dihadirkan untuk promosi barang lain yang belum
terkenal. (5) Nama perusahaan dapat dicetak pada permukaan asbak atau perut mangkuk.
Kalimat pasif pada paragraf tersebut adalah ....
a. (1), (2), (3), dan (4) c. (1), (3), (4), dan (5)
b. (1), (2), (3), dan (5) d. (1), (2), (4), dan (5)
14. Latar disebut juga ....
a. tempat c. tempat atau waktu terjadinya peristiwa drama
b. tokoh d. waktu
Bahasa Indonesia VIII SMP/MTs 26
B. Jawablah pertanyaan berikut!
1. Apa fungsi pemain dalam pementasan drama?
2. Susunlah lima buah pertanyaan untuk berwawancara dengan seorang dokter tentang
pemberantasan sarang nyamuk!
3. Tulislah sebuah petunjuk penggunaan sikat gigi!
Srini : Ngali! Kau akan ....
A. Ngali : Jangan turut campur!
Wiropati : Sabarlah, Rin, adikku. Duduklah baik-baik. Kita selesaikan perkara ini dengan
damai.” Srini duduk kembali)
A. Ngali : Ro, mengapa kamu ke mari? Perusak rumah tangga!
Wiropati : (tenang, tersenyum)
A. Ngali : He,Wiro! Jika kaunanti masih ingin melihat cahaya bulan purnama, lebih baik
kaupergi dari sini. Lekas! Jika tidak, dengan senjata ini kuusir nyawamu dari
tubuhmu! (mengacungkan kerisnya)
Wiropati : (tertawa, mulai lunak hingga keras)
A. Ngali : (merengutkan muka)
Wiropati : Kau akan menggunakan senjatamu … hendak membunuh aku? (tertawa)
Silakan dengan hormat. Tuan Abdul Ngali!
4. Bagaimana suasana penggalan drama di atas? Berilah gambaran yang cukup!
5. Buatlah sketsa panggung dari latar drama di atas?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar