Senin, 23 Mei 2011

SARWIJI viii, BAB VI

Permainan Sepak Bola
148 Bahasa Indonesia, Bahasa Kebanggaanku Kelas VIII SMP dan MTs
A. Menyimak untuk Menemukan Pokok-Pokok Berita
Setelah mempelajari materi pokok pembelajaran berikut ini kamu diharapkan dapat
menemukan pokok-pokok berita yang didengar dan atau ditonton melelalui radio
atau televisi.
Radio atau televisi sekarang ini merupakan
suatu kebutuhan bagi setiap keluarga
Indonesia. Hampir semua kalangan
memilikinya. Televisi atau radio sudah menjadi
bagian dari hidup kita. Banyak program acara
yang ditayangkan di televisi atau disiarkan
radio. Tayangan televisi dan siaran radio berisi
informasi, pendidikan, hiburan, dan lain-lain.
Berita merupakan bagian utama penyampaian informasi melalui televisi
atau radio. Wartawan dalam proses menggali berita biasanya perpedoman pada
jawaban atas pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana, bagaimana, dan mengapa.
Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan itu kemudian dikemas menjadi berita.
Siaran berita biasanya terdiri atas beberapa topik berita. Misalnya, dalam berita
olahraga, topik-topik berita yang disiarkan, meliputi topik sepak bola, bola voli,
bulu tangkis, dan senam.
Sebagai pendengar atau pemirsa, kita harus kritis dalam menyimak berita
yang disiarkan itu. Pada pembelajaran berikut ini, kamu akan berlatih menggali
informasi dari berita yang disiarkan radio atau ditayangkan televisi.
1. Mendengarkan dan Mencatat Pokok-Pokok Berita
Simaklah rekaman berita dari radio atau televisi yang akan
diperdengarkan oleh gurumu! Apabila tidak memungkinkan, tutuplah
bukumu, dengarkan berita yang akan dibacakan oleh gurumu dari teks
berita berikut ini! Sambil mendengarkan, catat pokok-pokok berita tersebut.
Tuliskan pokok berita yang kamu dengarkan seperti dalam format
berikut ini!
No Pertanyaan Topik Berita I Topik Berita II
1. Apa
2. Siapa
149 Olah Raga
3. Kapan
4. Di mana
5. Bagaimana
6. Mengapa
7.
8.
Teks Berita I:
Beckham Menunggu Panggilan McClaren
Setelah melunakkan hati pelatih Real
Madrid, Fabio Capello, Beckham tinggal
menunggu melunaknya Steve McClaren
untuk memanggilnya kembali memperkuat
timnas Inggris. Media massa Inggris, Rabu
(21/3) menyebutkan penampilan kembali
Beckham bersama Real Madrid telah
membuatnya terlihat pantas untuk kembali
dipanggil memperkuat timnas Inggris.
Beckham kehilangan tempatnya di
timnas Inggris sejak pelatih Steve McClaren menggantikan pelatih asal
Swedia, Sven-Goran Eriksson usai Piala Dunia 2006.
"Ambisi saya sejak usia 13 bahkan sebelumnya, tetap sama. Saya selalu
ingin memperkuat timnas Inggris dan saya selalu bersedia walaupun saya
bermain di Spanyol atau pun di Los Angeles," kata Beckham yang telah
mencatat 94 cap. McClaren sendiri selalu mengatakan semua pemain
memiliki kesempatan memperkuat timnas.
Beckham bermain cemerlang saat Real Madrid mengalahkan Bayern
Muenchen 3-2 dalam lanjutan Liga Champion, Selasa. Ia menciptakan dua
assist yang menghasilkan gol. Namun, beberapa mantan pemain timnas
Inggris seperti Bobby Robson, Gary Lineker, dan Alan Shearer mengatakan
kepindahan Beckham ke Amerika Serikat merupakan pertanda karirnya
150 Bahasa Indonesia, Bahasa Kebanggaanku Kelas VIII SMP dan MTs
di timnas telah berakhir. McClaren sendiri membantah berita yang
menyebutnya telah berkonsultasi dengan para pemain timnas tentang
kemungkinan memanggil kembali Beckham.
Inggris akan menghadapi Israel dalam pertandingan tandang kualifikasi
Euro 2008 pada 24 Maret dan kemudian menjamu Andorra empat hari
kemudian. Kekalahan akan membuat peluang mereka ke Swiss dan Austria
menjadi menipis.
Sumber: Kompas, 26 Februari 2006
Teks Berita II:
Chelsea Juara, Terry Cedera
Chelsea merebut Piala Liga
setelah mengalahkan Arsenal 2-1
dalam pertandingan final yang
berlangsung brutal dan
mengakibatkan John Terry harus
dilarikan ke rumah sakit. Terry
mengalami cedera serius setelah
kepalanya tertendang pemain Arsenal,
Abou Diaby. Insiden ini terjadi
saat Terry berusaha menyundul
umpan lambung tendangan
penjuru Arjen Robben. Diaby yang berusaha menghalau bola justru
menendang kepala Terry dengan telak.
Pertandingan sempat terhenti beberapa menit. Petugas kesehatan
kemudian melarikan Terry yang menggunakan bantuan masker oksigen
ke rumah sakit. Padahal Terry baru saja pulih dari cedera pergelangan kaki
yang dialaminya.
Pertandingan final ini sendiri berakhir ricuh. Wasit Howard Webb
mengeluarkan dua pemain Arsenal, Kolo Toure dan Emmanuel Adebayor.
Sementara itu, Chelsea harus bermain dengan 10 pemain setelah Mikel John
Obi juga terkena kartu merah.
Menjelang akhir pertandingan, para pemain kedua kubu terlibat
pertikaian di lapangan. Keadaan ini memaksa manajer Chelsea, Jose
151 Olah Raga
Mourinho dan manajer Arsenal, Arsene Wenger masuk ke lapangan
menenangkan para pemain mereka. Dua gol kemenangan Chelsea dicetak
oleh striker mereka, Didier Drogba. Gol pertama dicetak menit 20.
Sementara gol yang memastikan kemenangan The Blues dicetak menit 84.
Drogba mencetak gol kedua setelah menerima umpan Arjen Robben.
Sementara itu, gol Arsenal dicetak pemain muda Theo Walcott menit 12.
Gol pemain berusia 17 tahun tersebut dicetak melalui kerja sama dengan
Abou Diaby.
Sumber: Kompas, 26 Februari 2006
Tugas
1. Dengarkan berita olahraga di radio atau televisi.
2. Jangan lupa tulislah nama stasiun radio atau televisi yang menyiarkan
berita.
3. Catatlah nama pembaca berita.
4. Tuliskan waktu mendengarkan berita (hari, tanggal, jam)
5. Tulislah pokok-pokok berita yang kamu dengarkan.
Kerjakan tugas dengan menggunakan kolom berikut ini!
Nama stasiun : ____________________________________
Nama Pembaca Berita : ____________________________________
Hari, tanggal siaran : ____________________________________
Waktu siaran : ____________________________________
No Pertanyaan Pokok-Pokok Berita
1. Apa ..................................................................
2. Siapa ..................................................................
3. Kapan ..................................................................
4. Di mana ..................................................................
5. Bagaimana ..................................................................
6. Mengapa ..................................................................
152 Bahasa Indonesia, Bahasa Kebanggaanku Kelas VIII SMP dan MTs
B. Menyampaikan Persetujuan, Sanggahan, dan
Penolakan Pendapat
Setelah mempelajari materi pokok pembelajaran berikut ini kamu diharapkan dapat:
menyampaikan persetujuan dalam diskusi disertai dengan bukti atau alasan
menyampaikan sanggahan dalam diskusi disertai dengan bukti atau alasan
menyampaikan penolakan pendapat dalam diskusi disertai dengan bukti atau
alasan.
Dalam kehidupan sehari-hari kita, sering terlibat diskusi dengan orang lain,
baik diskusi secara formal (seperti seminar atau simposium) maupun diskusi
kelompok yang kita lakukan. Dalam berdiskusi, kita harus pandai berargumen.
Argumen perlu kita sampaikan agar orang lain yakin dengan pendapat yang
kita ajukan. Pendapat dalam diskusi dapat berupa persetujuan, sanggahan, atau
penolakan.
Dalam bagian ini, kamu akan berlatih menyampaikan pendapat berupa
persetujuan, sanggahan, atau penolakan disertai dengan bukti alasan dalam
sebuah diskusi formal.
1. Menyampaikan Persetujuan dalam Diskusi
Dalam berdiskusi, sering terjadi silang pendapat antarpeserta diskusi.
Namun, tidak jarang juga antara peserta yang satu memiliki pendapat yang
sama dengan peserta yang lain. Persetujuan terhadap pendapat peserta lain
ini tentu saja harus diikuti dengan argumentasi sehingga meyakinkan
peserta diskusi. Persetujuan terhadap pendapat orang lain misalnya dapat
dikemukakan dengan cara sebagai berikut.
a. Saya sependapat dengan Saudara ...... karena pada dasarnya .....
b. Saya setuju dengan pendapat ....... sebab ...........
c. Menurut saya pendapat Saudara benar sebab .......
2. Menyampaikan Sanggahan dalam Diskusi
Apabila ada peserta diskusi yang manyampaikan pendapat dan
pendapatnya berbeda dengan pendapat kita, kita tidak perlu marah-marah.
Kita dapat menyampaikan sanggahan terhadap pendapat orang lain yang
berbeda dengan pendapat kita. Sanggahan harus disampaikan dengan cara
153 Olah Raga
yang baik dan bahasa yang santun. Agar sanggahan yang kita sampaikan
dapat diterima oleh orang lain, sanggahan harus diikuti dengan bukti-bukti
atau alasan yang logis.
3. Menyampaikan Penolakan Pendapat dalam Diskusi
Menolak pendapat dalam diskusi boleh dilakukan, sepanjang pendapat
yang diajukan orang lain itu memang dirasakan tidak rasional dan sukar
diterima oleh akal. Penolakan terhadap pendapat orang lain harus
mempertimbangkan perasaan orang yang mengajukan pendapat.
Penolakan pendapat juga harus disertai dengan alasan yang masuk akal.
Dalam diskusi, pemandu (moderator) berhak menentukan dan
membatasi peserta diskusi yang akan mengajukan pendapatnya. Selain itu,
pemandu juga berhak mengatur waktu bertanya bagi peserta diskusi.
Latihan
1. Bentuklah acara diskusi di kelas.
2. Persiapkan unsur-unsur berikut: pemakalah/kelompok pemakalah
atau yang sering disebut penyaji, pemandu, penambat (notulis), dan
peserta diskusi.
3. Tentukan pokok permasalahan yang dapat diangkat dalam diskusi
kelas (misalnya olahraga).
4. Tugas kelompok pemakalah adalah membuat makalah, digandakan
untuk sejumlah kelompok di kelas, menyampaikan makalah, serta
menjawab usulan, pendapat, atau ide peserta diskusi (dengan
persetujuan, sanggahan, atau penolakan).
5. Tugas pemandu adalah mengatur jalannya diskusi.
6. Peserta bertugas mengikuti jalannya diskusi dengan tertib, kemudian
mengajukan usul atau pendapat yang disampaikan pemakalah.
7. Penambat bertugas menulis semua pertanyaan peserta dan semua
jawaban pemakalah.
8. Lakukan diskusi sederhana di kelas agar kamu memperoleh gambaran
bagaimana diskusi dilaksanakan.
154 Bahasa Indonesia, Bahasa Kebanggaanku Kelas VIII SMP dan MTs
9. Berikan penilaian kepada setiap kelompok yang terlibat dalam diskusi
kelas dengan format berikut ini. Berilah tanda (3 ) pada tempat yang
sesuai!
No Aspek yang Dinilai A B C K
1
2
3
4
5
Keterangan: A: amat baik, B: baik, C: cukup, K: kurang
Menggunakan Kata Sapaan
Dalam berdiskusi, kita sering menggunakan kata sapaan. Penggunaan kata
sapaan harus mempertimbangkan dan memperhatikan mitra bicara. Kesalahan
penggunaan kata sapaan akan sangat berpengaruh terhadap berlangsungnya
komunikasi. Kata sapaan selalu merupakan kata ganti orang kedua dan
digunakan dalam kalimat langsung. Kata sapaan dimulai dengan huruf kapital
meskipun terletak di tengah atau akhir kalimat.
Perhatikan contoh kata sapaan berikut ini!
1. Kami mohon dengan hormat Bapak kepala sekolah menjelaskan
permasalahan ini.
2. Saya sangat setuju dengan pendapat Saudara.
3. Meskipun Ibu tidak setuju, Ibu harus menghormati dan melaksanakan hasil
keputusan rapat.
Kata bapak, saudara, dan ibu dalam kalimat-kalimat di atas merupakan kata
sapaan. Namun, kata bapak, saudara, dan ibu dalam bentuk kalimat yang lain
dapat berupa kata acuan.
Contoh kata acuan:
1. Setiap anak harus berbakti kepada ibu dan bapaknya.
2. Anita memiliki saudara yang bekerja sebagai dokter.
155 Olah Raga
Latihan
Buatlah kalimat dengan menggunakan kata-kata berikut sebagai kata
sapaan maupun sebagai kata acuan!
1. nona
2. nyonya
3. paman
4. bibi
5. adik
C. Membaca untuk Menjelaskan Novel Remaja
Setelah mempelajari materi pokok pembelajaran berikut ini kamu diharapkan dapat:
menjelaskan alur cerita, pelaku, dan latar novel remaja dan
menyimpulkan alur cerita, pelaku, dan latar novel remaja dengan bahasa yang
komunikatif.
Kamu tentu sudah memahami bahwa novel merupakan salah satu ragam
prosa fiksi. Sebagaimana karya sastra yang lain novel juga merupakan dunia
simbol. Untuk memahami makna dan isi cerita, kamu harus mengkaji unsurunsur
pembangun novel itu. Sebuah cerita dibangun dengan tokoh, latar, alur,
tema, amanat yang akan disampaikan kepada pembaca. Unsur-unsur itu akan
selalu muncul dalam setiap cerita. Dengan memahami unsur-unsur cerita itu,
kamu akan mampu menyimpulkan isi cerita dengan baik. Untuk memulai
kegiatan ini, bacalah dahulu penggalan novel berikut ini!
Dealova
………………………
"HANDUK udah, baju untuk ganti udah, botol minuman udah, trus...
Mmm, apa lagi, ya?" Karra mencoba mengingat-ingat barang-barang yang
mesti dibawanya untuk latihan basket.
156 Bahasa Indonesia, Bahasa Kebanggaanku Kelas VIII SMP dan MTs
Hari ini ada latihan basket di sekolah Karra. Maklum, tiga hari lagi ada
pertandingan basket antarSMU. Karra sebagai kapten tim basket cewek harus
super-super sibuk mempersiapkan acara tersebut. Padahal hari ini dia lagi nggak
mood latihan gara-gara kejadian kemarin.
"Lo jadi latihan hari ini?" tanya Iraz ketika melihat adiknya sedang sibuk
membereskan barang.
Iya. Sebenernya sih gue lagi nggak mood, tapi mau gimana lagi? Gue kan
kapten, jadi gue bertanggung penuh sama tim gue."
"Gue tau deeeh," ucap Iraz sambil mengacak-acak rambut adiknya. "Eh,
tapi ngomong-ngomong, kaki lo udah sembuh belum?"
Karra terdiam sejenak. "Udah nggak kram lagi tapi masih senut-senut dikit.
But thanks ya, pijitan lo kemaren cukup membantu juga. Kayaknya lo pantes
buka panti pijat deh, Raz."
"Hehehehe... boleh juga tuh. Tapi yang dateng harus cewek semua, ya."
'Huuu... dasar maunya. Udah ah, gue berangkat dulu. Daaah... Eh, iya,
entar jemput gue dong."
"Gampang... Bisa diatur..."
"Gitu dong jadi kakak."
* * *
Minggu-minggu ini, latihan memang lagi padat-padatnya. Sekolah Karra
sedang mengadakan banyak kompetisi olah raga. Basket, sepak bola, bisbol...
Wah, pokoknya banyak deh! Makanya murid-murid sedang sibuk-sibuknya
mengurus berbagai kompetisi itu.
"Huh! Seandainya saja Karra bukan kapten tim basket putri, mungkin hari
ini ia lebih memilih tidur di rumah daripada harus bela-belain ngabisin hari
Minggu-nya untuk latihan basket. Apalagi setelah kejadian yang nggak enak
kemarin. Kejadian nggak enak? Iya, ketika Dira-manusia paling aneh yang
baru dikenalnya tapi langsung jadi manusia paling dibencinya dengan enaknya
menciumnya. Kontan saat itu Karra langsung mendorong tubuh Dira yang
besar itu dan menamparnya. Sebenarnya, Karra masih merasa tamparan itu
belum cukup untuk orang seperti Dira. Tuh cowok udah kelewat kurang ajar!
Karra berjalan menuju lapangan basket. Lamunannya buyar ketika...
"Karra honeeey!"
157 Olah Raga
"Lho, Finta? Ngapain lo ke sini?" tanya Karra ketika melihat sosok
sahabatnya yang berlari-lari mendekatinya.
"Hehehe... Nih, gue bawain donat." Finta menyodorkan donat cokelat
kesukaan Karra.
Eh, tumben. Ada angin apa?"
"Ah, nggak..."
Karra mengamati wajah sahabatnya itu dengan saksama. Tampaknya ada
yang disembunyikan Finta "Bohooong..."
"Beneran," jawab Finta dengan wajah tersipu. "Hayo! Ngaku nggak?"
ancam Karra. "Hehehehe... Karra honey! Kemarin gue ditelepon cowok..."
"Nggak kaget."
"Tapi tebak dulu dong, siapa yang nelepon gue?" "Males ah!"
"Yaaah, Karra. Lo, kok gitu sih? Hargain gue dong. Sok-sok penasaran
kek..."
"Oh, ya udah. Emangnya yang nelepon siapa, Fin?, Kasih tau dong...
please...," ucap Karra dengan gaya dibuat-buat.
"Hehehehe..."
"Cepetan!"
"Iya! Hmmm... hmmm... gue ditelepon sama.. Dio."
Karra mengerutkan keningnya. Dia suka merasa aneh sama sahabatnya
yang satu ini. Gimana nggak aneh? Kadang-kadang Finta suka ngasih tahu
sesuatu yang sama sekali nggak ada sangkut pautnya dengan Karra.
"Oh, kirain siapa.
"Lho, Karr. Gue ditelepon sama Dio!" Finta menegaskan.
"Terus, emangnya dia ngomong apa?" tanya Karra berusaha peduli
"Intinya, gue mau ngejamin transportasi dia kalo dia pulang latihan bola."
"Hah! Yang bener aja lo?"
"He-eh. Abis kapan lagi gue bisa deket ama cowok idola sekolah? Lagian
mumpung mobil gue baru lumayan kan? Mobil baru tebengan baru dong!"
"Emangnya dia minta elo ngejamin transportasi-nya?"
"Ya nggak sih, tapi kemaren waktu gue selesai les, gue kebetulan ketemu
158 Bahasa Indonesia, Bahasa Kebanggaanku Kelas VIII SMP dan MTs
dia habis latihan bola. Terus gue iseng aja nawarin dia bareng. Eh, nggak taunya
- dianya mau. Ya udah, kebetulan. Jadinya sekarang gue mau ngepasin jam
pulang les gue sama jam dia pulang latihan bola. Biar dia bisa nebeng gue
terus. Hihihihi..."
"Yee... itu mah elonya yang cari muka!
"Biarin aja!"
"Kalo ternyata dia udah punya cewek, apa elo tetep mau ngejamin
transportasi dia?" "Hah? Emangnya Dio udah punya cewek?"
"Mungkin."
"Lho, kok mungkin?"
"Yee... mana gue tau...."
"Huuu... Sialan lo!"
Tiba-tiba, Finta menggapai tangan Karra dan meremasnya. Karra tampak
bingung menghadapi gelagat sahabatnya yang tiba-tiba berubah itu.
"Fin, elo nggak punya penyakit suka sama cewek kan?" tanya Karra sedikit
takut.
"Karr... liat, Karrr... siapa yang dateng?"
Karra celingukan mencari sumber keanehan Finta. Nggak lama kemudian,
seorang cowok dengan pakaian basket dan tas menggantung di bahu lewat di
depan mereka. Cowok itu cuek banget. Tangan membanting-banting bola ke
lantai. Tatapannya lurus ke depan tanpa memperhatikan kedua cewek yang
ada di sebelahnya.
"Karr... sumpah. Dira cool banget," ucap Finta tanpa melepaskan tatapannya
dari cowok itu.
Karra kembali mengingat kejadian kemarin. Ingin rasanya saat itu ia
menendang muka Dira hingga berdarah. Ups... itu masih belum cukup! Dia
pengen mukuli tubuh Dira sampai sekarat. Serem banget, Tapi kalau dia
melakukan itu, bisa-bisa kejadian kemarin bisa terbongkar. Apalagi kalau sampai
ketahuan sahabatnya yang satu ini yang terkenal paling "bocor". Sialan tuh
cowok! Bisa-bisanya dia dengan santai melewati Karra tanpa merasa bersalah.
"Fin! Cowok kayak gitu nggak pantes elo idolain," ucap Karra sambil
mencoba menenangkan diri.
159 Olah Raga
Finta masih memperhatikan Dira.
"Fin elo denger omongan gue nggak sih?" Tanya Karra sambil menyadarkan
Finta. "Fin... Fin..."
Karr... tampar muka gue, Karr," ucap Finta dengan wajah masih mupeng.
Plak!
"Auw! Gile lo... Emangnya muka gue bantal!" Finta marah-marah.
Abis katanya gue disuruh nampar, ya gue tampar..."
Priiit! Suara peluit memekakkan telinga Karra dan Finta.
"Heh, Kapten! Kamu niat latihan atau tidak?" tanya Pak Haris, pelatih basket,
nggak kalah nyaringnya dengan peluit yang baru saja ditiupnya.
"Maaf, Pak." Karra tidak dapat melawan. Ia kemudian berjalan menuju
lapangan basket, meninggalkan Finta yang masih sibuk mengusap-usap pipinya
yang merah karena tamparan Karra.
"Awas lo, Karr!"
Karra melirik sahabatnya itu dan tersenyum meremehkan karena mendapat
perlindungan.
***
"Hah? Three on three?" Karra terpekik kaget ketika Pak Haris memutuskan
untuk tanding tiga lawan tiga.
"Pak! Nggak bisa gitu dong. Kami masa disuruh tanding lawan cowok. Itu
nggak adil, Pak!" ucap Dewita yang tukang protes.
"Kalian setuju, atau kalian keluar sekarang!" Pak Haris tetap ngotot pada
pendiriannya. "Salah kalian sendiri, kenapa yang datang latihan hanya enam
orang?"
"Mereka ada acara keluarga, Pak!" bela Wina. "Bukan urusan saya," jawab
Pak Haris nyebelin. Karra, Dewita, dan Wina hanya bisa patuh pada keputusan
Pak Haris.
Sialan! Gue disuruh three on three lawan Dira. Pantesan dari awal gue nggak
mood latihan. Kayaknya gue emang udah bad feeling duluan, Karra berkata
dalam hati.
160 Bahasa Indonesia, Bahasa Kebanggaanku Kelas VIII SMP dan MTs
Dira mendribel bola di garis pinggir. Wina memberikan aba-aba kepada
Karra agar ia menjaga Dira. Seandainya pertandingan belum dimulai, pasti
Karra akan menolak mentah-mentah aba-aba Wina. Tapi saat ini lain ceritanya!
Karra mengambil posisi tepat di depan Dira. Ia memandang mata Dira
dengan tatapan "super dahsyat". Dira pun memandang Karra dengan tatapan
yang sama dahsyatnya.
Huh... nyebelin banget sih nih cowok! Tampangnya sengak banget sih!
Pengen gue gampar! ucap Karra dalam hati.
Dira tampak santai-santai saja menghadapi Karra. Tidak sedikit pun rasa
takut terlihat di wajahnya. Dengan santai ia memantul-mantulkan bola,
tatapannya tak lepas dari Karra.
"Kenapa? Takut? Masih penasaran ngalahin gue, Kapten?"
"Jaga omongan lo!" ucap Karra menantang.
"Nih, giliran lo!" ucap Dira sambil melemparkan bola ke arah Karra.
Karra melesat dan berhasil melewati Dira. Ia terus mendribel bola dan
mengopernya ke arah Wina yang berdiri di depannya. Wina berlari mendekati
ring dan……..
Meleset! Padahal sedikit lagi, tim cewek bisa mencetak skor pertama. Ridho,
salah satu dari tim cowok merebut bola, melempar, dan... hop... bola membentur
ring dan mental. Dira dan Karra bergerak bersamaan hendak merebut bola
yang memantul itu. Namun...
Bruk! Karra dan Dira jatuh bersamaan. Untung tangan Dira menahan
tubuhnya sehingga tidak menindih tubuh Karra. Suasana hening sesaat. Entah
kenapa tiba-tiba jantung Karra terasa berhenti berdetak.
"Hei, kalian berdua! Cepat bangun!" Pak Haris teriak-teriak dari pinggir
lapangan.
Dira yang menyadari posisinya langsung bangkit dan melanjutkan
pertandingan seperti tidak terjadi apa-apa.
Karra sibuk mengelus-elus kepalanya yang membentur lantai. Pertandingan
pun dilanjutkan hingga berakhir seimbang.
****
161 Olah Raga
Waktu menunjukkan pukul 14.00. Latihan hari ini sudah selesai. Meskipun
begitu, Karra masih belum puas dengan hasil pertandingan. Dia ngotot harus
bisa mengalahkan Dira, karena dia nggak suka kalau Dira belum "runtuh".
Bukan Karra namanya kalau nggak nekat. Dengan kondisi masih
kecapekan, dia nekat latihan sendiri. Belum lagi sinar matahari yang sedang
berada di puncak panasnya. Iraz khawatir banget kalau adiknya sudah mulai
nekat latihan basket siang-siang.
Suara pantulan bola basket masih terdengar hingga pukul 15.00.
Karra duduk bersandar di bawah ring basket. Keringatnya bercucuran.
Napasnya ngos-ngosan. Kepalanya terasa melayang. Kakinya mulai senut-senut
Wuih... waktunya pulang, pikir Karra.
Tiba-tiba seseorang menepuk pundak Karra.
"Hei, Karr!"
Karra menoleh. "Aji! Ke mana aja lo? Lo kapten tim basket cowok, kok, tadi
lo nggak latihan?
"Gue males, Karr. Apalagi sejak ada si Dira. Udah tampangnya sengak...
belagu, lagi! Kayak dia aja yang jago basket."
"Iya sih. Tapi seharusnya lo kan nggak ngelepas tanggung jawab. Lo tadi
ke mana aja?"
"Di kantin. Nongkrong. Lagian juga Pak Haris nggak nanyain gue, ngapain
gue pikirin. Tul, nggak?" jawab Aji asal. "Udah yuk, Karr. Gue mau cabut."
Sepeninggal Aji, Karra memijat-mijat kakinya yang pegal. Perlahan-lahan
ia berdiri dan mengeluarkan hand phone-nya untuk menelepon Iraz.
"Halo..," sapa orang di seberang.
"Halo ... Iraz, jemput gue sekarang dong," ucap Karra lemah.
Karra? Ini gue... Ibel."
"Ibel?, Kok HP Iraz di elo sih?"
Iraznya lagi tidur tuh."
"Tidur? Emangiya elo di mana?"
"Di rumah elo."
"Yaaah... tidur, ya. Ya udah deh, biar gue pulang sendirian aja." Suara Karra
makin melemah.
162 Bahasa Indonesia, Bahasa Kebanggaanku Kelas VIII SMP dan MTs
"Eit... Karr... Karr... Lo gue jemput aja deh," Ibel menawarkan diri.
"Ng …. nggak usah deh, Bel... Gue bisa pulang sendiri. Makasih, ya..." Karra
mematikan hand phone dan memasukkannya ke dalam tas. Ia berjalan dengan
langkah lambat sambil sesekali memegangi kepalanya yang terasa pusing.
Penglihatannya berkunang-kunang. Belum ada dua menit ia berjalan, tiba-tiba
Karra terjatuh. Pingsan.
***
Sore itu terasa hening. Karra belum juga siuman. Namun, beberapa
menit kemudian ia mulai sadar. Ia membuka matanya perlahan-lahan. "Ibel...,"
Karra mendapati Ibel sedang tidur. Cowok itu terduduk di lantai, kepalanya
bersandar di pinggir tempat tidur.
Ibel tersentak. "Karra... lo udah sadar?"
"Bel.... gue kenapa sih?" tanya Karra lemah. Karra heran, kok tiba-tiba ia
sudah berada di tempat tidur di kamarnya.
"Tadi siang, waktu gue mau berangkat ngejemput elo, tau-tau ada cowok
yang dateng ngegotong-gotong elo. Katanya elo pingsan," Ibel berkata perlahan.
"Cowok?" tanya Karra bingung. "Iya."
"Siapa, Bel?"
Ibel mengangkat bahu. "Nggak tau. Kayaknya temen sekolah lo juga."
Karra terdiam, mengira-ngira siapa cowok yang telah membawanya pulang.
"Ciri-cirinya gimana, Bel?""
"Hmm... tingginya hampir sama ama gue, pake celana basket, rambutnya
cepak dikeatasin semua. Tadinya gue pikir anaknya sengak. Tapi ternyata dia
baik juga mau nganterin elo."
Karra memutar otaknya. Sengak? Kayaknya dia begitu familier dengan
kata "sengak". Oh iya! Jangan-jangan……
"Apa dia pake handband di pergelangan tangannya?"
"Hmm..." Ibel berpikir lama. Namun kemudian ia teringat, "Kayaknya iya
deh, Karr."
Karra terlonjak. Nggak salah lagi. Itu Dira! Itu pasti Dira. Ngapain dia pake
nganterin gue? Dia mau bikin perkara apa lagi? Belum puas dia nyiksa', gue?
"Emangnya dia siapa, Karr?" tanya Ibel kemudian. "Musuh."
163 Olah Raga
"Musuh? Kalo musuh kok dia mau nganterin elo?"
"Tau ah. Udahlah, nggak usah ngomongin dia," berkata dengan malas.
Suasana hening sejenak.
Karr... tadi gue cemas nungguin elo siuman..." Tiba-tiba Iraz masuk ke
kamar Karra tanpa mengetuk pintu terlebih dahulu. "Ciuman? Heh, siapa yang
ciuman? Elo, Bel? Wah... parah lo. Adik gue lo apain?"
"Yeee... siapa juga yang ciuman? Nguping aja sih, ucap Karra pada
kakaknya itu. Apaan sih lo, Raz?" Ibel tampak kesal. "Tadi gue bilang siuman,
bukannya ciuman. Elo aja kali yang pikirannya ngeres."
,,"Oh, hehehehe... Sori...," ujar Iraz sambil menggaruk kepalanya. Kemudian
ia mendekati Karra memegang kening adiknya itu. "Honey, lo udah baikan?"
"Apaan sih lo, pake honey honey segala! Norak tau!"
"Hahahaha.... Karra sudah kembali!" ucap Iraz sambil mengusap-usap
kepala adiknya.
"Raz, kok gue bisa pingsan sih? Gue kan super?"
Iraz dan Ibel hanya tersenyum mendengar ucapan Karra.
Ibel melihat jam tangannya. "Eh, gue kayaknya mesti balik deh. Abisan
tadi gue udah janji pada nyokap gue mau makan malem di rumah," ucap Ibel.
"Hmmm, lo udah mendingan, kan? Jangan sakit lagi, ya." Ibel mengelus-elus
kepala Karra. "Jangan lupa minum obat."
"Tapi besok elo ke sini lagi, kan?" tanya Karra. "Bisa diatur. Ya udah, gue
cabut dulu, ya," Ibel berkata sambil ngeloyor pergi. "Eh, iya...," Ibel
membalikkan tubuhnya, "Cowok yang nganterin elo tadi ngasih alamat sama
nomor teleponnya. Katanya kalo ada apa-apa, hubungin dia aja. Nih, lo mau
nggak?" jelas Ibel sambil menyodorkan sehelai kertas putih.
"Udah, Bel, buang aja. Lagian gue juga nggak perlu tau alamat dan nomor
telepon dia!" jawab Karra ketus.
"Bener nih? Nanti nggak nyesel?"
"Nyesel? Gue? Ih, nggak deh," ucap Karra sambil menunjukkan raut muka
aneh.
Ibel tersenyum. "Ya udah. Kalo gitu gue langsung balik, ya. Bye." Ibel
melambaikan tangan dan berbalik' pergi.
164 Bahasa Indonesia, Bahasa Kebanggaanku Kelas VIII SMP dan MTs
"Ngomong-ngomong, tadi si Ibel kasihan lho," ujar Iraz ketika dilihatnya
Ibel sudah pergi meninggal kan mereka berdua.
"Kenapa?"
"Dari tadi dia nungguin elo sadar. Sampai dia ketiduran. Kayaknya dia
cemas banget. Gue suruh makan, dia nggak mau. Trus gue suruh pulang karena
nyokapnya udah nungguin dia, tetep aja dia nggak mau. Katanya dia mau
nunggu sampai elo sadar."
"Yang bener?"
"Iya. Ibel emang gitu kalo sama cewek. Apalagi sama cewek yang dia
sayang."
"Emangnya Ibel sayang sama gue?"
"Hahahaha... ge-er lo!" Iraz tertawa lebar. "Tapi.... Iraz melanjutkan, "who
knows?"
***
Tiga hari kemudian
Kompetisi basket antar-SMU sudah dimulai. Karra nggak mau latihannya
selama ini sia-sia. Timnya harus menang dalam pertandingan kali ini. Hall basket
Senayan dipenuhi para penonton yang kebanyakan anak-anak SMU. Saat
ini tim basket cowok sekolah Karra, SMU Persada, sedang bertanding melawan
tim basket cowok SMU 60. Dira yang tergabung dalam tim inti, tampak sedang
mencoba memasukkan bola ke dalam ring. Para penonton yang sebagian besar
cewek, selalu berteriak-teriak bila Dira mulai menguasai lapangan. Memang,
selain gaya permainannya bagus banget, Dira juga punya wajah dan postur
tubuh yang keren.
Karra sebenarnya agak terkesima dengan penampilan Dira saat itu.
Bagaimana tidak, kalau Dira memegang bola, pasti 90% masuk. Belum lagi
gaya cowok itu yang santai namun gesit dalam mengecoh lawan. Jelas saja
cewek-cewek pada mupeng alias muka pengen. Tetapi Karra tidak mau
mengakuinya. Berkat Dira, akhirnya tim basket cowok SMU Persada berhasil
memenangkan pertandingan.
Waktu menunjukkan pukul 17.00. Waktunya tim basket cewek untuk
tanding. Para penonton mulai berkurang. Malah enak, pikir Karra, karena ia
bisa lebih berkonsentrasi tanpa terganggu teriakan penonton. Dira sudah tidak
tampak lagi batang hidungnya. Sepertinya dia sudah pulang. Yes!
165 Olah Raga
Wasit meniup peluit, pertandingan pun dimulai. Karra yang sudah setengah
mati latihan tampak bersemangat saat bertanding. Yah, meskipun hasil akhirnya
seimbang, yang penting ia cukup puas karena sudah bermain maksimal.
Wuihh... untung Dira udah pulang. Kalo nggak, cowok itu bisa tambah
sombong lagi kalo mengetahui hasil pertandingannya, pikir Karra.
Kini waktu menunjukkan pukul delapan malam. Hall basket sudah sepi.
Karra masih sibuk membereskan barang-barangnya, sementara temantemannya
telah pulang duluan. Ia menyampirkan tali tasnya di pundak dan
berjalan keluar hall. Hari ini nggak ada yang bisa menjemputnya. Iraz sedang
sibuk mengerjakan tugas bareng Ibel. Jadi Karra terpaksa pulang sendirian.
Karra menundukkan kepala dan berjalan pelan menuju halte. Kemudian ia
menatap ke depan dan melihat seorang cowok berjaket duduk sendirian di atas
motor sport sambil mengisap rokok dalam-dalam. Sejak tadi cowok itu
mengamatinya. Dia tampaknya sengaja menunggu Karra.
"Ngapain lo masih di sini?" tanya Karra ketus setelah mengenali cowok itu
ternyata Dira.
Dira memutar-mutar rokok di tangannya tanpa berkata apa-apa.
Gila! Dia kan pemain basket! Kok ngerokok sih?' Pertanyaan itu terlintas di
benak Karra. "Heh! Lo tuh tuli, ya?" Karra makin tidak bersahabat.
Dira mengisap rokok lagi, lalu membuang dan nginjak rokok itu. Kemudian
ia menatap Karra tanpa berkata apa-apa.
Karra yang merasa tidak diperhatikan kontan marah banget. "Elo mau cari
masalah apa lagi sih sama gue? Belum puas elo nyiksa gue?" Dira memalingkan
mukanya dan kembali lagi menatap Karra. "Badan lo ternyata berat juga. Diet
lo gagal, ya?"
Karra kaget setengah mati mendengar ucapan itu keluar dari mulut cowok
di depannya. "Heh! Denger Dir. Waktu itu gue juga NGGAK BUTUH elo
gendong!"
"Udah untung gue tolongin!"
"Kalo saat itu gue tau elo yang nolongin gue, mendingan gue nggak usah
ditolong! Jangan sok jadi pahlawan deh!"
"Dasar cewek nggak tau berterima kasih!"
166 Bahasa Indonesia, Bahasa Kebanggaanku Kelas VIII SMP dan MTs
"Terserah!" Karra berkata sambil melangkah meninggalkan Dira. Namun
tiba-tiba Dira menarik lengan Karra, dan...
Dira memeluk tubuh Karra. Erat sekali. Kontan saja Karra jadi terkagetkaget.
Jantungnya berdetak kencang.
"Dira! Lo gila, ya? Dira! Lepasin!" berontak Karra sambil berusaha
melepaskan pelukan Dira. Tapi apa boleh buat. Tubuh Dira jauh lebih besar
dan cowok itu memeluknya erat. Seperti memeluk tubuh anak kecil yang
kedinginan. Karra hanya bisa pasrah. Diam
"Dir, mau lo apa sih?" tanya Karra tertahan.
Dira hanya terdiam. Ia malah semakin erat mendekap tubuh Karra. Sesaat
matanya terpejam.
"Lepasin gue, Dir...," Karra berkata sambil menahan air matanya yang
hampir menetes.
Dira masih terdiam. Namun tiba-tiba pelukan cowok itu mengendur. Ia
melepaskan Karra dari pelukannya....
Karra terbebas. Ia langsung berlari sekencang kencangnya.
"GUE BENCI BANGET SAMA ELO, DIR!"
***
Sumber: Dealova. Hlm. 56-79.
1. Memahami Alur
Sebuah cerita selalu berawal dan akan berakhir. Peristiwa yang jalinmenjalin
dari awal sampai akhir disebut alur cerita atau plot. Sebagai
rangkaian sebuah peristiwa alur menampilkan konflik-konflik, baik konflik
besar maupun konflik kecil. Dalam alur akan dijumpai penahapan alur
sampai dengan puncak konflik.
Konflik-konflik dalam alur dapat berupa konflik internal (konflik batin)
dan konflik eksternal. Konflik internal adalah konflik yang dirasakan dalam
diri seorang pelaku; sedangkan konflik eksternal adalah konflik yang terjadi
antara seorang pelaku dengan pelaku lainnya. Konflik eksternal juga dapat
terjadi antara seorang pelaku dengan alam atau bahkan dengan Tuhannya.
167 Olah Raga
Jika ditinjau dari cara mengakhiri cerita, terdapat dua jenis alur, yaitu
alur terbuka dan alur tertutup. Pada alur terbuka, akhir cerita itu masih
menyisakan pertanyaan dalam diri pembaca tentang bagaimana nasib
pelaku atau tokoh cerita itu. Cerita diakhiri dengan alur tertutup manakala
cerita itu benar-benar selesai tanpa menimbulkan pertanyaan lanjutan dalam
diri pembaca.
Jika ditinjau dari suasana hati tokoh atau pelaku utama dalam akhir
cerita, alur dapat digolongkan menjadi dua, yaitu alur akhir bahagia (happy
ending) atau alur akhir duka (tragedy ending). Alur berakhir bahagia apabila
pelaku utama menemukan kebahagiaan pada akhir cerita, sedangkan alur
berakhir duka manakala tokoh utama menemui penderitaan atau bahkan
kematian pada akhir cerita.
2. Memahami Pelaku
Tokoh merupakan motor penggerak alur. Tanpa tokoh alur tidak dapat
berkembang dan tidak akan pernah sampai pada akhir cerita. Ada tiga
jenis tokoh jika dilihat dari keterlibatannya dalam menggerakkan alur, yaitu
tokoh sentral, tokoh bawahan, dan tokoh latar.
Tokoh sentral adalah tokoh yang sangat potensial menggerakkan alur.
Tokoh sentral merupakan pusat cerita. Ia merupakan sumber dari penyebab
konflik. Tokoh bawahan tidak menimbulkan pengaruh yang besar terhadap
perkembangan alur. Tokoh latar adaah tokoh yang sama sekali tidak
berpengaruh terhadap alur cerita. Kehadirannya hanya sebagai pelengkap
latar untuk lebih menghidupkan cerita.
Jika dilihat dari sifat tokoh, terdapat tokoh protagonis dan tokoh
antagonis. Tokoh protagonis merupakan tokoh yang memperjuangkan
kebenaran, kejujuran, atau pendek kata tokoh yang memiliki sifat-sifat yang
baik. Sebaliknya, tokoh antagonis adalah tokoh yang justru melawan
kebenaran, kejujuran atau tokoh yang menentang tokoh protagonis.
Dalam cerita klasik, konflik terjadi karena pertemuan antara tokoh
protagonis dengan tokoh antagnis. Akan tetapi, dalam sastra modern konflik
tidak selalu dibangun dengan mempertentangkan antara tokoh protagonis
dan tokoh antagonis, tetapi sering terjadi karena pebedaan pandapat,
pandangan, ideologi, kehendak dan sebagainya sesuai dengan kompleksitas
perkembangan zaman.
168 Bahasa Indonesia, Bahasa Kebanggaanku Kelas VIII SMP dan MTs
Kegiatan 2
a. Diskusikan dalam kelompokmu bagaimana pelaku atau tokoh yang
terdapat dalam penggalan novel remaja di atas?
b. Daftarlah semua pelaku yang terdapat dalam cerita itu!
c. Tentukan jenis tokoh dari masing-masing tokoh itu disertai dengan
alasannya!
d. Kerjakan seperti dalam kolom berikut ini.
No. Nama Pelaku Jenis Tokoh Bukti/Alasan
(sentral, bahwan, latar)
e. Adakah tokoh antagonis dan tokoh protagonis dalam cerita itu?
3. Memahami Latar
Latar atau setting merupakan lukisan tempat, waktu, dan suasana
terjadinya peristiwa-peristiwa. Latar memberikan pijakan cerita secara
konkret dan jelas. Latar dapat menciptakan kesan seolah-olah peristiwa itu
sungguh-sungguh ada.
Latar tidak hanya digambarkan secara fisik saja, tetapi juga dapat
berupa tata cara, adat istiadat, kepercayaan, nilai-nilai yang berlaku.
Latar memiliki fungsi antara lain agar cerita tampak lebih hidup serta
menggambarkan situasi psikologis atau situasi batin tokoh.
Kegiatan 3
a. Diskusikan dalam kelompokmu latar yang terdapat dalam penggalan novel
berjudul Dealova.
b. Catatlah jenis-jenis latar yang terdapat dalam cerita itu!
c. Analisislah fungsi latar dalam cerita itu!
No. Data dalam Teks Jenis Latar Fungsi Latar
169 Olah Raga
Tugas Portofolio
1. Bacalah novel remaja asli Indonesia atau terjemahan.
2. Jelaskan alur cerita, pelaku, dan latar novel tersebut.
3. Simpulkan isi novel itu dengan bahasa yang komunikatif.
Keterangan:
Tugas dikerjakan selama dua minggu dan masukkanlah pekerjaan pada
folder yang kamu miliki.
4. Menggunakan Kata Ganti Orang
Dalam kutipan novel berjudul Dealova, kamu dapat menemukan
penggunaan kata ganti orang. Kata ganti orang dalam kutipan novel tersebut
antara lain berikut ini.
1. Padahal hari ini dia lagi nggak mood latihan gara-gara kejadian kemarin.
2. Sebenernya sih gue lagi nggak mood, tapi mau gimana lagi?
3. Katanya lo pingsan.
Kata-kata tercetak tebal dalam kalimat di atas adalah kata ganti orang.
Kata gue dan lo adalah merupakan kata ganti orang dalam bahasa lisan
atau percakapan sehingga penggunaan kedua kata itu tidak baku.
Di samping penggunaan kata ganti orang dalam contoh di atas, kamu
dapat mengamati contoh penggunaan kata ganti dalam kalimat-kalimat
di bawah ini.
1. Kami mengajukan permohonan izin.
2. Maukah Kamu bekerja sama denganku?
3. Mereka berdiskusi dengan penuh semangat.
4. Baik saya maupun dia bersepakat untuk melanjutkan perjalanan.
5. Sekarang Kalian boleh pulang.
Kata-kata bercetak tebal dalam kalimat di atas adalah kata ganti orang.
Saya dan kami disebut kata ganti orang pertama. Kata ganti orang
pertama adalah kata ganti orang yang berbicara. Kamu dan kalian disebut
kata ganti orang kedua atau orang yang diajak berbicara. Dia dan mereka
disebut kata ganti orang ketiga atau orang yang dibicarakan.
170 Bahasa Indonesia, Bahasa Kebanggaanku Kelas VIII SMP dan MTs
Pembagian kata ganti orang secara lengkap dapat kamu perhatikan
dalam kolom berikut.
Kata Ganti Tunggal Jamak
Orang
Pertama Saya, aku, daku, -ku Kami, kita
Kedua Engkau, kamu, -mu, Anda, Kalian, kaum sekalian
Ketiga Ia, dia, -nya Mereka
Kata Ganti Orang Tunggal Jamak
1. Buatlah kalimat dengan menggunakan kata ganti orang berikut:
a. saya d. kalian
b. aku e. dia
c. engkau f. mereka
2. Selain kata ganti orang, dalam bahasa Indonesia ada kata ganti lain seperti
kata ganti penunjuk dan kata ganti penanya. Coba carilah kedua kata ganti
tersebut!
D. Menulis Puisi Bebas
Setelah mempelajari materi pokok pembelajaran berikut ini kamu diharapkan dapat:
menulis puisi bebas dengan memperhatikan unsur persajakan untuk menimbulkan
efek keindahan.
Kamu pernah membuat puisi, bukan? Tentu, pernah. Menulis puisi memang
berbeda dengan membuat karangan yang lain. Menulis puisi harus
mempertimbangkan persajakan, pemilihan kata, penggunaan majas, dan
bentuk (tipografi). Untuk dapat menulis puisi dengan baik, dibutuhkan
ketekunan dan keterampilan serta ditunjang oleh kemampuan alami atau bakat
yang dimiliki sejak lahir. Namun, faktor ketekunan tidak dapat diremehkan.
Jadi, kamu juga mampu menulis puisi dengan baik, asalkan kamu tekun
berlatih.
Di kelas VII, kamu telah mampu menulis kretaif yang terikat dengan rima
atau persajakan. Pada bagian ini, kamu diajak untuk menulis puisi bebas dengan
mempertimbnagkan pilihan kata yang sesuai untuk mengekspresikan pikiran
dan perasaanmu.
171 Olah Raga
Puisi bebas adalah puisi yang tidak terikat oleh aturan-aturan tertentu.
Aturan yang dimaksud misalnya jumlah kata, jumlah baris, jumlah bait, dan
persamaan bunyi atau rima. Dalam puisi bebas, aturan-aturan itu boleh diikuti
boleh tidak, yang terpenting adalah bagaimana pikiran dan perasaan itu dapat
diekspresikan dengan pilihan kata yang tepat sehingga menghasilkan makna
yang tajam dan mendalam.
Dalam menulis puisi bebas, kamu bebas mengekpresikan pengalamanpengalaman
hidup, pikiran, perasaan, imajinasi, atau cita-caita. Ekspresi dalam
menulis puisi tetap harus memperhatikan estetika atau keindahan berbahasa.
Ekspresi yang disampaikan dengan bahasa penuh keindahan akan dapat
menghadirkan kenikmatan tersendiri bagi pembaca. Chairil Anwar merupakan
salah satu sastrawan yang banyak menulis puisi dengan mementingkan isi
dalam mengekspresikan pikiran dan perasaannya daripada bentuk puisi itu
sendiri.
1. Membaca Puisi Bebas
Salah satu puisi yang tidak terikat oleh aturan-aturan penulisan puisi
adalah puisi karya Taufiq Ismal yang berjudul "Karangan Bunga". Baca
dan perhatikan bentuk pengungkapan dalam puisi " Karangan Bunga"
berikut ini!
Karangan Bunga
Tiga anak kecil
Dalam langkah malu-malu
Datang ke Salemba
Sore itu.
Ini dari kami bertiga
Pita hitam pada karangan bunga
Sebab kami ikut berduka
Bagi kakak yang ditembak mati
Siang tadi
(Taufik Ismail, Tirani, 1966)
172 Bahasa Indonesia, Bahasa Kebanggaanku Kelas VIII SMP dan MTs
Latihan
1. Mintalah kepada Bapak/Ibu gurumu untuk keluar kelas.
2. Amatilah segala sesuatu yang dapat kamu lihat dengan mata atau dapat
kamu rasakan dengan hati.
3. Dapatkan inspirasi dari hasil pengamatan itu untuk menulis puisi.
4. Dari hasil pengamatan dan renunganmu itu, tulislah puisi bebas. Puisi yang
kamu tulis dapat berupa ungkapan perasaan dari pengalamanmu atau hasil
pengamatanmu, misalnya tentang percintaan, patah hati, kemiskinan,
penderitaan, dan kesenjangan sosial.
5. Pilihlah kata yang tepat untuk menungkapkan perasaanmu itu.
6. Bacakan puisi yang sudah kamu tulis di depan teman-temanmu!
Uji Kompetensi
1. Berikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan terhadap pernyataan
berikut yang akan disampaikan secara lisan disertai dengan bukti atau
alasan yang logis!
a. Agar tim basket sekolah kita dapat menjadi juara dalam porseni, latihan
diadakan setiap hari Selasa, Rabu Jumat, dan Minggu
b. Untuk membantu meringankan beban Saudara kita yang tertimpa
bencana banjir setiap anak diwajibkan memberikan sumbangan sebesar
Rp 5.000,00.
2. Tulislah puisi dengan tema bebas sesuai dengan inspirasi dan imajinasimu.
Pilihlah kata-kata yang tepat untuk mengekspresikan pikiran dan
perasaanmu dengan memperhatikan unsur persajakan sehingga
menimbulkan efek bunyi yang indah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar