Senin, 23 Mei 2011

maryati sutopo vii, bab i

1 Pelajaran 1 Sains dan Budaya
1 SAINS DAN
BUDAYA
1. Menyimak Berita
Simaklah berita berikut ini dengan saksama!
Budaya Sains Perlu Ditumbuhkan
A. Menyimpulkan Isi Berita
Aspek: Mendengarkan
Standar Kompetensi:
1. Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita.
Kompetensi Dasar:
1.1. Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat.
Olimpiade Sains Nasional merupakan ajang kompetisi yang
cukup bergengsi. Namun, ajang ini masih dipandang sebagai
kompetisi belaka. Kompetisi ini belum dipandang sebagai
upaya untuk mendorong tumbuhnya budaya mencintai sains.
Akibatnya, kegiatan ini hanya sebatas mendulang medali saja.
Hal ini akan memberi rasa kebanggaan bagi provinsi yang
diwakilinya.
1 Pelajaran 1 Sains dan Budaya
2 Bahasa dan Sastra Indonesia SMP/MTs Kelas VII
Kegiatan ini terangkat dalam perbincangan dengan
sejumlah guru, siswa, dan orang tua dalam pelaksanaan
Olimpiade Sains Nasional (OSN) VI di Surabaya, Rabu (5/9).
"Semangat untuk unggul di pelajaran sains memang masih
untuk kompetisi. Untuk pembelajaran di kelas, masih
terkendala sarana dan prasarananya. Kesannya kegiatan ini
hanya untuk anak-anak yang cerdas saja. Belajar sains itu harus
bisa disukai setiap anak-anak kata wakil komite sekolah di
Makassar. "Persiapan untuk siswa yang ikut OSN kan terbatas.
Jika sains diajarkan dengan enak, alat-alat laboratoriumnya
lengkap, belajar sains jadi menyenangkan," kata Hana M.
Aritonang, peserta dari Papua.
Selain itu, seorang guru pendamping dari daerah lain
mengeluh bahwa siswanya yang ikut terseleksi hingga tingkat
provinsi belum mendapat pembinaan yang maksimal.
Sumber: Kompas, 6 September 2007
dengan ubahan seperlunya.
1. Setelah kalian menyimak berita tersebut, cobalah pahami
isinya. Untuk menguji pemahaman kalian, jawablah
pertanyaan berikut ini!
a. Di mana OSN berlangsung?
b. Mengapa olimpiade ini hanya sebagai ajang kompetisi?
c. Apa yang mereka harapkan dari kegiatan itu?
d. Adakah kendala yang dihadapi peserta?
e. Bagaimana agar belajar sains menyenangkan?
2. Sekarang dapatkah kalian menentukan pokok-pokok
beritanya? Kalian dapat menentukan pokok-pokok berita
berdasarkan pertanyaan tersebut.
No.
1.
2.
3.
OSN VI merupakan ajang kompetisi bergengsi.
...........................................................................................
...........................................................................................
Pokok-Pokok Berita
3 Pelajaran 1 Sains dan Budaya
2. Menyimpulkan Isi Berita
Beberapa tugas telah kalian selesaikan. Sekarang, coba
buatlah simpulan isi berita! Simpulan berita berisi pokok-pokok
berita, kemudian dirangkai dalam sebuah paragraf. Jika kalian
belum memahami, lanjutkan simpulan berita berikut ini!
Olimpiade Sains Nasional (OSN) belum dipandang sebagai
upaya untuk mendorong timbulnya budaya mencintai sains.
Hal ini karena ................................................................................
....................................................................................................
........................................................................................................
3. Kebahasaan
Kalimat Berita Positif dan Negatif
Berdasarkan fungsinya, kalimat dibagi 3 yaitu kalimat berita,
kalimat tanya, dan kalimat perintah. Kalimat berita berfungsi
memberikan informasi, kalimat tanya berfungsi menanyakan
sesuatu. Adapun kalimat perintah berfungsi menyuruh
seseorang melakukan sesuatu.
Kalimat berita dibagi dua, yaitu kalimat berita positif dan
kalimat berita negatif.
Cara menemukan pokok berita dengan menggunakan
pertanyaan pelacak: apa, siapa, kapan, dimana,
bagaimana, mengapa.
4.
5.
...........................................................................................
...........................................................................................
4 Bahasa dan Sastra Indonesia SMP/MTs Kelas VII
Contoh kalimat berita positif sebagai berikut.
1. Budaya sains perlu ditumbuhkan.
2. Andini belajar setiap hari.
3. Pesawat terbang presiden dirancang secara khusus.
Contoh kalimat berita negatif sebagai berikut.
1. Peserta belum mendapat pembinaan yang maksimal.
2. Afrizal tidak pernah datang ke rumah pamanku.
3. Karena belum mengerjakan tugas rumah, Ridwan mendapat
teguran dari Bu guru.
1 Bacalah paragraf berikut ini! Selanjutnya tentukan kalimat
berita positif dan negatif!
Akhir-akhir ini Rido selalu pulang terlambat. Ia tidak
pernah pulang bersama Usup. Jika ditanya ibunya, selalu saja
ada alasannya. Ada tugas kelompok di sekolah, begitu jawab
Rido. Pernah sekali ibunya curiga, karena Rido mengambil
uang belanja di Lemari. Keadaan yang paling menjengkelkan
ibunya, Rido tidak pernah belajar. Nilai ulangannya tidak
sebagus dulu. Ternyata Rido punya kesibukan baru, bermain
play station di belakang sekolah.
2. Berilah tanda (P) jika kalimat berita berikut ini positif dan
(N) jika termasuk negatif.
a. Nani belum mengetahui peristiwa itu.
b. Rohmad menjadi juara membaca puisi.
c. Bunga itu mekar setiap pagi hari.
d. Ayah tidak jadi berangkat karena hujan deras sekali.
e. Kunci mobil ayah tertinggal di kantor.
f. Jangan masuk rumah dulu karena sedang dipel.
g. Ruri tidak mengikuti ulangan karena sakit.
h. Mungkin dia lelah sehingga tidak datang.
i. Sebaiknya sarapan pagi dulu sebelum berangkat
sekolah.
j. Membatik ternyata tidak semudah yang kubayangkan
saat ini.
3. a. Buatlah 3 kalimat berita positif!
b. Buatlah 3 kalimat berita negatif!
5 Pelajaran 1 Sains dan Budaya
Simaklah berita berikut ini yang akan dibacakan temanmu!
Festival Musik
Solo Merayakan Keragaman Etnis
B. Menuliskan Kembali Berita
Aspek: Mendengarkan
Standar Kompetensi:
1. Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengar berita.
Kompetensi Dasar:
1.2. Menuliskan kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa
kalimat.
Bagaimanakah tradisi menghadapi modernitas global?
Pertanyaan itu terjawab secara konkret dalam festival musik
etnis di Benteng Vasternburg, Solo, Jawa Tengah. Perhelatan
yang berlangsung 1-5 September itu resminya bernama Solo
International Ethnic Music Festival and Conference (SIEM).
Benteng Vastenburg, yang letaknya tak jauh dari Keraton
Surakarta Hadiningrat, pekan lalu benar-benar menjadi arena
pesta rakyat. Sekitar 8.000 warga selama lima malam berturutturut
tumplek blek memadati arena benteng yang dibangun
pada era 1700-an itu. Mereka menikmati gurihya sega (nasi)
liwet dan hangatnya wedang jahe yang dijajakan di luar
benteng.
Semalam tampil grup dari Bengali, disusul sejumlah nomor
dari Grand Gamelan Event dari ISI Surakarta dan bintang tamu
Waldjinah. Minggu pagi ini kegiatan akan dimulai pukul 06.00
6 Bahasa dan Sastra Indonesia SMP/MTs Kelas VII
1. Kalian telah mendengar berita yang dibacakan temanmu.
Buatlah pertanyaaan dan jawaban berdasarkan wacana di atas!
dengan sejumlah workshop dan pertunjukan hingga pukul
23.00.
Sebelumnya, para peserta SIEM menggelar kirab budaya
di sepanjang Jalan Slamet Riyadi Solo, pukul 15.00-17.00. Para
peserta SIEM dari delapan negara dan 10 daerah di tanah air
diarak dengan sejumlah gerobak sapi. Mereka mendapat
sambutan luar biasa dari masyarakat Solo yang memadati Jalan
Slamet Riyadi sejak pukul 13.00.
Saat diarak dengan gerobak sapi, peserta dari luar negeri,
seperti Belanda, Yunani, Australia, Filipina, dan dalam negeri
disambut hangat oleh penonton di sepanjang jalan Slamet
Riyadi.
Sumber: Kompas, 6 September 2007.
2. Setelah kamu menjawab pertanyaan tentang berita tersebut,
tulislah kembali berita tersebut dalam beberapa kalimat!
Pesta Musik di Solo
Benteng Vasterburg menjadi pusat perhatian. ....................
.......................................................................................................
.......................................................................................................
.......................................................................................................
.......................................................................................................
No.
1.
2.
3.
4.
5.
Siapa?
Apa?
Di mana?
Kapan?
Bagaimana?
Pokok-Pokok Berita Pertanyaan Jawaban
.......................
.......................
.......................
.......................
.......................
.......................
.......................
.......................
.......................
.......................
6. Mengapa? ........................ ........................
7 Pelajaran 1 Sains dan Budaya
C. Buku Harian
Aspek: Menulis
Standar Kompetensi:
4. Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan
surat pribadi.
Kompetensi Dasar:
4.1. Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan
cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar.
1. Mencermati Buku Harian
Buku harian merupakan buku catatan harian yang berisi
curahan perasaan atau peristiwa-peristiwa pribadi. Setiap hari
kalian mengalami peristiwa atau pengalaman yang sangat
istimewa dan sayang untuk dilupakan. Untuk itu, sebaiknya
ditulis dalam buku harian.
Berikut ini contoh buku harian yang ditulis temanmu.
Semarang, 14 Agustus 2007
Terima kasih Tuhan, akhirnya aku berhasil menjadi
peserta OSN. Aku bangga sekali! Wah … benar-benar hari
yang sangat membahagiakanku! Trims, sahabatku! Kau juga
turut membantuku.
Surabaya, 6 September 2007
Tak kusangka akhirnya aku benar-benar ikut Olimpiade ini.
Setelah kalian cermati contoh tersebut, coba tentukan unsurunsur
buku harian dengan mengisi kolom berikut ini!
No.
1.
2.
3.
Waktu
Tempat
Peristiwa
Unsur Jawab
........................................................
........................................................
........................................................
8 Bahasa dan Sastra Indonesia SMP/MTs Kelas VII
Berdasarkan jawaban tersebut dapat disimpulkan bahwa
buku harian merupakan catatan pribadi seseorang yang
ditulis berdasarkan waktu, tempat, dan peristiwa.
2. Menulis buku harian
Kalian dapat menulis buku harian dengan langkah-langkah
berikut ini.
a. Menulis pokok-pokok sebuah pengalaman pribadi.
b. Mengembangkan pokok-pokok pengalaman tersebut
dengan memerhatikan waktu dan tempat peristiwa.
c. Menggunakan bahasa yang ekspresif untuk mencurahkan
perasaan dan pemikiranmu.
Perhatikan contoh berikut ini.
1) Waktu : 22 Desember 2007
2) Tempat : Semarang
3) Peristiwa : Aku belajar menjadi ibu
Dari keterangan tersebut dapat kita tulis dalam buku harian
seperti berikut ini.
Semarang, 22 Desember 2007
Badanku terasa capek karena seharian ini aku
mengerjakan pekerjaan rumah. Mulai dari menyapu,
mengepel, belanja, dan memasak aku kerjakan sendiri.
Duh repotnya!
Selama ini aku hanya sekolah, les, ikut ekstra kurikuler,
dan nonton TV. Tak pernah sekalipun aku membantu
ibuku. Aku hanya diam saja kalau melihat ibuku
kerepotan. Bahkan pura-pura sibuk mengerjakan PR.
Kali ini aku tak bisa duduk saja. Ibuku masuk rumah
sakit sehingga aku harus menggantikan tugas ibu. Walau
capek, tapi aku bisa merasakan berapa berat tugas ibuku.
Ibu, di hari Ibu ini aku ingin mengucapkan terima kasih
padamu.
9 Pelajaran 1 Sains dan Budaya
Tahukah kalian yang dimaksud dengan dongeng? Dongeng
merupakan cerita fiksi atau cerita rekaan. Arti fiksi atau rekaan
adalah cerita yang direka-reka atau dibuat-buat dan belum tentu
benar keberadaannya. Misalnya, tempat, waktu, pelaku, kejadian
yang belum tentu ada.
D. Mendengarkan Dongeng
Aspek: Mendengarkan
Standar Kompetensi:
5. Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan.
Kompetensi Dasar:
5.1. Menemukan hal-hal yang menarik dari dongeng yang
diperdengarkan.
Selain dalam bentuk prosa, kalian juga dapat menuliskannya
dalam bentuk puisi, seperti contoh berikut ini.
Semarang, akhir tahun 2007
Ibu,
Terima bunga
dari anakmu
Sebagai ucapan
terima kasihku
untuk semua pengorbananmu!
Bahasa ekspresif merupakan bahasa yang mampu
mengungkapkan keadaan, maksud, gagasan, atau perasaan
secara tepat.
Tuliskan pengalaman pribadimu ke dalam buku harian!
Gunakan bahasa yang ekspresif untuk mencurahkan
pemikiranmu dan perasaanmu!
10 Bahasa dan Sastra Indonesia SMP/MTs Kelas VII
Walau begitu, dongeng juga bermanfaat karena isi dongeng
itu mempunyai amanat/pesan yang berguna bagi pembacanya.
Agar lebih jelas simaklah dongeng yang akan dibacakan guru
atau teman kalian berikut ini!
Asal Mula Kota Jambi
Dahulu kala di Pulau Sumatra ada seorang gadis cantik
bernama Putri Pinang Masak. Putri ini sangat terkenal akan
kecantikannya. Kulitnya putih kemerah-merahan seperti
namanya, yaitu bagai kulit pinang yang masak. Siapa yang
memandang pasti akan terpesona.
Akan tetapi, bukan hanya kerana kecantikan lahiriah diri gadis
itu yang membuatnya terkenal, melainkan juga karena sifatnya
yang lemah lembut dan baik hati sehingga membuat siapa saja
akan selalu menyukainya. Para wanita dan sesama gadis ingin
bersahabat dengannya, sedangkan para pemuda dan pangeran
berebutan ingin mempersuntingnya. Namun, sejauh itu ia belum
bermaksud berumah tangga.
Pada suatu hari, datanglah lamaran dari raja yang terkenal
kaya raya dan sangat besar kekuasaannya. Sumber
kekayaannya terutama dari tambang minyak. Jika lamarannya
ditolak tentu sang raja akan murka. Mungkin akan timbul
bencana peperangan. Padahal Puteri Pinang Masak tidak
menyukai raja itu. Konon, karena raja itu wajahnya buruk.
Putri Pinang Masak mencari akal. Bagaimana caranya
menggagalkan lamaran si Raja Buruk Rupa.
Maka ia berkata kepada si utusan, "Baik, lamaran aku
terima tapi dengan dua syarat. Pertama, Baginda harus mampu
membuatkan istana yang indah berikut isi perabotannya hanya
dalam tempo waktu satu malam saja. Mulai sore sampai
terdengar ayam berkokok bersahut-sahutan."
"Yang kedua, jika Baginda gagal memenuhi syarat pertama,
maka dia harus menyerahkan seluruh harta kekayaan dan
kerajaannya kepada saya."
Ternyata Baginda menyanggupi syarat itu karena beliau
sangat mencintai Putri Pinang Masak.
Baginda mulai mengumpulkan rakyat dan ahli
pertukangan. Bukan hanya para tukang di kerajaannya. Ia
bahkan menyewa dan membayar mahal para tukang dari luar
negeri yang bersedia membantunya. Ini tak jadi soal, dia toh
raja yang kaya raya. Para tukang itu diperintah bekerja dengan
cepat karena istana itu harus selesai dalam waktu satu malam.
11 Pelajaran 1 Sains dan Budaya
Putri Pinang Masak khawatir. Padahal permintaannya
untuk membuat istana dalam waktu satu malam hanyalah
sekedar alasan yang dicari-cari belaka. Agar Baginda tidak
jadi menikahinya. Ternyata, Baginda dari timur adalah
orang yang nekad. Ketika hari menjelang pagi, istana itu
hampir selesai, hanya tinggal melicinkan saja.
Baginda sangat gembira. Sebuah kota baru telah muncul
di tempat itu dengan tiba-tiba. Sebaliknya, Putri Pinang Masak
sangat sedih. Ia tidak dapat tidur malam itu. Hatinya sangat
risau. Ia terus mencari akal untuk menggagalkan niat Baginda
dari timur.
Tiba-tiba, Putri Pinang Masak mendapat akal. Ia pergi ke
kandang-kandang ayam. Lampu yang sangat terang
dipasangnya di kandang-kandang ayam itu. Ayam-ayam
mengira hari telah siang. Mereka pun langsung berkokok
berulang-ulang. Baginda dan rakyat yang sedang bekerja
terkejut.
Dengan sangat berat hati Baginda berkata kepada rakyat
dan para tukang, "Sudah, hentikan pekerjaan ini!"
"Mengapa, Baginda? Bukankah pekerjaan kita hampir
selesai?" tanya salah seorang pekerja.
"Betul katamu. Tetapi, kita telah kalah. Dalam perjanjian,
istana ini sudah harus selesai sebelum ayam berkokok," kata
Baginda.
Pekerjaan dihentikan dengan sangat terpaksa. Para tukang
bangunan kembali ke negeri mereka di timur. Akan tetapi,
Baginda masih berdiri di tempat itu. Hatinya hancur.
Putri Pinang Masak datang menemuinya.
"Baginda, Anda telah gagal memenuhi syarat saya. Apakah
istana yang belum selesai ini hendak Baginda hancurkan lagi?"
Sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat maka Baginda
Raja harus menyerahkan seluruh harta dan kerajaannya. Sejak
saat itu, negeri timur diganti namanya menjadi negeri Putri
Pinang Masak. Gadis cantik itu menjadi raja di negeri itu.
Orang-orang dari negeri lain menyebut negeri itu sebagai Negeri
Pinang. Pinang dalam bahasa Jawa adalah Jambe, maka rajaraja
dari Jawa menyebutnya dengan sebutan Kerajaan Jambe.
Lama-lama sebutan Jambe berubah menjadi Jambi.
Demikianlah asal mula sebutan kota Jambi.
Sumber: Cerita dari Jambi
diterbitkan oleh Grasindo
12 Bahasa dan Sastra Indonesia SMP/MTs Kelas VII
Bacalah dongeng yang sudah kamu kenal kemudian tulislah
pada lembar berikut ini.
1. Hal-hal yang menarik dari dongeng yang diperdengarkan.
Ketika membaca dongeng, mungkin penilaianmu terhadap
dongeng tersebut biasa saja. Tetapi ketika dongeng itu dibacakan
seseorang, maka dongeng itu dapat menjadi sangat menarik.
Mengapa? Karena dongeng itu menjadi lebih hidup, apalagi yang
membacakannya pandai menirukan tokoh-tokoh dongeng
tersebut.
Selain pembacanya, isi dongeng juga sangat menentukan
daya tarik dongeng itu. Berikut ini contoh mengemukakan halhal
yang menarik.
Dari contoh tersebut dapat diambil sebuah simpulan bahwa
hal-hal yang menarik dari dongeng yang diperdengarkan adalah:
1. Pembacaannya menarik karena mampu menghidupkan
cerita tersebut. Hal-hal menarik lainya dapat kalian isi dalam
kolom dibawah ini.
No.
1.
2.
3.
4.
Saya sangat menyukai Putri
Pinang Masak
...................................................
...................................................
...................................................
...................................................
...................................................
...................................................
Hal-Hal yang Menarik Alasan
Karena selain cantik
juga baik hati
.................................
.................................
.................................
.................................
.................................
.................................
2. Tokoh-tokoh dalam cerita itu sangat hebat, sakti, cantik, dan
sebagainya
3. Tempat kejadian menyangkut asal-usul tempat.
4. Ada hal-hal yang tidak masuk akal.
Dongeng judul .................
13 Pelajaran 1 Sains dan Budaya
...................................................................................................
...................................................................................................
...................................................................................................
...................................................................................................
...................................................................................................
...................................................................................................
...................................................................................................
...................................................................................................
...................................................................................................
...................................................................................................
...................................................................................................
.2 Tentukan hal-hal yang menarik dari dongeng tersebut .
berikan alasannya!
No.
1.
2.
3.
4.
...................................................
...................................................
...................................................
...................................................
...................................................
...................................................
...................................................
...................................................
Hal-Hal yang Menarik Alasan
.................................
.................................
.................................
.................................
.................................
.................................
.................................
.................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar